GenK LIFE

Kapan Waktu Terbaik Otak Bekerja Agar Kamu Makin Produktif?

Waktu-Terbaik-Otak-Bekerja

Tahukah kamu jika otak manusia memiliki ritme kerja optimal pada waktu-waktu tertentu? Yap, jadi bukan cuma kamu doang yang bisa bikin jadwal aktivitas harian, otak pun punya waktunya sendiri loh. Nah, makanya kami akan memberikan bocoran waktu terbaik otak bekerja, biar kamu bisa jadi makin produktif. Dikutip dari Health.MSN (4/11/2010), terdapat 8 waktu berbeda yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan fungsi otak loh. Kapan saja? Mari disimak ulasan lengkapnya di bawah! 

1. Jam 7-9 pagi

waktu-terbaik-otak-bekerja

Ilustrasi waktu pagi hari otak bekerja maksimal (Sumber: pexels.com)

Waktu terbaik otak bekerja dimulai sejak kamu bangun tidur di pagi hari. Gunakan rentang waktu dari jam 7 sampai 9 pagi untuk membangun mood, bisa dengan menghubungi orang tersayang atau mendengarkan lagu penyemangat. Jangan lupa untuk mengisi perut dengan sarapan bernutrisi agar kamu bisa terhindar dari mood swing yang dapat terjadi akibat kelaparan. Meditasi dan olahraga ringan juga bisa jadi cara yang tepat untuk membantu meningkatkan mood.   

2. Jam 9 pagi – 11 siang   

bekerja-saat-otak-fresh

Ilustrasi wanita sedang bekerja (Sumber: pexels.com)

Nah, sekarang kamu memasuki fase emas yang paling optimal atau dikenal sebagai waktu terbaik otak bekerja. Pada rentang waktu antara jam 9 pagi sampai 11 siang, otakmu akan memproduksi hormon kortisol (hormon stres). Hormon inilah yang berperan dalam meningkatkan perhatian dan fokusmu agar bisa lebih produktif dalam mengerjakan berbagai macam hal. Pada saat inilah otak kamu sedang ada pada kondisi prima dan siap melakukan berbagai tugas yang membutuhkan konsentrasi serta kemampuan analisa tinggi. Waktunya untuk kamu menjadi kreatif dan produktif nih.

3. Jam 11 – 2 siang 

waktu-terbaik-otak-bekerja

Ilustrasi orang bekerja dengan laptop (Sumber: pexels.com)

Setelah melewati fase prima yang dibantu oleh produksi hormon kortisol, sekarang adalah waktu terbaik otak bekerja untuk tugas yang lebih kompleks dan sulit. Mulai dari jam 11 hingga 2 siang, produksi hormon melatonin yang membantumu tidur telah menurun dengan tajam. Alhasil, tubuhmu bisa lebih siap untuk menerima tantangan yang berat. Eits, tapi harus diperhatikan agar kamu nggak mengerjakan beberapa tugas sekaligus supaya konsentrasimu nggak terpecah yah. Lakukanlah pekerjaan secara bertahap, satu demi satu.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif