Travel

5 Warisan Dunia UNESCO Di Malaysia Yang Punya Pemandangan Keren

warisan dunia UNESCO

Untuk setiap negara pasti memiliki pemandanga alama dan budaya yang menarik yang sudah disahkan dan dijadikan sebagao warisan dunia oleh UNESCO. UNESCO merupakan singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Organisasi ini merupakan organisasi badan dunia yang menangani tentang pendidikan, alam dan budaya. Situs warisan dunia UNESCO biasanya berupa bangunan, alam, desa atau bahkan sebuah kota. Salah satu negara dengan warisan UNESCO yang terbaik ada di negera Malaysia. Dinegeri jiran ini, memiliki situs warisan UNESCO yang cukup terkenal serta memiliki pemandangan menarik. Nah, kali akan kita ulas apa saja warisan UNESCO yang ada di Negara Malaysia.

  1. George Town

Sumber Gambar : tiket.com

Yang pertama ada George Town. Ini merupakan sebuah pusat kota yang terletak di Pulau Pinang. Tempat ini menjadi warisan dunia karena disini masih terdapat toko tradisional dan bangunan komersial yang masih menunjukan sisi sejarahnya.  Kota ini ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2008. Disepanjang jalan menelusuri kota, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan dengan asriteknya secara detail. Bangunan tersebut menampilkan evolusi kota pelabuhan pada era inggris di akhir abad ke 18.

  1. Kilim Geoforest Park

Sumber Gambar : happytrips.com

Selanjutnya ada Kilim Geoforest Park. Yah dari namanya saja sudah jelas bukan bahwa keindahan alam yang disuguhkan berada dihutan. Kilim Geoforest park merupakan hutan mangrove yang memiliki formasi batu kapur yang menarik. Taman ini terletak di Pulau Langkawi. Banyak yang pengunjung yang mengatakan bahwa taman ini merupakan permata yang tersembunyi di iklim tropis. Saat menelusuri taman, pengunjung akan menjelajahi fitur geologis dan ekoligisnya. Untuk menikmati pemandangan ini, pengunjug harus menaiki perahu dari dermaga Tanjung Rhu atau Kilim. Nantinya operator perahu akan membantu mengelilingi hutan bakau.

  1. Taman Kinabalu

warisan dunia UNESCO

Sumber Gambar : Agoda

Taman nasional kinabalu ini merupakan taman dengan situs warisan dunia UNESCO pertama di Malaysia. Destinasi ini memiliki luas area sekitar 754 kilometer persegi dan mengelilingi gunung kinabalu. Taman ini terletak di pantai barat sabah, Malaysia timur pulau borneo. Taman nasional Kinabalu merupakan taman yang sangat popular dengan hutan hujan alaminya. Ditempat ini terdapat 5000 jenis tumbuhan hijau dan 400 jenis burung dan mamalia.

  1. Taman Nasional Gunung Mulu

warisan dunia UNESCO

Sumber Gambar : infobudayaindonesia.com

Yang keempat yang menjadi situs warisan dunia UNESCO adalah taman gunung mulu. Hampir sama dengan taman kinabalu, taman ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Taman ini disebut sebagai jantung kota Sarawak. Ditaman ini banyak sekali keanekaragaman hayati yang tinggi dan fitur karst yang berisi 17 sona vegetai dan terdapat sekitar 3500 tanaman vascular.  Ditaman ini juga menyuguhkan pemandangan gua yang spakakuler yang sangat cocok digunakan para petualang adrenalinnya. Para petualang bisa melakukan beberapa atraksinya di taman ini karena terdapat ngarai, sungai, pegunungan yang tertutup hutan, puncak batu kapur dan lorong gua.

  1. Melaka

warisan dunia UNESCO

Sumber Gambar : Flickr

Yang terakhir adalah Melaka. Hanya dari namanya saja, kita sudah mengetahui bahwa Melaka ini berlokasi di sebelah selat Malaka dibagian selatan Malaysia Barat. Di destinasi ini terdapat bangunan asritektural yang melambangakan sejarah Melaka pada masa kesulatanan Melayu pada abad ke 15 dan abad ke 16 dari penjajahan Portugis dan Belanda. Sejarah dari kota ini adalah memiliki pertukaran multicultural yang unik dari timur dan barat serta kelahiran budaya peranakan.

Baca Juga :   4 Cafe Tematik di Jakarta yang Lagi Hits dan Mesti Kamu Kunjungi

Demikianlah beberapa situs warisan dunia UNESCO dinegara Malaysia. Menurut kamu mana yang lebih menarik untuk dikunjungi jika berkungjung ke negeri jiran tersebut.

About author

Related posts
Travel

Ini dia Pesona Pantai Cannon di Oregon, Pantai Yang Wajib Dikunjungi bagi Pecinta Pantai

Travel

5 Museum di Norwegia yang Wajib Dikunjungi, Ada Yang Khusus Untuk Sejarah Viking, Loh!

Travel

5 Destinasi Menakjubkan Negara Montenegro Yang Wajib Dikunjungi

Travel

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Perlu Berkunjung Ke Pantai Lovina, Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.