GenK LIFE

Waspada ‘Brain Freeze’ Saat Makan Atau Minum Sesuatu yang Dingin

Apakah kamu penggemar berat makanan atau minuman dingin, GenK? Lalu, pernahkah kamu merasakan sensasi ‘tersengat’ saat sedang makan atau minum sesuatu yang dingin? Kalau pernah, bisa jadi itu adalah efek brainfreeze!

Brainfreeze atau cold-stimulus adalah sebutan untuk efek sakit di kepala yang dirasakan seseorang ketika makan atau minum sesuatu yang dingin secara tiba-tiba. Hal ini dikarenaan kontrasnya suhu tubuh dengan makanan atau minuman yang kamu konsumsi sehingga tubuhmu perlu penyesuaian.

Meskipun dipandang tidak terlalu berbahaya dalam dunia medis, kamu tetap perlu waspada karena efeknya cukup mengganggu, loh. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Bagaimana Brain Freeze Bisa Terjadi?

Ilustrasi brain freeze. (Sumber: shutterstock)

Brain freeze biasanya terjadi ketika sesuatu yang dingin secara tiba-tiba masuk ke dalam mulut seseorang dan menyentuh bagian langit-langit mulutnya. Hal ini mengakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah di langit-langit mulut dan memberikan efek sakit kepala.

Baca Juga :   Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

Contoh kejadian paling umum untuk menggambarkan efek brain freeze adalah saat makan es krim di siang hari. Di tengah suhu udara yang panas, tentu saja tubuhmu akan merasa ‘kaget’ dengan kehadiran es krim yang tiba-tiba kamu makan. Akibatnya, kepala akan terasa sakit untuk beberapa detik bahkan menit.

Efek sakit kepala yang dirasakan setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang merasa sakitnya seperti disengat di bagian tengah kepala, ada pula yang merasa titik sakitnya justru di dahi dan belakang leher. Meski hanya berlangsung dalam beberapa detik atau menit, tetap saja memberikan efek tidak nyaman bagi kepalamu.

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!