GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

Genks, udah pernah dengar istilah mental block belum, nih? Well, ini adalah kondisi di mana kamu tiba-tiba nggak bisa berpikir, hilang energi hingga jadi sosok yang lebih sensitif dan gampang baper. Kalau dibiarkan berlarut-larut, ternyata kondisi ini bisa sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, lho. Tapi, apa, sih, yang dimaksud dengan kondisi mental block, apa aja penyebabnya dan gimana cara kita mengatasinya agar segera pergi?

Arti Mental Block

Sumber Gambar : pikiran-rakyat.com

Mental block merupakan suatu kondisi saat otak menolak pikiran atau ingatan tertentu. Dan kita sama sekali nggak bisa mengendalikannya, guys. Maksudnya, ketika kita mengalami mental blok, maka kita nggak akan bisa berpikir dengan baik seperti biasanya, terutama untuk topik-topik tertentu.

Dan bukan cuma itu doang, guys, mental block juga mencegah kita melakukan aktivitas fisik yang biasa kita lakukan tanpa kesulitan. Biasanya, sih, kondisi ini sering dialami para atlet yang tiba-tiba nggak bisa melakukan latihan karena pikirannya mengatur tubuh untuk melakukan penolakan terhadap aktivitas tersebut, guys.

Tapi jangan samakan kondisi kesehatan mental ini dengan rasa bosan atau mood yang memburuk sehingga kamu jadi malas ngapa-ngapain, ya. Karena hal-hal itu masih ada di bawah kendali kita. Berbeda dengan mental blok yang muncul tanpa permisi dan kita buta banget dengan apa yang harus dilakukan ketika kondisi ini datang.

Ciri-Ciri Seseorang Terserang Mental Block

Berikut ini beberapa ciri dari mental block yang perlu kamu waspadai, guys:

#1: Perasaanmu jadi Lebih Sensitif dan Gampang Tersinggung

Sumber Gambar : collaborative-office.com

Saat kamu mengalami kondisi ini, kamu mungkin merasa frustasi karena nggak bisa memikirkan, bahkan melakukan hal-hal yang biasanya mudah sekali untuk dipikirkan dan dilakukan. Karena itu, perasaanmu pun menjadi lebih sensitif terhadap semua yang ada di sekeliling. Hal ini juga berpotensi membuatmu lebih gampang tersinggung dengan sikap atau pun perkataan orang lain.

#2: Kehilangan Energi

Sumber Gambar : verywellmind.com

Mereka yang mengalami mental blok juga disertai dengan gejala hilangnya energi, lho, guys. Bisa jadi, otakmu menghalangi pikiran yang biasanya dapat memberikan sugesti positif pada tubuh untuk lebih semangat dan berenergi menjalani hari-hari. Kabar buruknya, hal ini bisa berdampak buruk kalau terjadi pada saat-saat penting.

#3: Merasa Tertekan

Sumber Gambar : incimages.com

Yah, meski nggak ada seorang pun yang memberi tekanan secara psikologis, tapi ketika kamu sedang mengalami kondisi mental ini, kamu bakal merasa lebih tertekan. Bahkan bukan nggak mungkin, lho, kamu juga akan merasa stres dan depresi gara-gara perasaan tertekan ini.

#4: Gairah Seksual Makin Menurun

Mental Block

Sumber Gambar : couplescounselorsandiego.com

Percaya atau enggak, ternyata kondisi ini juga bisa mempengaruhi gairah seks seseorang, lho. Alasannya, mungkin karena energi yang berkurang dan perasaan tertekan yang muncul. Itulah kenapa kamu jadi sama sekali nggak bergairah untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Penyebab Munculnya Mental Block

Mental Block

Sumber Gambar : wrike.com

Nah, setelah mengulik apa artinya mental block dan gejalanya, sekarang waktunya kamu mengupas apa, sih, penyebab munculnya kondisi mental ini.

  1. Sering kurang fokus
  2. Nggak cukup mendapatkan tidur berkualitas
  3. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan
  4. Lingkungan sekitar yang terlalu ramai

Tips Mengatasi Mental Block

Mental Block

Sumber Gambar : blogspot.com

Sebenarnya nggak sulit, kok, mengatasi mental blok. Kamu cukup melakukan beberapa hal di bawah:

  1. Terapkan dan jalani gaya hidup sehat
  2. Berdamailah dengan masa lalu
  3. Mulai membiasakan diri menulis jurnal emosi atau buku harian

Itulah sekilas info tentang mental block, ciri, penyebab dan cara mengatasinya. Kalau tips di atas nggak berhasil, jangan ragu meminta bantuan dari profesional, ya, GenKs.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif