Travel

Wisata Hidden Gems yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Berkunjung ke Makassar!

Makassar dan sekitarnya adalah jawaban dari pertanyaan para pelancong yang mencari destinasi liburan yang menyenangkan. Terdapat banyak wisata yang menawarkan keindahan alam yang begitu menawan sehingga para pelancong dapat menikmatinya keindahannya dengan berbagai suguhan alam yang beragam. Makassar dan sekitarnya sendiri terletak berbatasan langsung dengan laut, sehingga alamnya didominasi oleh pantai-pantai yang indah. Tidak hanya itu, secara demografis  Makassar dan sekitarnya tergolong tipe multietnik atau multikultur dengan beragam suku bangsa yang menetap didalamnya. Berikut adalah rekomendasi wisata Hidden Gems di Makassar dan sekitarnya yang dapat para pelancong kunjungi :

  1. Tana Toraja

DSCF6755-2-92ef2a91

Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten yang juga berada di provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke daerah ini, para pelancong harus menempuh perjalanan sekitar +- 8 jam dengan menggunakan perjalanan darat dari kota Makassar.

Sebenarnya, terdapat beberapa opsi transportasi untuk menuju Tana Toraja dari Makassar, diantaranya adalah dengan  menggunakan moda transportasi udara yang memang saat ini juga sudah banyak maskapai penerbangan yang melayani rute Makassar ke Tana Toraja, namun tentunya biaya yang dikeluarkan akan cukup menguras.

Selain itu, opsi lainnya yang lebih murah, mudah dan nyaman adalah dengan menggunakan tranportasi bus malam, dimana operator bus yang menyediakan rute perjalanan ini juga sudah banyak, mulai dari bus yang biasa-biasa saja sampai bus dengan fasilitas AC, hingga Sleeper Bus yang fasilitasnya juga patut diacungi jempol.

Berbagai macam moda transportasi menuju Tana Toraja ditawarkan, tinggal para pelancong menyesuaikan budget dan waktu perjalanannya. Sesampainya di Tana Toraja, terdapat berbagai destinasi wisata mulai dari situs religi hingga wisata alamnya.

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan apabila berkunjung ke Tana Toraja adalah desa Tikunna Malenong, kecamatan Sanggalangi, dimana terdapat sebuah komunitas adat Toraja bernama Kete Kesu.

Nantinya para pelancong dapat melihat bangunan-bangunan tongkonan dengan atap yang mirip tanduk kerbau yang didominasi oleh warna merah. Kemudian, tidak jauh dari pusat tongkongan Kete Kesu terdapat pemakaman kubur batu yang disetiap sudutnya terdapat jenazah-jenazah yang disemayamkan.

  1. Tanjung Bira

Bagian timur Indonesia memang kaya akan pemandangan bawah laut dan pantainya. Tanjung Bira yang terletak di kabupaten Bulukumba ini merupakan pantai pasir putih lembut yang terkenal akan keindahannya. Terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi, Tanjung Bira dapat ditempuh sekitar +- 4 – 5 jam dari Kota Makassar.

Tidak hanya menikmati keindahan pantainya, para pelancong juga dapat berkunjung ke rumah pembuatan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan dan melihat proses pembuatan kapal tersebut di pinggiran pantai hanya dengan biaya masuk sekitar Rp10.000 rupiah.

Kawasan wisata Tanjung Bira juga menawarkan aktivitas-aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh para pelancong yang salah duanya adalah snorkeling maupun diving sembari menikmati keindahan bawah laut di beberapa spot yang ada di perairan ini.

Tidak hanya itu, Kawasan Tanjung Bira ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas persewaan seperti menyelam, rumah makan, kamar mandi yang nyaman, motor dan Pelabuhan kapal ferry yang digunakan untuk mengantar para pelancong yang ingin menyebrang ke Pulau Selayar.

  1. Tebing Appalarang / Pantai Appalarang

Wisata Hidden Gems

Tebing Appalarang, sebuah tebing batu yang tinggi dan lebar untuk menikmati indahnya Pantai Appalarang yang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan ini.

Untuk menuju kesana, para pelancong harus menempuh sekitar +- 5 jam dengan menggunakan moda transportasi darat. Opsi bagi para pelancong yang ingin berkunjung ke Pantai Appalarang ini dapat menggunakan travel menuju Bulukumba, lalu dari Kabupaten Bulukumba para pelancong dapat menyewa kendaraan ke daerah Pantai Appalarang.

Unik dari pantai lainnya, pantai ini menyuguhkan sajian alam yang indah berupa tebing. Di lokasi ini, terdapat jalur khusus bagi para pelancong untuk menikmati keindahan Pantai Appalarang yang biru dan bersih serta ombak yang tidak terlalu besar dari tebing yang menjulur ke tengah pantai.

Berbeda dari pantai lainnya, Pantai Appalarang sendiri tidak memiliki pesisir, namun Tebing Appalarang-lah yang menggantikannya sehingga para pelancong masih tetap dapat menikmati keindahannya.

  1. Ramang-Ramang, Maros

Wisata Hidden Gems

Selain pantainya yang indah, Sulawesi selatan juga menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami. Objek wisata alam tersebut adalah Ramang – Ramang yang ada di Kabupaten Maros. Lokasinya sendiri tidak jauh dari kota Makassar, jaraknya sekitar 40km.

Untuk menuju kesini juga mudah. Para pelancong dapat menggunakan kendaraan pribadi/sewa dan dengan bantuan GPS.

Ramang – Ramang ini merupakan gugusan batu kapur/karst yang terlihat seperti hamparan hutan batu. Tempat ini menyerupai sebuah taman batu yang indah dengan karakteristik yang berbeda dari tempat-tempat lainnya.

Tidak hanya keindahan alam yang disajikan, Ramang – Ramang juga menyisakan catatan sejarah yang bisa dinikmati hingga sekarang. Konon, kawasan ini sudah terbentuk sejak lama, sekitar 30 juta tahun lalu. Lalu, kawasan ini diperkirakan baru mulai dihuni manusia pada 40 ribu tahun lalu.

Jejak manusia di masa lalu tersebut masih bisa dinikmati oleh para pelancong melalui tulisan tangan atau simbol yang ada di dinding gunung.

Para pelancong harus menyewa perahu untuk mengeksplorasi kawasan Ramang-Ramang. Nantinya para pelancong akan menyusuri Sungai Pute sambil menikmati pemandangan gunung karst yang sangat khas.

Pemandangan ini dimulai dari Dermaga 1 (Sanlerang) yang kemudian menuju Dermaga 2 (Desa Berua). Serta mengunjungi tempat – tempat yang ada di Kawasan seperti Goa Kingkong, Batu Berlian dan Padang Ammarung.

Nah, itulah hidden gems yang wajib kamu kunjungi kalau ke Makassar. Walaupun tempatnya ada yang harus ditempuh berjam-jam dari Makassar, tapi para pelancong tidak akan menyesal kalau sudah mengunjunginya. Yuk segera agendakan perjalanan kamu ke Makassar dan sekitarnya!

About author

Related posts
Travel

Hotel Majapahit Surabaya yang Penuh Sejarah dan Tidak Pernah Gagal Menawan Pengunjung

Travel

Wajib Masuk List! Ini Daftar Destinasi Wisata Bandung Terbaru dan Terfavorit!

Travel

Ini dia Pesona Pantai Cannon di Oregon, Pantai Yang Wajib Dikunjungi bagi Pecinta Pantai

Travel

5 Warisan Dunia UNESCO Di Malaysia Yang Punya Pemandangan Keren