Game & Teknologi

Xbox Series X: Si Konsol Gaming Teranyar dengan Spesifikasi Gahar

xbox-one-x

Siapa yang sudah tidak sabar menanti akhir tahun 2020 nanti? Sesuatu yang sudah lama ditunggu para gamers seluruh dunia akan tiba tepat di penghujung tahun ini. Yap, kamu benar jika menjawab Xbox Series X, salah satu rilis konsol game paling ditunggu bersama dengan sang kompetitor utama, apalagi kalau bukan PlayStation 5. Lantas, apa saja bisa kamu harapkan dari konsol paling mutakhir buatan Microsoft tersebut? Silakan simak pembahasannya di bawah!

1. Project Scarlett

Xbox Series X 1

Sumber: t3.com

Pada konferensi pers pagelaran Electronic Entertainment Expo (E3) 2019 kemarin, raksasa teknologi dunia, Microsoft, pertama kali merilis teaser promosi konsol video game teranyar miliknya yang dikenal dengan codename “Project Scarlett”. Pihak Microsoft kemudian mengatakan bahwa Scarlett akan menjadi generasi selanjutnya dalam lini bisnis gaming dengan ragam fitur dan upgrade paling mutakhir. 

Scarlett diklaim memiliki kapasitas dan spesifikasi yang empat kali lebih kuat dibanding generasi sebelumnya, yaitu seri Xbox One. Tak hanya lebih kuat secara spesifikasi konsolnya saja, Project Scarlett juga menjanjikan transisi yang lebih mulus dari Xbox One dengan fitur backwards compatibility dengan semua hardware pada seri sebelumnya. 

Nama resmi konsol terbarunya kemudian diperkenalkan oleh Microsoft ke publik pada ajang The Game Awards 2019 sebagai Xbox Series X bersama dengan desain final dan waktu rilis yang direncanakan pada akhir tahun 2020 ini. 

2. Spesifikasi Super Gahar 

Agaknya tak berlebihan jika Microsoft mempromosikan Xbox Series X sebagai konsol teranyarnya dengan empat kali kekuatan dibanding seri Xbox One. Pasalnya, Microsoft telah menanamkan beragam hardware dan fitur paling gahar ke dalam konsol generasi keempatnya ini untuk memberikan pengalaman paripurna untuk para gamers.  

Xbox Series X menawarkan tampilan visual paripurna dengan support resolusi hingga 8K, real-time ray tracing, dan waktu render 120 frames-per-second yang lebih cepat daripada seri pendahulunya. Di bagian memori, konsol ini sudah dibekali GDDR6 SDRAM, sistem penyimpanan NVMe SSD dan dapur pacu yang didukung prosesor AMD Zen 2 terkini. Visual terbaik akan dijamin dengan kehadiran kartu grafis AMD Radeon RDNA.  

Fitur unggulan yang paling ditunggu sendiri adalah backwards compatibility yang membuatmu bisa memainkan semua game yang pernah dirilis di konsol sebelumnya memakai Xbox Series X loh. Jadi kamu bisa tetap bisa bernostalgia memainkan game favoritmu dari seri Xbox jadul sekalipun loh. Asyik! 

3. Tampilan Futuristik 

Xbox Series X 2

Sumber: bgr.com

Setelah dapur pacu lengkap dibahas, waktunya melihat ‘kulit’ Xbox Series X nih. Konsol ini tampil dengan desain minimalis berbentuk persegi panjang yang sekilas mirip CPU komputer gaming mini dengan estimasi ukuran konsol setinggi 30 cm dan lebar sekitar 15 cm. Balutan warna hitam yang dominan dengan logo Xbox pada bagian pojok kiri atas memberikan kesan minimalis dan kokoh pada perangkat. 

Pada segi fungsional sendiri, dengan orientasi vertikal, pengguna dapat mengakses tombol power utama beserta slot media di bagian depan konsol. Sementara pada bagian atas terdapat kipas pendingin yang diklaim dapat beroperasi minim suara layaknya seri Xbox One. 

4. Tanggal Peluncuran dan Harga Jual 

Xbox Series X 3

Sumber: xbox.com

Bocoran waktu rilis Xbox Series X telah resmi diumumkan oleh pihak Microsoft tepat pada acara The Game Awards 2019. Meskipun tanggal tepatnya belum dipublikasikan, Microsoft merencanakan waktu rilis di kuarter akhir (Q4) nanti. Tepat pada waktu liburan yang juga bersamaan dengan peluncuran sang kompetitor utama, PlayStation 5. Wah pasti bakal seru banget nih. Mengaca dari jadwal rilis konsol-konsol sebelumnya, ada kemungkinan kalau waktu rilis akan dilakukan pada bulan November. Meskipun ada rumor yang mengatakan jika jadwal tersebut bisa saja diundur akibat wabah virus corona yang merebak. 

Untuk segi harga, pihak Microsoft sendiri belum memberikan angka pasti yang akan dipatok kepada para konsumen untuk bisa membawa pulang satu unit konsol Xbox Series X ini. Namun  kemungkinan besar harganya akan menyesuaikan dengan PS5 seperti rilis-rilis sebelumnya. Pada awal rilis Xbox One dulu misalnya, harga yang dipatok mencapai hampir Rp7 juta. Kemudian diturunkan menjadi sekitar Rp6 juta setelah kritik dari para konsumen. 

Eits, biar kamu makin tertarik nih, rilisan game yang ikut hadir bersama dengan Xbox Series X ini adalah Halo Infinite dan Senua’s Saga: Hellblade II loh. Hayo, makanya mulai dipersiapkan tabungan yang banyak sampai menjelang akhir tahun nanti jika kamu tertarik untuk memboyong satu unit konsol video game ini. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis