Game & Teknologi

Google Year in Search 2019: Pencarian Terpopuler di Indonesia

kreativv ID

Sebagai tradisi menjelang akhir tahun, mesin pencarian nomor satu dunia, Google kembali merilis daftar yang memuat searching trend yang terjadi selama tahun 2019 di Indonesia. Dari BTS sampai ke ‘Apa Itu Bucin’, ini dia Google Year in Search 2019 dalam berbagai kategori. 

Dengan menggunakan sistem analisa data berdasarkan keywords dengan pencarian terbanyak dibanding tahun sebelumnya. Google Year in Search 2019 hadir dalam bentuk rangkuman singkat yang dapat diakses oleh publik secara gratis lewat Google Trends. 😍

Sejak diluncurkan tahun 2006 silam, Google Trends telah secara konsisten meluncurkan daftar pencarian terpopuler di setiap penghujung tahun. Kamu pun dapat mengetahui topik dan hal apa saja yang ramai dicari dan diperbincangkan para warganet sepanjang tahun.

Mulai dari beragam jenis hiburan seperti film dan musik, tren kekinian yang viral di masyarakat, sampai tokoh-tokoh penting, semuanya lengkap terangkum di Google Trends. Lantas, apa sajakah keywords dalam Google in Search 2019 di Indonesia? Langsung aja simak pembahasannya di bawah ini! 👇

Google in Search 2019: Tahunnya Perubahan Gaya Hidup 

Year in Search 2019 1

Daftar pencarian terpopuler Google 2019 (sumber: trends.google.co.id)

Gaya hidup yang berubah di masyarakat merupakan fenomena yang tak ada habis-habisnya untuk diperbincangkan. Hal tersebut tercermin dari tren pencarian kata kunci seputar gaya hidup yang meningkat cukup drastis dari tahun sebelumnya. 😲

Misalnya saja nih, Google Year in Search 2019 mencatat “Bagaimana cara hidup sehat” di posisi pertama sebagai keyword yang mengalami peningkatan jumlah pencarian di Google oleh para pengguna internet di Indonesia. 

Tak hanya itu, “Bagaimana cara menurunkan kolesterol” juga turut masuk sebagai kata kunci populer nih. Tren tersebut merupakan pertanda baik yang menunjukkan kalau kesadaran akan gaya hidup sehat di masyarakat mulai meningkat. 😇

Bukan hanya gaya hidup sehat, bersamaan dengan peluncuran moda transportasi MRT di Jakarta beberapa bulan yang lalu, keyword “Bagaimana cara naik MRT” menjadi tren pencarian unik di tahun 2019 ini, GenK. Hayo, apakah kamu menjadi salah satu pencari keyword tersebut? 

Hiburan Sejuta Umat di Tahun 2019 

Year in Search 2019 2

Film terpopuler sepanjang 2019 (sumber: screenrant.com)

Beranjak ke hiburan favorit para warganet Indonesia yang masuk ke Google Year in Search 2019. Mulai dari musik terhits yang sering bergema di setiap sudut kota, sampai film-film blockbuster dalam dan luar negeri yang bikin penasaran para penonton Tanah Air. 😃

Di playlist populer, beberapa karya lokal berhasil bertahta di puncak pencarian dengan nama-nama seperti Fiersa Besari (Celengan Rindu), Seventeen (Kemarin), dan Andmesh (Hanya Rindu).

Lagu Senorita yang ditelurkan oleh duet Shawn Mendes & Camila Cabello juga masuk ke daftar bersama dengan Lily karya Alan Walker, K-391 & Emelie Hollow.

Nah, berpindah ke Google Year in Search 2019 untuk film, tahun ini tampaknya menjadi berkah bagi para penikmat laga superhero dengan segudang judul terkemuka yang telah lama dinantikan.

Kisah Sang Pangeran Badut dari Kota Gotham, Joker, sukses menarik perhatian warganet Nusantara sejak penayangan perdananya awal Oktober kemarin. 🤡

Menyusul di belakang, pencarian Google dipadati oleh para pahlawan super dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Avengers: Endgame berhasil mengukir sejarah sebagai film berpenghasilan terbesar sepanjang masa. Blockbuster lainnya termasuk Captain Marvel dan Spider-Man: Far From Home.   

Kilas Kreatif dari Google Year in Search 2019

https://youtu.be/NARrXzLCzHA  

Dengan banyaknya peristiwa dan fenomena yang terjadi sepanjang tahun 2019, industri ekonomi kreatif mampu menujukkan tren yang positif.  Hal ini dapat dibuktikan dari kilas data yang tercantum dalam Google Year in Search 2019. 

Ranah musik lokal mengalami lonjakan minat serta sentimen baik dari para penggemar dengan karya-karya berkualitas ciptaan anak negeri. Talenta muda seperti NIKI, Rich Brian, dan Claudia Santoso menjadi highlight kemajuan industri musik di Indonesia. 🥰

Tak mau kalah, kamu pastinya tidak akan kaget saat melihat judul-judul garapan dapur film lokal yang merajai box office di bioskop secara bergantian sejak awal tahun ini. Karya terpopuler tersebut antara lain adalah Bumi Manusia, Perempuan Tanah Jahanam, Gundala, hingga Keluarga Cemara. 

Kabar baik juga datang dari dunia komik Tanah Air loh, GenK. Manga asal Indonesia berhasil masuk ke pasar Jepang lewat kompetisi prestisius bertajuk Silent Manga Audition yang dimenangkan oleh Alex Irzaqi. Wah, bangga banget dong! 


Simpulan

Demikian tadi sekilas ulasan Google Year in Search 2019 Indonesia yang pastinya membawa banyak harapan tahun baru nanti, GenK. Hayo, kira-kira tren apalagi yang akan muncul dan berkembang di 2020? Sebagai sebuah creative content platform, kreativv ID berkomitmen untuk menyediakan konten-konten berkualitas dari berbagai topik di industri kreatif untuk para pembaca setia. Buat kamu yang ingin terus update dengan tren terkini di industri kreatif, kunjungi terus blog kami dan subscribe ke newsletter untuk konten terbaik langsung ke emailmu. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Kreatif Pakai GIF di Instagram Story Biar Makin Menarik

Game & Teknologi

Anti Ribet-Ribet Club, Begini Cara Back Up Konten Instagram

Game & Teknologi

Rekomendasi Terbaik Situs Text to Speech Gratisan dalam Bahasa Indonesia

Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis