Kuliner

Yuk, Bikin Cold Brew Coffee Sempurna ala Cafe di Rumah!

Wah, sejak pandemi kayaknya udah lama banget ya, GenKs, nggak nongki-nongki cantik di cafe sambil menikmati segelas cold brew coffee yang sempurna. Kental, manis dan menyegarkan. Rindu banget nggak sih?

Emang sih, beberapa bulan terakhir sejumlah kedai kopi dan tempat tongkrongan lainnya mulai beroperasi lagi. Tapi kok, rasanya masih belum tenang untuk berlama-lama keluar rumah, termasuk untuk mendatangi kafe favorit.

Nah, kenapa kamu nggak bikin sendiri aja minuman dingin kegemaran satu ini di rumah, guys? Ternyata super gampang kok, dijamin es kopi kesukaanmu nggak akan pernah terasa terlalu encer atau pahit lagi. Wah, bisa jadi ide jualan juga nih, Genks!

Simak tips dan rahasia bikin cold brew coffee ala cafe-cafe berikut, yuk:

Langkah-Langkah Membuat Cold Brew Coffee yang So Perfecto

Sumber Gambar : essense.coffee

Cara membuat cold brew coffee agar rasanya nggak beda dengan bikinan cafe adalah memakai kopi yang digiling kasar. Kamu bisa membeli kopi giling yang siap pakai atau menggiling sendiri biji kopi pilihan di rumah.

Setelah itu, campurkan ampasnya dengan air, dan biarkan semalaman atau seenggaknya selama 12 jam, agar kopi meresap perlahan ke dalam air untuk menciptakan minuman yang kuat dan terkonsentrasi. Esok paginya, kamu tinggal menyaring ampas kopi dan siap untuk menikmatinya, deh.

GenKs, kamu penasaran nggak sih, kenapa harus menyeduh bubuk kopi kasar dengan air dingin? FYI, menyeduh kopi dengan teknik cold brew ternyata bisa bikin semua cita rasa yang terkandung di dalam biji kopi keluar, kecuali rasa pahit dan asamnya.

Ini berarti kopi yang diseduh dengan teknik cold brew memiliki tekstur sangat halus dan rasanya hampir manis. Cocok banget untuk membuat es kopi yang super sempurna.

Cold Brew Coffee

Sumber Gambar : food52.com

Kamu juga bisa menyesuaikan konsentrasi cold brew coffee, apakah lebih kuat atau kurang kuat, sesuai dengan selera, lho.

Mulailah dengan merendam satu cangkir bubuk kopi kasar dengan empat cangkir air. Hasilnya adalah kopi yang cukup pekat, tapi sempurna untuk dituang di atas es atau dicampur dengan susu. Atau keduanya.

Jika perbandingan kopi dan air kurang pas dengan seleramu, coba deh, mengurangi atau menambahkan air seduhan sampai kamu menemukan keseimbangan rasa yang sempurna.

Tips Menyajikan Cold Brew Coffee yang Bercita Rasa Tinggi ala Cafe

Cold Brew Coffee

Sumber Gambar : mldspot.com

Ada berbagai cara menyajikan cold brew ala cafe. Mulai dari disajikan dingin dengan es atau panas. Pilihan ada di tanganmu.

Kamu bisa mengikuti metode yang sama untuk membuat kopi, lalu menambahkan es atau menghangatkannya dengan microwave jika lebih suka menikmati secangkir kopi panas yang bisa menghangatkan pagimu.

Gimana kalau nggak terlalu suka kopi dengan tekstur dan rasa yang terlalu kuat? Iced coffee bisa menjadi solusi terbaik. Atau kamu juga bisa menambahkan air atau susu untuk mengencerkan cold brew coffee jika terasa pekat banget.

Nah, gimana, GenKs, siap untuk mencoba cold brew coffee buatanmu sendiri? Ikuti tips-tips berikut supaya racikan kopimu makin tokcer, yuk!

Kiat Sukses Bikin Cold Brew Coffee

Cold Brew Coffee

Sumber Gambar : nbcnews.com

  1. Pastikan biji kopimu digiling kasar agar bisa menghasilkan kopi yang sempurna ala cafe. Bubuk kopimu sebaiknya terlihat seperti tepung jagung kasar atau bahkan sedikit lebih kasar.
  2. Jika memungkinkan, gunakan filtered water. Kamu akan mendapatkan secangkir cold brew dengan rasa yang lebih bersih dan lebih manis.
  3. Seduh dan biarkan selama 12 jam. Well, kurang sedikit nggak masalah, tapi agar cita rasanya pas, bubuk kopi harus direndam dalam waktu yang lama. Merendam terlalu sebentar akan memberikanmu secangkir kopi yang terasa weak. Tapi, meski begitu, jangan juga terlalu lama karena bisa membuat kopimu terasa sangat pahit, GenKs.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya