Kuliner

Yuk, Buat Dessert Manis dan Lembut Dari Selandia Baru, Pavlova!

Pavlova

Hobi masak? Pernah buat dessert Pavlova belum? Apa sih dessert Pavlova itu? Pavlova sendiri adalah dessert yang berasal dari negara Selandia Baru. Dessert yang terbuat dari meringue yang dipanggang ini memiliki tekstur yang renyah dan juga kering. Namun ketika mengunyah rasa di dalamnya akan terasa lebih lembut seperti marshmallow. 

Dessert ini rasanya ringan dan juga menyegarkan. Selain itu rasanya juga manis cocok sekali jika dipasangkan dengan whipped cream dan selai buah yang manis. Pasti yang jelas bikin kamu ketagihan deh! Yuk simak tips cara membuat dessert manis ini!

Alat dan Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Pavlova

Sumber Gambar : global.com

Alat yang digunakan : 

    – Piring

    – Mixer

    – Mangkok

    – Pisau

    – Sendok

    – Gelas Takar

    – Loyang 

    – Panci

    – Piring Saji

    – Garpu

Bahan – Bahan yang dibutuhkan :

  • 90 gram putih telur
  • 320 gram gula pasir 
  • 300 ml whipped cream 

Bahan – Bahan yang dibutuhkan untuk membuat selai Strawberry : 

  • 50 gram gula kastor 
  • 125 ml jus strawberry 
  • 500 gram strawberry, dipotong menjadi dua bagian. 
  • 1 Sendok makan tepung maizena, larutkan dengan satu sendok makan air 
  • 1 Sendok makan air jeruk lemon

Langkah-langkah selanjutnya setelah menyiapkan berbagai bahan diatas, kita bisa melanjutkan dengan membuat selai strawberry terlebih dahulu untuk dijadikan toping, baru dilanjutkan membuat adonan pavlova sampai langkah terakhir menghias. 

Selai Strawberry Dijadikan Topping

Sumber Gambar : okemom.com

Mari membuat selai strawberry terlebih dahulu dengan menggunakan jus strawberry, air jeruk lemon, dan gula. Caranya yaitu memasak bahan-bahan tersebut diatas api sedang. Pertama yaitu masaklah hingga gulanya larut. Kemudian masukkan larutan tepung maizena. Selanjutnya aduk-aduk hingga mendidih, kemudian matikan api. Setelah itu, kamu bisa memasukkan potongan-potongan buah strawberry kemudian aduklah sampai dingin. 

Gunakan Mixer Untuk Mengocok Putih Telur

Sumber Gambar : grid.id

Kamu bisa menggunakan mixer dengan kekuatan tinggi untuk membuat adonan pavlova. Kocok putih telur sampai berbuih, nantinya masukkan gula sedikit demi sedikit seraya terus mengocok adonan. Kocoklah adonan tersebut hingga mulai mengeras. 

Tata Bentuk Rapi Adonan Pavlova ke Dalam Loyang

Pavlova

Sumber Gambar : butterkicap.com

Untuk cara selanjutnya yaitu menuangkan adonan ke dalam plastik segitiga. Kemudian bentuk adonan ke atas loyang.  Namun sebelum itu, alasi loyang menggunakan baking paper. Kemudian bentuk adonan sampai adonan habis. Kamu bisa membuat bentuknya bulat-bulat sesuai gambar di atas. 

Panggang Dessert Pavlova Hingga Mengering

Pavlova

Sumber Gambar : okemom.com

Selanjutnya yaitu memanggang dessert pavlova ini ke dalam oven dengan suhu mencapai 150 derajat. Nah selanjutnya, tunggu panggangan sampai 40-50 menit. Kemudian jika sudah keluarkan dan dinginkan dessert ini. Kemudian sajikan dessert pavlova ini ke atas piring saji.

Selanjutnya, siram pavlova tadi dengan selai strawberry dan hias dengan whipped cream. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan toping lainnya seperti cherry,kiwi, delima, blueberry dan lainnya. Akhirnya, semua sudah siap disajikan sebagai dessert yang cantik. 

Nah, itu tadi resep membuat dessert pavlova yang selain segar juga cantik. Pavlova sendiri adalah dessert yang berasal dari Selandia Baru yang memiliki cita rasa yang khas dan unik. Jika kamu belum pernah mencobanya, kamu bisa membuatnya sendiri loh. Cara-cara tadi mudah dan gampang ditiru, kan? 

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.