GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

financial planning untuk gaji UMR

Kamu bekerja tentunya buat mencari nafkah, bukan. Penghasilanmu dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, kamu juga perlu menabung dan berinvestasi. Tapi mungkin, sedikit lebih sulit kalau gajimu UMR. Tenang, ada financial planning untuk gaji UMR yang bisa banget kamu ikuti. Langsung aja kita simak dalam ulasan selengkapnya.

Aman dan Nyaman Mengatur Keuangan Gaji UMR

Sumber Gambar : Unsplash.com

Nggak perlu khawatir. Meskipun gaji kamu pas-pasan, kamu nggak perlu sedih. Soalnya, kamu tetap bisa banget hidup cukup. Dengan gaji UMR atau Upah Minimum Regional, kamu bisa mengatur keuangan kamu setiap bulan. Hal tersebut juga disampaikan oleh Fitri Agustina, Financial Planner OneShildt. Menurutnya, seseorang yang mendapat gaji setara UMR, tetap bisa hidup dengan cukup.

Jadi, caranya tinggal gimana kamu mengaturnya aja. Menurut Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com, setiap orang harus pandai mengelola gaji yang didapat. Jadi, kamu nggak akan merasa kekurangan, dan sampai-sampai terlilit hutang. Kedua ahli financial planner tersebut, memberikan saran berupa empat langkah pengaturan gaji UMR. Yuk, baca terus.

Cara Mengatur Keuangan Buat Gaji UMR

spilled coins from the jar

Sumber Gambar : Unsplash.com

Sekarang langsung aja kita simak cara mengatur keuangan buat kamu yang mendapat gaji UMR. Berikut caranya:

Pertama – Kamu bisa sisihkan 30% dari seluruh gaji kamu buat pengeluaran produktif. Menurut Widya, yang termasuk pengeluaran produktif adalah tabungan atau investasi. Widya mengatakan kalau dana tersebut buat digunakan untuk tabungan dana darurat, liburan, serta investasi. Nanti, nominal pembagiannya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan keinginanmu.

financial planning untuk gaji UMR

Sumber Gambar : Unsplash.com

 Kedua – Sekarang kamu sisihkan 20% dari gaji kamu, buat bayar premi asuransi kesehatan. Kamu lakukan ini kalau kamu nggak dapet fasilitas asuransi dari tempat kerjamu. Lalu, apabila kamu bekerja sebagai tulang punggung keluarga, disarankan kamu pakai dana tersebut buat beli asuransi jiwa. Jadi, kehidupan keluargamu tetap aman terjamin walau kamu udah tiada.

Di samping itu, masih ada opsi lainnya juga. Kamu bisa pakai dana tersebut buat bayar cicilan kendaraan. Kemudian, kamu juga bisa menggunakannya buat bayar utang kartu kredit.

Ketiga – Sekarang, sisihkan 10% dari gaji kamu buat anggaran sedekah yang kamu keluarkan tiap bulan. Sedekah itu sangat bermanfaat untuk bekal kehidupan kelak. Di samping itu, dengan berbagi dan memberi, kamu akan mendapat energi besar buat menjadi orang yang lebih baik dan produktif, sehingga kebaikan yang kamu beri nantinya akan kembali juga ke kamu.

Keempat –  Nah, kamu bisa sisihkan 40% dari gaji buat mencukupi semua biaya konsumsi bulanan kamu. Dana yang ini udah mencakup bayar biaya kos, makan, sampai entertainment atau hiburan kamu. 

Keuntungan Mengatur Keuangan

financial planning untuk gaji UMR

Sumber Gambar : Unsplash.com

Tahu nggak sih, yang bikin seseorang kesulitan dengan keuangan, seringnya karena nggak ada pengelolaan yang tepat. Jadi, mengatur keuangan penting banget memang. Kamu pasti pernah lihat seorang teman yang sepertinya bayarannya sama-sama UMR seperti kamu. Tapi, kok, dia bisa nyicil motor, rumah, dan bahkan berinvestasi? Besar kemungkinan karena dia pandai dalam mengatur keuangannya.

financial planning untuk gaji UMR

Sumber Gambar : unsplash.com

Di samping itu, ingat juga kalau semua goals dari pengaturan keuanganmu, nggak bisa dicapai dalam semalam. Misalnya, kamu nabung buat beli kendaraan. Tentu aja, hal tersebut memerlukan waktu dan proses. Jadi, yang penting kamu udah tahu dulu financial planning untuk gaji UMR. Selanjutnya, tinggal diterapkan dengan baik, selalu konsisten aja dan berkomitmen sama diri sendiri. Semangat!

About author

Related posts
GenK LIFE

Beauty Standards? Bagaimana Masyarakat Memaknainya

GenK LIFE

5 Olahraga Mata buat Kamu yang Banyak Menatap Layar Gadget

GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya