Arsitektur & Interior

Yuk, cermati kegunaan fitur Desain Biofilik pada Ruang Rumah Tinggal!

Rumah merupakan tempat dimana kita banyak menghabiskan waktu, melepaskan lelah, berkumpul dengan keluarga, dan pastinya merupakan tempat yang kita ingin untuk dapat menjadi suatu tempat yang paling aman dann nyaman bagi kita. Selain aman dan nyaman, rumah juga merupakan cerminan dari diri kita sebagai penghuni rumah tersebut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki rumah yang nyaman bagi kita secara visual dan psikologis. Jika kamu salah satu pecinta alam, maka rumah yang ingin kamu tinggali tentu saja ingin menunjukan jati diri kalian bukan? Kalau gitu, cobalah rumah dengan fitur desain biofilik!

Apa itu Biophilic ?

Sumber Gambar : Home.co.id

Biophilic diambil dari istilah biophilia (cinta alam) yang mencul sekitar tahun 1980 ketika urbanisasi meningkat yang mengakibatkan terputusnya hubungan manusia dengan alam, tercipta desain arsitektur yang menjadi solusi akan hal tersebut. Dimaksudkan untuk mengembalikan kedekatan manusia derngan alam, desain biophilia adalah konsep desain dalam industri bangunan yang bertujuan untuk mengembalikan kedekatan manusia dengan alam secara langsung dan tidak langsung. Singkatnya, gaya Biophilic ini menggabungkan alam dalam ruang lingkup kita.

Tidak hanya estetik, fitur desain biofilik juga memiliki banyak dampak positif bagi di kehidupan manusia seperti menurunkan stress, mengurangi tekanan darah, hingga meningkatkan produktivitas dan kenyamanan diri.

Maka dari itu, tak heran jika konsep biopilic desain terus menerus berkembang menjadi desain yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mari kita simak fitur-fitur desain yang perlu kamu cermati pada ruang-ruang ini !


  1. Ruang Kerja

Sumber Gambar : Greeners.Co

Ruangan kerja merupakan sebuah tempat untuk bekerja dan seringkali membawa suasana terkenan dan stress yang berat. Menambahkan fitur biofilik pada ruang kerja merupakan pilihan yang tepat dimana agar kamu dapat merasakan kesejukan dan mengurangi stress. Dinding dengan tumbuhan dapat menciptakan ruang yang lebih menyegarkan dengan koneksi visual dengan alam.


  1. Kamar Tidur

Fitur Desain Biofilik

Sumber Gambar : IDN Times

Kamar tidur merupakaan tempat kita untuk melepaskan lelah, dan beristirahat. Tentunya, kita ingin bahwa ruang tidur kita menjadi salah satu ruang kita yang paling nyaman.Memberi akses visual untuk melihat pekarangan dalam tempat tidur membawa suasana baru pada kamar tidur. Selain itu, pemakaian material-material alam dalam kamar tidur juga membantu kamu untuk merasakan keindahan alam tersebut. Material alam seperti kayu, rotan, batu, bambu dapat kamu aplikasikan sebagai elemen furniture kamar tidurmu. Selain membawa dampak positif bagi kesejahteraan kita, furniture dari material-material alam juga tentunya membawa estetik pada kamar tidurmu!


  1. Dapur

Fitur Desain Biofilik

Sumber Gambar : IDN Times

Desain dapur lebih mengutamakan kebersihan dan kenyamanan untuk memasak. Memakai warna-warna natural memberi efek terang dan bersih pada dapur. Warna-warna alam saat ini sedang trendy di berbagai kalangan.Warna hangat dan nyaman ini lagi memungkinkan kita untuk membawa alam di dalam ruangan. Setiap warna dapat mempengaruhi suasana hati seseorang dengan pengaruh yang berbeda-beda. Alam sendiri memiliki berbagai warna-warna yang beragam, dan juga menarik untuk dilihat mata.

Baca Juga :   Inspirasi Desain Rumah Unik Kekinian untuk Tempat Tinggalmu

Memakai warna-warna alam yang natural dapat merilekskan dan tidak berat untuk mata. Selain memakai warna-warna natural, memberi hiasan tanaman pada dapur juga membangun suasana natural dan segar. Tanaman juga tidak hanya digunakan sebgai hiasan, namun meningkatkan kualitas udara dari ruangan tersebut.


  1. Ruang Tamu

Fitur Desain Biofilik

Sumber Gambar : Orento.id

Ruang tamu merupakan area publik pada rumah tinggal dimana orang lain masuk untuk melihat rumah kita. Dalam pandangan pertama rumah kita terlihat dari visual ruangan tamu kita, sehingga desain ruang tamu memiliki peran penting dalam rumah kita. Memberi bukaan dan pemandangan langsung menuju taman membuat tamu merasakan suasana hangat untuk berbincang-bincang. Sirkulasi udara yang baik juga dapat dihasilkan dari pertukaran udara yang lancar melalui sistem penghawaan yang tepat. Hala tersebut membuat ruangan memmiliki udara yang segar dan tidak lembab.

Nah, poin-poin diatas merupakan beberapa kegunaan fitur desain Biofilik pada ruang-ruang di dalam rumahmu yang dapat menginspirasi kamu dalam pemilihan desain rumah. Dari fitur-fitur desain yang telah disebutkan diatas, manakah desain yang paling menarik bagimu untuk diterapkan pada rumah tinggalmu?

Related posts
Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Arsitektur & Interior

Intip 6 Desain dengan Gaya Eklektik yang Patut Dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.