Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Green House Coworking

Green House Coworking Space – saat ini menjadi trend baru yang biasa dikenal dengan coworking space. Selain didesain dengan konsep unik, coworking juga dapat dimanfaatkan penggunanya untuk menambah networking. Tidak seperti kantor, coworking menawarkan tempat untuk siapa saja yang membutuhkan ruang kantor.

Coworking dirancang agar memberikan kesan tidak formal, santai, rileks, dan bagi sebagian orang, hal seperti ini dapat lebih mengstimulasi ide-ide atau gagasan-gagasan saat bekerja dan membuat suasana lebih cair.

Berbeda dengan kantor konvesional, coworking memberikan kesan nyaman sehingga penggunanya jauh dari rasa penat karena kerjaan. Uniknya lagi coworking dapat dinikmati siapa saja mulai dari perusahaan start up, freelancer, maupun mahasiswa.

Coworking memberikan ruang kerja bagi publik yang tidak terbatas kubikal atau sekat meja, bahkan tidak terkait dengan jam kerja yang kaku.

Coworking juga menjadi solusi bagi perusahaan start up yang tidak memiliki kantor ataupun freelancer, sehingga lebih dapat menunjang pekerjaan perusahaan start up ataupun freelancer.

Apa Itu Green Design?

Green design merupakan pendekatan perencanaan arsitektur atau interior bangunan yang bertujuan untuk meminimalisirkan berbagai pengaruh negatif bagi kesehatan manusia atau lingkungan.

Konsep green design memiliki manfaat bagi penggunanya, serpeti bangunan lebih tahan lama, hemat energi, meminimalisirkan perawatan bangunan, lebih nyaman untuk ditinggali, dan lebih sehat bagi pengguna. Green design juga memberi dampak positif untuk menanggapi masalah lingkungan, khususnya tentang pemanasan global.

Green House Coworking

Green House Coworking

source by instragram @greenhouse.co.apac

Salah satu coworking yang menerapkan konsep green design di ibu kota adalah Green house Coworking yang terletak di Multivison Tower lantai 25, Kuningan, Jakarta, dengan luas 1.800 meter persegi dengan kapasitas maksimal 300 orang.

Fasilitas yang ditawarkan Green house adalah ruang kerja private, bar atau kafe, ruang meeting, ruang brainstorming, warung telepon, pantry, tempat penyimpanan, dan bahkan kamar mandi.

Konsep bangunan yang ditawarkan adalah ruang semi terbuka dengan menggunakan dinding kaca sebagai pemisah ruangan. Tujuannyauntuk memberikan kesan natural agar dapat meningkatkan produktivitas saat bekerja dan juga diharapkan dapat membuat networking dan kolaborasi.

Pada area kerja menggunakan meja besar dengan kombinasi warna hijau, coklat, dan sedikit hitam agar terkesan eksklusif. Untuk menambahkan kesan natural terdapat banyak tanaman pada sudut ruangan maupun bergelantungan di langit-langit ataupun pada dinding.

Greenhouse ingin membawa suasana luar masuk ke dalam seolah-olah pengguna sedang berada di luar bangunan tanpa harus panas-panasan.

Selain itu, material interior yang digunakan adalah material natural seperti elemen kayu, batu alam, nuansa hijau. Dengan adanya banyak tanaman hijau, atap tinggi, dan kaca didesain lebar dengan pemandangan 360 derajat kota Jakarta agar ruangan mendapatkan sinar matahari langsung.

Hal tersebut dapat menghemat energi tanpa harus sering menggunakan lampu listrik. Rancangan tersebut mampu mengstimulasi daya pikir, meningkatkan produktivitas pengguna, dan dengan adanya area kerja yang didesain dengan bagus akan membuat pekerja lebih bahagia dan poduktif, serta untuk membuat keadaan jadi lebih sehat.

Value Yang Ditawarkan Greenhouse Coworking

Green House Coworking

source by instagram @greenhouse.co.apac

Selain pada interior dan desain bangunan, recycling merupakan salah satu value dari Green house.  Tujuannya untuk menyediakan lingkungan kerja yang positif dan menciptakan kebiasaan baik bagi pengguna pada area coworking agar lebih memikirkan lingkungan.

Recycling diterapkan dengan mengatur pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan efisien.  Dengan menyediakan recycling bins pada area stategis seperti pada pantry dan menyingkirkan tempat sampah biasa. Dan juga menunjuk salah satu staf untuk mengatur semua penglolaan sampah agar lebih tertata.

Selain itu, diberikan notes pada beberapa area tentang pentingnya mengatur sampah agar orang terpengaruh kebiasaan baik tersebut.

Green House Coworking

source by instagram @greenhouse.co.apac

Itulah desain Green house coworking dengan konsep green design. Yuk, kita bersama-sama membuat lingkungan lebih bersih. Hal ini dapat dimulai dari hal kecil seperti yang dilakukan Green house coworking dengan mengatur pengelolaan sampah yang efisien!

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat!

(Celine Prayogo – Universitas Kristen Petra)

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Arsitektur & Interior

Ciptakan Kesan Natural dalam Rumah dengan Produk Rotan

Leave a Reply

Your email address will not be published.