Arsitektur & Interior

Yuk Intip Keunikan Interior Lifestyle Center Paris Van Java Di Bandung!

Pusat perbelanjaan atau yang biasanya kita sebut dengan mall ini, sudah berkembang dengan pesat dengan fasilitas yang baik dan juga lengkap. Tetapi, hanya ada beberapa mall yang menerapkan konsep dan tema yang unik pada arsitektur dan interior bangunan-nya. Salah satunya adalah mall Paris Van Java di Bandung.

Paris Van Java adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Sukajadi, Bandung, Jawa Barat yang diresmikan pada tahun 2006. Paris Van Java dirancang dengan konsep lifestyle center yang open-air.

Mall ini unik karena satu-satunya mall di Indonesia yang mengusung konsep Lifestyle center dengan nuansa tema Eropa, tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal atau pun wisatawan dari luar.

Seperti nama nya, di dalam mall ini pengunjung dapat merasakan suasana seperti berada di kota Paris. Tapi, apa itu konsep Lifestyle center? Biar gak penasaran yuk simak penjelasannya di sini!

Konsep Lifestyle Center di PVJ

Jadi gini, GenkS. Menurut the International Council of Shopping Centers (ICSC), Lifestyle center adalah pusat perbelanjaan nasional kelas atas dengan tempat makan dan hiburan dalam suasana luar ruangan.

Sebagai multi-purpose leisure-time destination, termasuk restoran, hiburan, dan suasana desain dan fasilitas seperti air mancur dan perabot jalan yang kondusif untuk penjelajahan santai.

Konsep Lifestyle center dapat menawarkan kebutuhan belanja dan rekreasi dengan menikmati suasana pusat perbelanjaan yang nyaman dan asri jadi cocok banget nih buat konsep mall yang ada di perkotaan yang padat karena konsep ini dapat memberikan pengunjung suasana mall yang berbeda. Nah, kan kalian sudah sedikit mengerti mengenai apa itu konsep Lifestyle center.

Sekarang, mari kita lihat apa saja keunikan yang terdapat pada interior mall Paris Van Java di Bandung.

Keunikan Interior Mall Paris Van Java

Sumber Gambar : pergiyuk.com

Area interior di Paris Van Java terbagi menjadi dua yaitu area indoor dan area semi outdoor yang mengusung konsep interior mainstreet didukung dengan pemberian street furniture seperti kursi taman dan lampu taman.

Interior Paris Van Java terasa seperti jalanan dikota paris dengan tenant dikiri dan kanan jalan seperti pertokoan, dengan bermacam-macam jenis tenant mulai dari fashion, kuliner dan hiburan.

Sumber Gambar : pikiranrakyat.com

Fasad setiap tenant memberikan keunikan karena di olah mengikuti konsep setiap tenant tanpa ada batasan dengan warna dan bentuk. Sehingga memberikan suasana yang menarik bagi pengunjung karena setiap tenant memiliki ciri khas tersendiri.

Paris Van Java (PVJ) - Cipedes - 1353 conseils

Sumber Gambar : foursquare.com

Material lantai yang digunakan berupa batu serpih berwarna abu dan merah bata yang dimotif sedemikian rupa yang memberikan kesan mainstreet. Material dinding mall cenderung menggunakan batu bata merah ekspos yang kental dengan desain Eropa dilengkapi dengan adanya kanopi kain di beberapa fasad ritel.

Paris Van Java

Sumber Gambar : dolanyuk.com

Bagian plafon interior bangunan menggunakan true ceiling dan semi true ceiling sehingga cahaya alami masuk ke dalam ruang. Bagian plafon diberi lampu gantung, dekorasi kupu-kupu dan beberapa dekorasi kain berwarna-warni yang membuat ruangan terasa ceria dan tidak membosankan.

Paris Van Java

Sumber Gambar : bobcantik.com

 

Di dalam interior Paris Van Java terdapat skyfield yang merupakan taman bunga lengkap dengan menara bambu setinggi 3 lantai. Bangunan ini biasanya digunakan pengunjung untuk berfoto dengan latar berupa hamparan taman bunga berwarna-warni, layaknya taman bunga tulip di Belanda.

Adanya tanaman dan pepohonan hijau di dalam interior mall membuat suasana ruangan terasa nyaman dan asri. Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai interior Lifestyle center Paris Van Java di Bandung, unik kan GenkS!

Penulis:
Cantika Ong | Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!