GenK STORY

Yuk kenalan Dengan Mahkluk Mitologi, Elf!

Makhluk Mitologi Elf

Kalau kalian baca cerita dongeng pasti kamu pernah mendengar karakter elf, bukan? Ada beberapa kisah dongeng yang memiliki tokoh elf. Banyak sekali penggambaran elf ini, dan ciri khas dari elf sendiri adalah telingannya yang runcing menjulang ke atas. Tokoh elf sendiri berasal dari cerita dongeng rakyat. Perwujudan sosok elf sendiri dalam dongeng seperti peri (fairy). Nah biar gak bingung, Ini Dia penjelasan soal mahkluk mitologi, Elf!

Asal-Usul Keberadaan Elf Yang Selalu Muncul di Dongeng

Sumber Gambar : Wallpaperflare.com

Jadi, elf digambarkan bentuknya sering berubah-berubah. Akan tetapi penggambaran sosok elf di setiap cerita juga beda-beda, loh! Banyak yang mengisahkan kalau elf yang tubuhnya kecil, hidup di antara bunga-bunga, dan memiliki sayap yang indah. Kalau di Inggris, elf merupakan sesosok laki-laki yang berperawakan seperti kakek-kakek tua yang tubuhnya sangat keci. Sedangkan elf perempuan seperti sosok perempuan yang cantik lagi muda. Dan lagi-lagi elf yang tinggal di inggris digambarkan seperti sedang tinggal di sebuah kerajaan di dalam hutan, padang rumput ataupun batang-batang pohon.

Sosok elf sendiri dikatakan ditemukan pertama kali pada mitologi Nordik. Negara yang termasuk dalam negara Nordik yaitu Finlandia, Islandia, Norwegia, Swegia, dan Denmark. Bahan sejak ratusan tahun yang lalu, orang-orang sudah percaya mengenai keberadaan elf di dunia ini dan juga keberadaan peri. Sekitar tahun 1500-an, cerita elf mulai banyak yang mendongengkan dan diceritakan. Kemudian menjadi legenda peri dan saat tahun 1800-an, peri dan elf kemudian lebih dikenal sebagai makhluk ajaib. Akan tetapi menurut situs Geek, sebenarnya cerita mengenai elf sendiri berasal dari budaya Jerman. Elf juga digambarkan sebagai peri yang suka membuat masalah dan juga nakal. Bahkan di Jerman, sosok elf pernah digambarkan jadi sosok jahat loh!

Sosok Elf Menurut Beberapa Mitologi

Sumber Gambar : Wallpaper Flare

Ada lagi nih, menurut mitolofi Nordik, sosok elf digambarkan sebagai dua sosok yang terdapat di dunia gelap dan juga di dunia terang. Elf memiliki kekuatan uang ajaib dan berada di dunia yang terpisah. Dan juga di Jerman dianggap sebagai roh hutan yang bisa hidup di dunia milik manusia secara tersembunyi.

Baca Juga :   Bikin Sendiri Resep Odading di Rumah Yuk, GenK!

Menurut seorang Ahli cerita rakyat yang bernama Carol Rose, ia menuliskan di dalam bukunya mengenai sosok elf yang ramah kepada manusia akan tetapi suka balas dendam ketika disakiti oleh manusia. Mereka membalaskan dendamnya dengan menculik bayi, memantrai manusia, mencuri hewan ternak, hingga mencuci susu ataupun roti. Dan ada lagi dalam budaya tertentu, masalah yang di hadapi seseorang juga sering sekali dikaitkan dengan keberadaan elf.

Seperti seseorang ketika rambutnya kusut nah itu disebut “elf lock” atau ikatan elf. Kemudian para anak-anak yang lahirnya memiliki tanda lahir disebut juga dengan “elf marked”. Beberapa kebudayaan yang saat ini masih percaya mengenai adanya elf  ini adalah Islandia.

Huldufolk (Elf di Islandia)

mahkluk mitologi, elf

Sumber Gambar : Bobo

Banyak yang masih percaya mengenai sosok elf terutama masyarakat di Islandia. Mereka mengenal sosok elf ini sebagai “Huldufok”, artinya adalah orang-orang yang tersembunyi. Apalagi mereka di kisahkan juga memiliki rumah yang terbuat dari batu yang besar, mereka tinggal di sana secara sembunyi-sembunyi. Mereka masih percaya bahwa elf itu mempengaruhi pembangunan jalan ataupun bangunan lain karena mereka dikhawatirkan dapat mengganggu rumah-rumah dari para elf. Apalagi sejak tahun 2012, semua tempat yang ada di Islandia dikisahkan sebagai tempat ajaib yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat yang sudah seharusnya di jadikan sebagai warisan budaya.

Kisah Elf Di dalam Cerita Sinterklas

mahkluk mitologi, elf

Sumber Gambar : alicdn.com

Elf juga berkaitan dengan Sinterklas loh, karena sosok ini sering kali muncul dalam cerita dongeng Natal. Di kisahkan bahwa elf menjadi para pekerja di sebuah kantor mainan Sinterklas yang berada di Kutub Utara.

Nah, para elf bisa dibilang lembur sepanjang tahun demi mempersiapkan hadiah dimana Sinterklas akan mengantarkan hadiah tersebut kepada anak-anak yang berada di seluruh dunia. Akan tetapi kisah ini menjadi lebih baru dari pada kisah cerita rakyat elf di Eropa.

Nah, itu tadi ulasan mengenai mahkluk mitologi, elf. Apakah kalian percaya setelah mendengarkan kisah elf tersebut?

About author

Related posts
GenK STORY

Bukan Cuma Atlantis, Ini Dia Beberapa Kota Yang Tenggelam Dan Menggemparkan Dunia

GenK STORY

Ini Dia Deretan Hacker Paling Jago dan Terkenal di Seluruh Dunia!

GenK STORY

Ini Dia Cerita Marie Thomas, Dokter Wanita Pertama di Indonesia

GenK STORY

Sistem Pemerintahan Tertua Di Dunia, Ada Yang Sudah Berdiri Semenjak Sebelum Masehi Loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.