Creativepreneur and Career

Yuk Kenalan Sama Agio Dalam Dunia Investasi!

Agio pertama dikemukakan oleh Von Bohm Bawerk, teori Agio ini mengemukakan apabila seorang yang meminjam uang, ia akan membelanjakan uang tersebut untuk membeli barang-barang keperluannya agar segera menikmati hasil dari barang-barang tersebut. Tentu hal ini berbeda dengan prinsip menabung karena jika ia menginginkan suatu barang harus ditunda terlebih dahulu dengan jangka  waktu tertentu. Nah, penasaran dengan Agio? Sebenarnya apa sih Agio ini? Biar gak penasaran, yuk kenalan sama Agio dalam dunia investasi!

  1. Definisi Agio

Sumber Gambar : prnewswire.com

Menurut KBBI, Agio merupakan selisih antara hasil penjualan saham pada jangka waktu emisi dengan nilai nominalnya. Di Eropa sendiri istilah agio dalam perbankan artinya yaitu sebagai selisih yang diperoleh atau penukaran uang kertas dalam bentuk valuta dan nilai nominalnya sama. Jadi, Agio merupakan keadaan dimana nilai pasar obligasi lebih besar dari nilai nominalnya. Keadaan tersebut yang membuat keuntungan bersih dari menjual saham jauh lebih tinggi daripada harga belinya. Dan yang berarti, orang menganggap nilai keperluan sekarang lebih tinggi dibandingkan yang akan datang.

  1. Penerapan Agio

Sumber Gambar : aanwijzing.com

Di suatu negara, nilai mata uang sama bisa menjadi berbeda nilainya apabila berada pada tempat yang berisi penuh aktifitas berbisnisnya. Contoh dalam penerapannya, nilai mata uang suatu negara akan lebih mahal nilainya jika ditukarkan di bandara karena merupakan tempat kunjungan terakhir, sedangkan mata uang tersebut nilai tukarnya akan lebih rendah ketika sudah berada di kota lainnya. Contoh penerapan nyatanya seperti pusat-pusat perdagangan valuta asing seperti Amerika, Jepang, Singapura dan masih banyak lagi, biasannya yang tidak memiliki pusat pasar valuta asing nilai tukarnya jauh lebih besar dari pada di bandara. Hal ini berarti memiliki keuntungan di setiap transaksinya walaupun dengan jumlah kecil.

  1. Nilai Agio

Sumber Gambar : Bukalapak

Nilai Agio masih berhubungan loh dengan nilai obligasi. Nilai obligasi yang merupakan kesatuan nilai obligasi dari beragam jenis obligasi. Nah nilai agio sendiri merupakan nilai yang didapat dari perbedaan pasar, untuk lebih jelasnya yaitu pertama dengan menentukan nilai obligasi, menentukan nilai intrinsik dan juga pasar kemudian hitung arus perkiraan, lalu estimasikan arus kas tersebut dengan nilai bunga yang telah di diskon, dan yang terakhir menambahkan arus kasnya.

  1. Kaitan Antara Agio dan Disagio

Sumber Gambar : klikpajak.id

Sudah jelas banget bahwa Agio dan Disagio memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Karena keduanya mempunyai hubungan pada hasil transaksi penjualan dan pembelian pada obligasi. Apabila agio mendapat keuntungan untuk penerbit disebabkan cairnya dana dari penjualan. Disagio malah mengalami kerugian akibat penerbit yang mendapatkan dana lebih kecil dari hasil jualan yang tentunya membuat penerbit rugi.

  1. Informasi Mengenai Agio

Sumber Gambar : vifamedia.com

Informasi terkait agio yaitu perbedaan antara dua mata uang yang berada di negara sama yang ditunjukkan kepada Agio. Jadi agio mengacu pada mata uang dari dua negara yang berbeda. Sedangkan yang termasuk premi obligasi sendiri yaitu nilai jual obligasi lebih tinggi dibanding nilai nominal yang telah dibayarkan melalui transaksi valuta asing.

Baca Juga :   Ini Rekomendasi Ide Bisnis di Masa Pandemi untuk Bertahan di Masa Sulit

Nah, jadi sudah tahu kan bahwa agio dalam dunia investasi adalah keadaan kemenangan seorang penerbit saham yang disebabkan karena nilai jualnya jauh lebih besar dari pada nilai nominal yang telah ditentukan. Tapi tidak hanya agio saja lo yang diterima oleh penerbit. Akan tetapi juga disagio yang ketika nilai jualnya tidak tinggi dari nilai beli saham, selamat belajar!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian

Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani

Leave a Reply

Your email address will not be published.