Creativepreneur and Career

Yuk Kenali Fungsi Dari Manajemen Logistik!

Apa yang kamu ketahui mengenai manajemen logistik? Saat ini pekerjaan pada bidang logistik sudah mulai dikenal oleh beberapa masyarakat yang memang bekerja pada perusahaan logistik. Akan tetapi banyak yang masih belum paham mengenai fungsi manajemen logistik apalagi orang awam. Manajemen logistik ini memiliki beberapa peran penting pada perusahaan logistik. 

Manajemen logistik memiliki fungsi manual atau dengan berbantuan seperti aplikasi stok barang. Ada banyak sekali fungsi manajemen logistik yang penting terutama untuk menjaga persediaan barang. Yuk kenali lebih dalam fungsi dari manajemen logistik!

Fungsi Penyimpanan

Sumber Gambar : safewaypallets.files

Fungsi penyimpanan pada manajemen logistik adalah bagian dari aktivitas perusahaan logistik. Fungsi penyimpanan ini berkaitan dengan penyimpanan dan penerimaan produk yang harus disalurkan kepada konsumen dengan tepat. 

Terdapat banyak hal yang berkaitan dengan penyimpanan dan harus memperhitungkan secara matang. Dari situ nantinya kita dapat memperhitungkan tempat mana yang tepat dalam menyimpan produk beserta tracking produk yang hilang. Apalagi penyimpanan berhubungan dengan melihat mana kerugian yang ditimbulkan dari kehilangan suatu produk. 

Fungsi penyimpanan logistik ini harus bisa memastikan bagaimana penyaluran dan penempatan produk yang tepat. 

Mulai dari perolehan produk dari supplier sampai dengan proses distribusi hingga sampai ke tangan konsumen. Memang untuk proses penyimpanannya sendiri cukup rumit tapi dengan manajemen logistik yang tepat pasti akan membantu menjalankan fungsi ini dengan baik. 

Fungsi Pemeliharaan

Sumber Gambar : kargomurah.co.id

Fungsi manajemen logistik berkaitan dengan fungsi pemeliharaan yaitu pemeliharaan produk dari supplier. Pemeliharaan produk harus dilakukan saat produk tiba dan supplier masuk ke dalam tempat penyimpanan.yang nantinya didistribusikan untuk para konsumen. 

Fungsi pemeliharaan ini dimulai dengan menyediakan tempat untuk menyimpan barang dengan kapasitas yang lebih besar. Tatanan atau susunan barang harus bisa rapi dan mudah dikelola. Supaya ketika di data produk tersebut sesuai dengan kondisi nyatanya. 

Terkadang kondisi suatu produk tidaklah baik, nah maka dari itu fungsi pemeliharaan berguna untuk mengetahui produk disimpan dengan tepat dan baik. Pengecekan terus dilakukan guna memantau penyimpanan produk pada tempat penyimpanan. Selain itu, segala bentuk pemeliharaan atau pengecekan produk harus dilakukan secara rutin dan berkala demi terjaganya aktivitas ekonomi pada perusahaan logistik agar berjalan dengan baik. 

Fungsi Pengendalian

manajemen logistik

Sumber Gambar : kargoku.id

Fungsi manajemen/penataan logistik selanjutnya yaitu adalah fungsi pengendalian. Fungsi pengendalian sendiri berguna untuk mengetahui produk yang didatangkan oleh supplier lalu masuk ke dalam gudang penyimpanan dan nantinya dipelihara dengan melakukan pengendalian produk. Hal ini berguna agar para staff melakukan pemantauan terhadap kinerja pada bidang logistik. 

Staf melakukan pemantauan dari bagian perencanaan sampai penghapusan produk dan proses pemeliharaan. Apalagi para manajemen logistik harus lebih hari-hati dan teliti dalam melakukan berbagai perhitungan terhadap kerja staf logistik. 

Apabila terjadi kendala, maka manajemen dan para staff harus segera mencari solusi demi kelangsungan perusahaan. Maka dari itu, peran penataan logistik sangat berpengaruh pada aktivitas perusahaan terkait. Apalagi manajemen logistik sangat diperlukan pada suatu perusahaan terutama pada perusahaan logistik. 

Fungsi Perencanaan

manajemen logistik

Sumber Gambar : mitratrainingcenter.co.id

Fungsi Perencanaan sangat diperlukan, apalagi semua perusahaan pasti memerlukan sebuah perencanaan untuk memulai sebuah aktivitas, Bahkan perencanaan dapat menjadi dasar dalam suatu kegiatan perusahaan. 

Perencanaan yang disusun sesuai dengan aktivitas perusahaan maka akan berlangsung dengan cukup baik dan hasilnya lebih memuaskan dari yang tidak memiliki perencanaan sama sekali. 

Fungsi perencanaan yang didalamnya harus melakukan perencanaan dengan cara meramalkan berbagai kebutuhan terutama sesuai permintaan pelanggan terhadap produk perusahaan. 

Pihak manajemen bertanggung jawab dalam menghitung, menganalisis produk dan menghitung skala prioritas. Selain itu, pihak manajemen logistik harus bisa menghitung ketersediaan produk. 

Fungsi perencanaan memang berkaitan dengan anggaran biaya untuk aktivitas perusahaan maka dari itu sebaiknya perencanaan disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh suatu perusahaan. 

Fungsi Pengadaan

manajemen logistik

Sumber Gambar : finansialku.com

Fungsi pengadaan adalah fungsi yang berkaitan dengan proses penyusunan anggaran seperti yang dijelaskan diatas. Anggaran perusahaan ini diusahakan dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan, apabila terdapat sisa anggaran perusahaan berhak melakukan pengadaan barang yang sifatnya digunakan sebagai pelengkap dalam sebuah perusahaan. 

Anggaran yang dikeluarkan pun tidak boleh sampai berlebihan dan sebisa mungkin sisa anggaran untuk keperluan mendesak lainnya. Jadi fungsi pengadaan harus dilakukan secara tepat dan maksimal demi perusahaan. 

Nah, itu tadi berbagai fungsi dalam manajemen logistik. Di dalamnya terdapat fungsi anggaran, fungsi pengadaan, fungsi penyimpanan, fungsi pemeliharaan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.