Arsitektur & Interior

Yuk Kenali Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Material Lantai Lapangan Badminton!

Material Lantai Lapangan Badminton – Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran tubuh terutama pada masa pandemi ini. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga merupakan salah satu metode yang cukup efektif untuk mereduksi stress karena ketika berolahraga, ada perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh yang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mental.

Salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah cabang olahraga Bulu tangkis / Badminton. Bulu tangkis adalah olahraga raket yang dimainkan dengan menggunakan raket untuk memukul shuttlecock melintasi jaring (net). Bentuk permainan yang paling umum adalah “tunggal” dan “ganda”. Indonesia termasuk negara papan atas dunia dalam olahraga bulu tangkis. Dari generasi ke generasi, selalu ada pebulutangkis Indonesia yang menorehkan prestasi, yang telah dimulai sejak mencatatkan sejarah dengan meraih sepasang medali emas di Olimpiade 1992.

Gedung Pelatihan Bulu Tangkis

Sumber Gambar : jawapos.com

Di Indonesia terdapat banyak gedung pelatihan bulu tangkis yang menunjukkan tingginya minat masyarakat dalam olahraga tepok bulu ini, baik sebagai aktivitas pengisi waktu luang maupun sebagai ajang mencari prestasi.

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam membangun lapangan bulu tangkis adalah jenis material lantai yang akan digunakan. Pemilihan jenis material yang digunakan akan mempengaruhi aspek keamanan, kenyamanan, dan keindahan yang dihadirkan dalam sebuah lapangan bulu tangkis.

Yuk kenali jenis, kelebihan, dan kekurangan material lantai lapangan bulu tangkis!

  1. Lantai Vinyl / Karpet

Sumber Gambar : Badminton Indonesia, 2020.

Lantai vinyl atau karpet sintetis merupakan jenis material yang umum digunakan untuk lapangan bulu tangkis dengan standar nasional atau internasional sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas materialnya.

Kelebihan lantai vinyl adalah tingkat penyerapan cahaya yang baik sehingga tidak memantulkan cahaya ketika bermain. Selain itu, lantai vinyl juga memiliki tingkat kelicinan yang rendah dan tergolong mudah untuk dibersihkan.

Hal tersebut sangat membantu keamanan dan kenyamanan pemain karena permainan bulu tangkis termasuk salah satu olahraga dengan tempo cepat.

Sedangkan kekurangan lantai vinyl adalah pemasangan vinyl harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi gelombang di area lapangan.

Harga material ini tergolong cukup mahal, sekitar 20-50 juta/lapangan. Biaya tersebut masih lebih murah jika dibandingkan dengan lantai kayu atau parket.

Namun penggunaan lantai vinyl ini hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) jenis olahraga, yaitu bulu tangkis. Penggunaan lantai vinyl biasanya digunakan dalam gedung pelatihan dan pertandingan berskala nasional hingga internasional.

2. Lantai Kayu / Parket

Material Lantai Lapangan Badminton

Sumber Gambar : Archdaily

Lantai kayu atau parket umumnya digunakan dalam gedung untuk berbagai kegiatan olahraga secara bersamaan. Lantai kayu memiliki kelebihan dalam segi ketahanan, kekuatan, dan keawetannya sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan parket juga memberikan kesan hangat dan mewah sehingga dapat meningkatkan kesan estetis dalam lapangan. Namun, jenis parket yang digunakan juga harus diperhatikan, seperti memilih jenis parket yang tidak terlalu glossy untuk mengurangi pemantulan cahaya yang terjadi.

Kekurangan dari lantai parket ini adalah biaya pemasangan yang tergolong sangat tinggi. Selain itu beberapa jenis lantai parket memiliki daya serap terhadap air yang rendah sehingga mudah tergelincir.

Penggunaan lantai parket dalam pertandingan bulu tangkis biasanya digunakan untuk cabang para-badminton atau varian bulu tangkis untuk atlet penyandang disabilitas, khususnya kategori pengguna kursi roda.

3. Lantai Keramik

Material Lantai Lapangan Badminton

Sumber Gambar : hendrawijaya.net

Lantai keramik masih umum ditemukan di lapangan bulu tangkis perorangan. Hal ini karena biaya pemasangan lantai keramik yang jauh lebih murah dan tidak diperlukan keterampilan khusus dalam memasangnya.

Selain itu, kemudahan dalam perawatan dan ketahanan lantai keramik juga menjadi faktor pendukung penggunaan lantai keramik dalam lapangan bulu tangkis.

Namun pemilihan jenis, warna, dan tingkat kekasaran keramik menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

Kesalahan dalam pemilihan jenis keramik dapat menyebabkan lapangan menjadi terlalu licin atau terlalu kasar sehingga dapat membahayakan pemain. Penggunaan lantai keramik hanya digunakan untuk pertandingan dengan skala kecil seperti pertandingan sekolah.

Penutup

Nah, itu dia beberapa jenis material lantai beserta kelebihan dan kekurangannya untuk membangun lapangan bulu tangkis. Pemilihan material lantai sangat dipengaruhi oleh budget yang tersedia dan fungsi / tujuan bangunan tersebut.

Tentunya ada harga ada kualitas, lantai parket dapat digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga sehingga dapat meningkatkan fungsi bangunan, namun tidak memberikan kenyamanan bermain bulu tangkis sebaik penggunaan lantai vinyl.

Sedangkan kualitas lantai keramik berada jauh di bawah lantai vinyl dan parket namun harganya sangat terjangkau. Gimana, kalian memilih pakai material apa nih?

Raichia Sukhaya, Universitas Kristen Petra
Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.