Arsitektur & Interior

Yuk Lihat Rumah dengan Konsep Avant Garde yang Unik ini!

Apa itu konsep avant garde? Avant Garde adalah gaya desain yang sangat terkenal pada tahun 1830-1939. Gaya desain ini dimulai dengan lukisan dengan ciri khas yang sangat mudah untuk dikenali, yaitu dengan menggunakan warna primer seperti merah, biru, dan kuning.

Unsur garis yang digunakan dalam Avant Garde sangat kuat sehingga lebih mudah untuk  dikenali. Salah satu contoh lukisan yang terkenal pada saat itu adalah lukisan milik Piet Mondrian. Konsep Avant Garde menunjukkan potensi revolusioner secara sosial, politik, dan budaya melalui banyak seni modern.

Yuk kita lihat contoh rumah yang menggunakan konsep Avant Garde ini!

  1. Piet Mondrian Interior

Sumber Gambar: dwell.com

Rumah ini menggunakan konsep Avant Garde dengan style dari lukisan Piet Mondrian dilihat dari penggunaan garis hitam dan putih pada dinding pada foto kedua dan pembatas ruangan pada gambar pertama, dan furniture yang menggunakan warna kombinasi primer.

Dinding putih polos yang digunakan membuat adanya kontras dan fokus pada furniture yang menggunakan warna terang.

Contoh gaya yang sering diterapkan saat menciptakan pendant light dapat dilihat pada gambar pertama yaitu lampu pendant bundar dengan menggunakan metal.

Lampu ini juga bisa dilihat pada nakas tempat tidur pada gambar pertama.

2. Elegant & Colorful

Sumber: livingetc.com

 

Berbeda dengan rumah sebelumnya, rumah ini memiliki suasana yang lebih gelap dan elegan. Ciri khas Avant Garde masih sangat bisa di rasakan meskipun kombinasi warna lebih gelap. Terdapat penggunaan unsur garis dan kombinasi warna pada karpet, dan profil pada dinding.

Penggunaan furnitur dengan bentuk yang aneh ataupun unik juga termasuk ciri khas dari avant garde. Bentuk sofa dan kursi yang digunakan pada gambar pertama termasuk bentuk yang jarang kita jumpai pada rumah-rumah pada umumnya.

Salah satu ciri-ciri dari gaya desain ini adalah penggunaa standing lamp yang menarik perhatian atau menjadi fokus dalam suatu ruangan. Pada gambar pertama, dapat dilihat penggunaan 2 stading lamp dengan bentuk dan warna yang berbeda yang menjadi perhatian dalam ruangan tersebut.

3. Colorful wih Greenery

Avant Garde

Sumber: architecturaldigest.com

 

Rumah satu ini memfokuskan pada warna furniture dan elemen dekorasi yang digunakan. Kombinasi warna, motif pada karpet, material seperti  kayu dan kain yang digunakan, lukisan klasik membentuk interior yang sangat menyatu satu sama lain.

Penggunaan material dengan ‘feel’ yang berbeda memberikan setiap furnitur karakter tersendirinya. Interior pada rumah ini kelihatan ‘rich’ dari kombinasi tekstur material, motif, dan warna. Walaupun warna dinding yang digunakan adalah putih polos, ruangan ini tidak kelihatan kekurangan elemen  interior.

Unsur-unsur lainnya telah memenuhi kekurangan dari warna dinding polos tersebut. Berbeda denga rumah-rumah sebelumnya, pada rumah ini terdapat tanaman dibeberapa sudut ruangan sehingga ruangan kelihatan lebih segar dan hijau.

4. Fun and Unique

Avant Garde

Sumber: elledecor.com

Rumah yang terdapat di Madrid ini menggunakan gaya desain avant garde. Penggunaan artwork berwarna hijau pada gambar pertama menunjukkan keunikan yang sering digunakan pada gaya desain ini.

Sedangkan lukisan berwarna oranye pada gambar pertama menunjukkann komposisi geometris dengan garis yang sama seperti konsep dari Piet Mondrian. Penggunaan armchair pada gambar pertama dengan bentuk yang unik dan jarang digunakan juga merupakan salah satu konsep avant garde yang digunakan pada rumah ini.

Pada gambar kedua, dapat dilihat standing lamp dengan bola lampu warna-warni dengan rangka besi. Standing Lamp pada gaya avant garde memilliki fungsi yang lebih menuju ke dekorasi daripada sumber cahaya.

Standing Lamp pada gambar kedua memiliki bentuk yang unik dan tidak begitu menghasilkan cahaya yang cukup.

5. Barcelona Chair

Avant Garde

Sumber: archdaily.com

 

ada rumah ini, unsur warna dapat dilihat pada dinding, sekat antara ruangan, furniture. Penggunaan color blocking pada beberapa dinding membuat ruangan lebih ramai.

Pada gambar pertama terdapat ‘Barcelona Chair’ dengan desain oleh Ludwig Mies van der Rohe dan Lilly Reich.

Kedua desainer ini adalah desain terkenal dalam avant garde. Armchair ini sampai saat ini masih sering digunakan, dan dapat ditemukan di marketplace. Kursi ini juga digunakan tidak hanya untuk interior dengan gaya avant garde, tetapi sering dipakai pada seluruh gaya desain.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.