Arsitektur & Interior

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Apa Sih Desain Futuristik Itu?

Desain Futuristik

Perkembangan suatu desain di zaman modern ini sudah mengalami perkembangan yang pesat. Salah satu desain yang mengalami perkembangan dan memiliki tampilan menarik dan cukup nyentrik adalah desain futuristik. Tapi, apa sih desain futuristik itu? Simak ulasannya di sini!

Apa Sih Desain Futuristik Itu?

Gaya desain futuristik ini sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Futurism, yaitu suatu gerakan seni yang ditemukan oleh seorang penyair bernama Filippo Tommaso Marinetti pada 1909. Gerakan ini tidak hanya menarik penyair, musisi, dan seniman, tetapi juga menarik sejumlah arsitek.

Gaya desain ini memiliki nilai dan daya tarik yang berbeda dari kebanyakan desain yang digunakan pada masa sekarang ini, karena futuristik mempunyai arti yang mengarah atau menuju ke masa depan. Maka dari itu, gaya futuristik design merupakan gaya desain masa depan yang menawarkan penampilan modern yang tidak biasa.

Pada bangunan futuristik menggambarkan perencanaan dan pembangunannya tidak berdasarkan oleh sesuatu yang terkait dengan masa lalu, akan tetapi mencoba untuk menggambarkan masa depan.

Bangunan yang menerapkan desain ini harus dapat mengikuti dan menampung tuntutan kegiatan  pengguna yang pasti selalu berkembang dan berubah seiring waktu. Oleh karena itu, berikut ini adalah ciri dan karakteristik dari gaya futuristik dalam penggunaannya pada ruang interior.

Minimalis dan Elegan

Sumber Gambar : pexels.com

Desain futuristik mengadopsi prinsip minimalis yang simpel dan tidak memiliki banyak ornamen ataupun dekorasi yang berlebihan. Prinsip minimalis juga berarti bahwa ruangan ditata semaksimal mungkin supaya tidak terlihat penuh sesak dan terasa lebih luas. Bentuk furnitur yang digunakan desainnya sangatlah simpel dan hanya menggunakan furnitur esensial, dan furnitur yang paling diperlukan di ruangan tersebut. Selain itu, biasanya pada funitur hanya terdapat satu atau 2 warna saja dan tidak menggunakan motif atau corak tertentu.

Mengkilat

Sumber Gambar : pexels.com

Dalam konsep desain futuristik, pemilihan material adalah salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan. Tampilan akhir mengkilap dari ragam material tersebut akan memunculkan kesan futuristik yang elegan, desain ini umumnya menggunakan material yang memiliki tekstur licin, dan material yang umum digunakan yaitu stainless steel, kaca, batu granit, dan marmer. Beberapa material ini dapat memberikan kesan mewah dan “mahal” pada suatu ruangan.

Baca Juga :   5 Alasan Menagapa Kalian Perlu Menggunakan Jasa Desainer Interior

Penggunaan Warna

Sumber Gambar : pexels.com

Warna merupakan aspek yang cukup berperan besar dalam menentukan suasana ruang yang ingin dicapai. Oleh karena itu, untuk menonjolkan desain ini sebaiknya memanfaatkan warna netral dan silver. Selain terlihat futuristik, warna-warna tersebut bisa memberikan kesan elegan pada ruangan. Kombinasikan dan gunakanlah permainan warna tersebut untuk menghasilkan tampilan yang kontras dan indah pada ruangan. Penggunaan warna cerah seperti oranye, kuning, dan sebagainnya sangat tidak disarankan karena dapat menghilangkan kesan futuristik pada desain ruangan.

Aerodinamis dan Ergonomis

Desain Futuristik

Sumber Gambar : pexels.com

Desain futuristik umumnya menggunakan furnitur yang ergonomis. Pemilihan bentuk furnitur akan mengacu pada desain yang bersifat aerodinamis dan memperlihatkan tampilan desain yang modern. Futuristik juga memiliki sifat multifungsi, mudah untuk digunakan, dan dipindah-pindah. Tujuan dari funitur yang multifungsi dan mudah dipindahkan adalah untuk menghasilkan sebuah desain yang timeless atau tidak terbatas oleh waktu dan tidak tertinggal zaman.

Pemanfaatan Teknologi

Desain Futuristik

Sumber Gambar : unsplash.com

Sebuah desain tanpa dilengkapi dengan sistem teknologi yang sangat canggih tidak dapat disebut sebagai futuristik design. Penggunaan teknologi atau sistem otomatis biasa disebut smart home. Di dalam sebuah hunian contohnya, semua perangkat elektronik dalam rumah bisa terhubung lewat ponsel dan dimonitor. Baik cctv hingga cahaya lampu bisa diatur melalui ponsel.

Hal tersebut tentu akan melengkapi desain hunian bergaya futuristik milikmu. Mengadopsi dan memanfaatkan teknologi yang ada dan mengaplikasikannya secara estetis, serta penggunaan sistem teknologi atau nirkabel akan semakin mempermudah pengguna dalam menjalankan aktivitas.

Penggunaan LED

Desain Futuristik

Sumber Gambar : pexels.com

Nah, salah satu hal tidak kalah penting yaitu pencahayaan. Pencahayaan dapat menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi gaya futuristik.

Pemilihan jenis lampu yang tepat juga menjadi poin yang tidak boleh terlewatkan. Untuk memunculkan kesan futuristik, jenis lampu yang digunakan adalah lampu berjenis LED yang terang dan memiliki berbagai warna yang bisa diatur secara nirkabel. Untuk meningkatkan estetika, lampu-lampu LED bisa dipasang dibalik kaca akrilik atau repetisi untuk memberikan efek bias cahaya yang indah.

Berdasarkan beberapa poin diatas, bisa dilihat banyak sekali keunggulan dan keindahan dari desain futuristik ini. Tertarik untuk mencoba? Yuk terapkan beberapa poin diatas!

Penulis : Wendy Wijaya
Mahasiswa Prodi Desain Interior, Universitas kristen Petra
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Apa Aja Sih, Yang Dibutuhkan Ruang Podcast Supaya Tampil Menarik dan Profesional

Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Leave a Reply

Your email address will not be published.