Game & Teknologi

Yuk Nostalgia dengan 4 Media Sosial yang Populer Pada Jamannya

Seiring berkembangnya jaman, teknologi tentu juga semakin berkembang. Maka tak heran jika kamu juga banyak menemukan berbagai platform atau ragam media sosial yang baru. Twitter, Facebook atau bahkan Instagram memang merupakan tiga platform yang saat ini populer di antara berbagai kalangan.

Walau demikian, sebelum kepopuleran ketiga media sosial tersebut, ada juga loh beberapa media sosial yang juga sempat populer. Tak hanya di Indonesia, media sosial tersebut juga sempat menjadi populer di dunia.

1. Friendster

Friendster. (Sumber: techwelike)

Di era 2000-an, salah satu media sosial bernama Friendster ini begitu populer. Dibangun pada 2002 oleh seorang programmer Jonathan Abrams, media sosial ini berkembang dengan cepat. Perkembangan tersebut tercatat dari adanya 115 juta pengguna dunia hanv mengakses dan menjadi anggota Friendster.

Walau begitu, kepopuleran media sosial ini pun tidak berlangsung lama. Permasalahan teknis yang sempat terjadi pada 2006, membuat penggunanya mengalami penurunan drastis di Amerika Serikat. Di tahun 2009, Friendster sempat dibantu desain ulang dari para pengguna di wilayah Asia Tenggara.

Meski begitu, tetap saja dua tahun berselang Friendster ditinggalkan oleh banyak pengguna hingga akhirnya media sosial ini berubah menjadi situs bermain game.

Disamping itu, Friendster sempat menjadi populer karena memiliki keistimewaan seperti kamu bisa tahu siapa saja teman yang mengunjungi halaman profil. Selain itu, kamu juga bisa menganti background sesuai keinginan dan juga menambahkan widget seperti music player dan tentu saja animasi glitter di tampilan profil.

Baca Juga :   Civil Media: Tren Media Sosial yang Baik dan Bermanfaat

2. MySpace

MySpace. (Sumber: zonamovilidad)

Tak hanya Friendster, media sosial yang juga sempat populer pada era 2000-an lainnya adalah MySpace. Di Myspace sendiri kamu bisa membuat tulisan ala blog, mengunggah foto hingga mengunggah musik dan video bisa kamu lakukan di Myspace. Myspace juga banyak digunakan para seniman untuk memamerkan karya-karyanya seperti demo lagu sampai foto-foto atau gambaran hasil karya tangannya.

Saat berada di puncak, pengunjung MySpace bahkan tercatat hingga 75,9 juta orang dalam sebulannya. Walau demikian, kepopulerannya juga tidak bertahan lama hingga penggunanya pun semakin mengalamu penurunan.

Kepemilikan MySpace sempat beralih ke Viant di tahun 2011 silam. Viant membeli platform tersebut senilai US$ 35 juta atau sekitar Rp 471 miliar. Walau begitu, pada Februari 2016 Time Inc secara resmi mengumumkan akuisisi Viant. Dengan adanya akuisisi tersebut, Time Inc telah menggabungkan data, analisis, dan iklan pelanggannya dengan data yang dimiliki Viant.

Baca Juga :   Kuis Seberapa Kecanduannya Kamu dengan Media Sosial
About author

Related posts
Game & Teknologi

Wah, Keren! Kamu Sekarang Bisa Translate Story Instagram, Begini Caranya

Game & Teknologi

Cara Live TikTok: Ini Panduan Lengkap Step-by-Step untuk Meningkatkan Engagement-mu!

Game & Teknologi

Lagi Nyari Situs Streaming Film Resmi? Ini Dia Daftarnya!

Game & Teknologi

Ini Dia Aplikasi Untuk Download Video YouTube Yang Wajib Kamu Tau!