Game & Teknologi

Yuk Simak, Cara Bikin Wireframe Website dengan Mudah!

Apa kamu lagi belajar cara untuk bikin wireframe website? Pas banget kali ini kita bakal mempelajari cara membuatnya. Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah ini, tenang aja. Kita pelajari dulu sekilas. Langsung aja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Pengertian Wireframe Website

Sumber Gambar : Hubspot.com

Wireframe merupakan cara bikin desain website secara struktural. Jadi, kegunaannya buat menempatkan konten serta fungsi-fungsi lainnya di halaman website. Disertai dengan pertimbangan tentang kebutuhan dan perjalanan user atau pengguna. Wireframe juga dipakai di tahap awal pengembangan website

Tujuan wireframe yaitu buat memahami visual halaman yang masih di tahap awal sebelum proses desain dimulai. Kamu juga bisa pakai wireframe buat bikin navigasi, agar dapat memastikan kalau struktur website udah memenuhi keinginan pengguna.

Cara Bikin Wireframe Website

Sumber Gambar : techfor.id

Berikut cara pembuatannya, ada 8 langkah, ya. 

Melakukan Riset

Sumber Gambar : Folderseo.com

Sebelum bikin wireframe, pahami dulu siapakah audiens kamu. Lakukan riset pengguna, biar kamu tahu apa aja yang dibutuhkan. Kemudian, bikin persona pengguna, jelaskan proses penggunaan, dan lengkapi semuanya dengan melakukan riset untuk bidang industrimu dan pesaingmu.

Bikin Desain untuk Proses Pembuatan Wireframe

Sumber Gambar : techfor.id

Tiap desainer punya cara berbeda buat pakai kode dan visual yang juga nggak sama satu dan lainnya. Kamu tentukan sendiri prosesmu. Contohnya bisa dibikin gini: wireframe pakai Illustrator > hi-def wireframe pakai Illustrator > visual pakai photoshop > kode pakai CSSGRID.

Pilih Tools yang Mau Dipakai

Sumber Gambar : tutsplus.com

Selanjutnya kamu perlu memilih tools atau software untuk bikin desain wireframe website. Ada software gratis. Ada software berbayar. Pilih aja sesuai dengan kebutuhan kamu. Sesuaikan dengan gaya desain dan modal yang dipunya. Ada beberapa rekomendasi seperti Balsamiq, ProtoShare, Indesign, dan lainnya. 

Tentukan Pengaturan Grid

Sumber Gambar : techfor.id

Kamu bisa pakai Illustrator maupun tools atau software lainnya. Nanti disesuaikan aja langkah-langkahnya. Kalau pakai Illustrator, pertama kamu atur dulu ukuran dokumen. Misalnya, kamu pakai ukuran 1280 x 900. Nanti bisa bikin skala resolusi mobile sampai maksimum 1.140 piksel. Kalau udah, tempatkan template yang kamu unduh dari Cssgrid pada desain kamu.

Sumber Gambar : techfor.id

Bikin Layout Pakai Kotak

Sumber Gambar : techfor.id

Sekarang, mulailah kamu gambar kotak di grid yang tadi udah kamu input. Urutkan informasi yang mau kamu berikan ke pengunjung website. Biar gampang, mulailah dari bagian atas, dan arahnya kiri ke kanan. Misalnya, kamu bikin layout di atas sendiri ada logo dan navigasi, banner di bawahnya, baru di bawah banner ada fitur-fitur, dan terakhir footer.

Urutkan Informasi Pakai Tipografi

Sumber Gambar : techfor.id

Sekarang desain layout tadi bisa mulai diisi konten. Dikit-dikit aja, biar kamu bisa lihat, apakah informasinya udah tertata dengan baik. Apa strukturnya udah tepat. Pastikan informasinya jelas sekaligus gampang dibaca.

Pakai Grayscale untuk Memoles Wireframe

Sumber Gambar : techfor.id

Dengan memakai grayscale, kamu bisa tentukan kekuatan visual di wireframe kamu, sebelum diterapkan di website. Jadi, kamu lihat tampilan desain tanpa perlu memberinya warna.  

Ganti Format Wireframe ke Bentuk Visual

Sumber Gambar : techfor.id

Kalau kamu pakai Illustrator buat wireframe, bakal mudah untuk mengekspor ke format .psd. Kamu juga bisa mengedit jenis-jenis lapisannya. Jadi, apapun tools atau software yang kamu pakai, proses terakhir yaitu wireframe diubah formatnya menjadi visual.

Oke itu tadi cara untuk bikin wireframe website. Gampang aja, kan. Tinggal kamu sesuaikan dengan tools yang kamu pakai. Selamat mencoba.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?