Arsitektur & Interior

Yuk Simak Konsep Industrial Dari Cafe Linikopi

Di masa sekarang ini banyak cafe shop yang bermunculan. Cafe-cafe ini biasanya menjual beberapa menu saja dan menu yang paling banyak dijual biasanya berupa kopi dan juga beberapa makanan ringan. Tidak bisa dipungkiri bahwa dimasa sekarang ini banyak cafe-cafe yang menggunakan konsep industrial.

Beberapa hal yang membuat konsep ini banyak digunakan adalah karena penerapan bahan yang digunakan mulai dari dinding , lantai, plafon, dan juga perabot menggunakan bahan-bahan yang diekspos dengan minim finishing dimana hal ini meminimalkan biaya yang dikeluarkan.

Meski begitu, suasana yang nyaman dan pencahayaan yang digunakan juga harus diperhatikan agar cafe memiliki penampilan yang mengundang perhatian pengunjung.

Seperti yang bisa kita lihat dari cafe Linikopi.id ini yang merupakan salah satu Cafe berkonsep industrial. Berlokasi di Surabaya tepatnya di Kantor Pos Jalan Gayung Kebonsari No.42a. Maka dari itu, yuk kita review gimana sih penerapan konsep industrial dari Linikopi ini sendiri.

Interior Depan Cafe Linikopi

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Pada bagian depan cafe ini terdapat area outdoor di halaman depan dari cafe Linikopi ini. Bagian outdoor ini memiliki desain yang terbuka. Untuk lantai yang digunakan yaitu menggunakan material batu-batuan.

Perabot yang digunakan pada bagian outdoor ini yaitu menggunakan meja bar yang terbuat dari semen dengan kaki meja berupa besi, Meja bundar yang berbahan metal dan kursi bar dan kursi outdoor biasa yang menggunakan bahan kayu untuk dudukan dan kaki kursi menggunakan bahan besi.

Konsep Industrial

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Bangunan fasadnya dapat dilihat menggunakan bahan batu-bata merah yang sengaja diekspos. Hal ini sangat menunjang konsep industrial yang digunakan karena batu-bata ekspos memang identik sekali dengan gaya industrial.

Selain menggunakan batu-bata, terdapat juga bukaan yang berupa jendela dan pintu kaca. Jendela dan pintu ini sendiri menggunakan kaca bening yang lebar dan juga menggunakan rangka besi yang berwarna hitam. Selain itu, ditambah juga dengan adanya signage cafe berupa stiker putih yang ditempel pada kaca pintu masuk dari cafe ini.

Interior Dalam Cafe Linikopi

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Pada saat memasuki cafe ini, dapat kita lihat bahwa penggunaan  dinding batu-bata ekspos masih diterapkan pada bagian indoornya.

Penerapan dinding dan lantai semen ini juga merupakan salah satu ciri dari konsep industrial. Untuk bagian plafon dari cafe ini langsung memperlihatkan bagian atap yang berwarna hitam tanpa menutupnya dengan gypsum.

Perabot yang digunakan pada area indoor ini menggunakan meja dan kursi yang menggunakan bahan kayu dan besi. Untuk kayu-kayu yang digunakan menggunakan warna coklat asli kayu dan untuk warna besi yang digunakan adalah warna hitam sama dengan besi yang digunakan untuk area outdoor.

Terdapat bukaan yang maksimal dengan rangka besi hitam sehingga pencahayaan yang masuk maskimal. Terdapat juga perabot meja kursi berbahan rotan dan juga kulit yang diletakan di tengah ruang area indoor sebagai vocal point dari ruangan ini.

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Pada area kasir dan order area menggunakan desain meja kasir semen ekspos yang dipadukan dengan dinding batu-bata ekspos. Untuk area dapur dari cafe ini berada pada ruangan belakang kasir dengan akses melalui pintu kaca yang memiliki rangka kusen hitam.

Hal ini dapat diterapkan juga untuk memanipulasi pintu tersebut sebagai dekorasi cermin dengan rangka besi hitam sehingga pengunjung tidak langsung mengetahui bahwa itu merupakan pintu akses menuju dapur.

Konsep Industrial

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Cafe ini juga memiliki lantai 2 yang bersifat semi outdoor dan dapat diakses melalui tangga disamping pintu masuk menuju ke lantai 1 yang menggunakan tangga besi berwarna hitam dengan reling berwarna hitam juga.

Pada bagian lantai 2 ini hanya digunakan sebagai area makan  dengan perabot yang digunakan yaitu meja dan kursi yang berbahan kayu dan juga besi dengan kayu yang berwarna coklat asli kayu dan besi berwarna hitam.

Akhir Kata: Konsep industrial pada cafe Linikopi

Konsep Industrial

Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Secara garis besar dapat dilihat bahwa penerapan konsep industrial yang ada pada cafe ini sudah terlihat dengan jelas. Mulai dari penggunaan lantai semen, dinding semen dan batu-bata yang diekspos dan juga plafon yang langsung memperlihatkan rangka atapnya.

Material-material yang digunakan pada perabotnya juga meja kasir yang berbahan semen, meja dan kursi yang digunakan berbahan metal, kayu, dan juga besi berwarna coklat dan hitam.

Dan yang terakhir dapat kita lihat pada pencahayaan dan juga penggunaan warna dari cafe ini. Dimana pencahayaan dalam ruangan ini memaksimalkan pencahayan alami dari luar dengan bukaan -bukaan yang cukup.

Untuk warna yang diterapkan sendiri merupakan warna-warna netral dan monokrom. Mulai dari warna hitam, abu, dan coklat. Yang mana warna-warna ini merupakan warna yang banyak digunakan pada konsep industrial.

Sekarang udah tau kan ciri konsep industrial cafe Linikopi itu seperti apa. Jika anda mencari cafe dengan suasana yang nyaman untuk bekerja, nongkrong atau yang lainnya, cafe ini bisa jadi salah satu pilihan cafe yang bisa anda kunjungi loh. Jangan lupa mampir ya!

Penulis: Demetria Stacey (Mahasiswa Prodi Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Makin Betah di Kamar dengan Dekorasi Bernilai Personal

Arsitektur & Interior

Desain Interior untuk Gaya Hidup Sehat dengan Desain Biofilik

Arsitektur & Interior

Cara Memikat Minat Pengunjung Untuk Balik Ke Workshop Gallery Anda

Arsitektur & Interior

Pemanfaatan Furniture Bekas Dan Sampah Plastik Untuk Produk Interior

Leave a Reply

Your email address will not be published.