Creativepreneur and Career

Yuk, Tingkatkan Skill Customer Service Kamu dengan 10 Tips Ini

Customer service dan kemajuan bisnis punya ikatan yang sangat erat, lho, GenKs. Mereka bertugas memberikan layanan terbaik agar konsumen merasa nyaman ketika bertransaksi atau mengadukan suatu masalah. Itulah kenapa kamu butuh skill customer service mumpuni agar bisnis yang kamu jalankan bisa makin berkembang dan sukses. Nah, berikut ini adalah 10 tips meningkatkan skill customer service dalam bisnis yang akan menguntungkanmu:

  1. Kesabaran dan Perhatian

Sumber Gambar : crewhu.com

Skill customer service pertama yang harus, pake banget, kamu kuasai adalah kesabaran dan perhatian. Dengan keterampilan ini kamu bisa menghadapi segala bentuk suara konsumen, mulai dari komplainan pelanggan yang biasa-biasa aja hingga keluhan yang penuh kata-kata makian, dengan sempurna, guys.

2. Kemampuan Beradaptasi

Sumber Gambar : callcentrehelper.com

Untuk menghadapi sikap konsumen yang pastinya selalu berbeda-beda, yang bisa berubah dari satu waktu ke waktu berikutnya, sebagai orang yang berkutat di bidang layanan pelanggan, kamu harus punya kemampuan beradaptasi dan juga membaca suasana hati mereka.

3. Respon Cepat Tanggap

Sumber Gambar : nubitel.co

Hal yang nggak kalah penting untuk kamu kuasai agar bisa jadi customer service handal dan profesional adalah kemampuan memberikan respon yang cepat dan tanggap terhadap segala kebutuhan maupun keluhan pelanggan agar mereka merasa puas dengan layanan dari tokomu dan jadi pelanggan, deh.

4. Memberikan Solusi yang Tepat

Sumber Gambar : entrepreneur.com

Gara-gara pelayanan yang lambat, produk yang dikirim salah, adanya kerusakan atau berbagai permasalahan lain, pasti pelanggan ingin solusi tepat. Nah, untuk meningkatkan kepuasan konsumen yang berbelanja di toko kita, pastikan kamu bisa menyelesaikan masalah mereka dengan cepat.

5. Skill Berbahasa yang Baik

Sumber Gambar : business.com

Penggunaan gaya bahasa, pemilihan kosa kata hingga penyusunan kalimat harus sangat diperhatikan ketika kamu ingin berinteraksi dengan pelanggan, baik itu secara langsung, via sambungan telepon atau melalui pesan SMS maupun chatting. Ingat, kuncinya, jangan sampai kamu ikut terbakar emosi.

Baca Juga :   Mengenal Mark Up dan Mark Down untuk Harga Jual, Penting untuk yang Buka Usaha

6. Pengetahuan yang Baik tentang Produk

Costumer Service

Sumber Gambar : propertybase.com

Hayo, jangan pernah coba-coba jadi customer service tanpa skill mendalam tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan, lho, GenKs. Karena ini adalah kemampuan dasar yang harus kamu kuasai secara mendetail agar bisa memberikan informasi seakurat mungkin kepada konsumen.

7. Komunikatif dan Responsif

Costumer Service

Sumber Gambar : cloudinary.com

Selain informasi, kamu juga harus bisa memberikan pelayanan yang ramah dan responsif kepada para konsumen. Gunakan bahasa positif saat melayani pembeli baru, pembeli tetap maupun pembeli lama, ya, guys. Kecepatan pelayanan serta kejelasan berkomunikasi adalah dua elemen penting dalam bisnis.

8. Meminta Feedback dari Customer

Costumer Service

Sumber Gambar : thoughtco.com

Jobdesk lain dari seorang customer service yang sayangnya jarang banget diterapkan, adalah mengumpulkan feedback dari pelanggan. Feedback ini bisa seputar pelayanan, produk, bonus atau pun berkaitan dengan brand. Dengan begitu kamu bisa mengevaluasi apa yang kurang dan perlu diperbaiki.

9. Peduli terhadap Keinginan Pembeli

Costumer Service

Sumber Gambar : financesonline.com

Customer service nggak cuma berkewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik atas permintaan konsumen, lho,GenKs. Tugas seorang customer service lebih dari itu. Kamu harus bisa menunjukkan rasa peduli dan perhatian yang penuh pada pelanggan. Ini adalah syarat demi kelancaran dalam komunikasi.

10. Fokus pada Goal-mu

Costumer Service

Sumber Gambar : idgesg.net

Di saat pembeli mendapat pengalaman nggak menyenangkan, tugasmu sebagai customer service cuma satu, GenKs, yakni mengendalikan situasi sebaik mungkin dan dengan tetap fokus pada tujuan akhir agar kedua pihak bisa sama-sama mencapai hasil yang diinginkan.

Itulah 10 skill customer service yang harus kamu kuasai jika ingin sukses dalam menjalani bisnis.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula