Arsitektur & Interior

Sayang Bumi dan Dompet Kamu dengan 4 Tips Zero Waste Ini

Gaya hidup minim sampah alias zero waste lifestyle kini semakin banyak diminati oleh masyarakat zaman sekarang. Kesadaran akan pentingnya kontribusi individu untuk melestarikan lingkungan dan bumi sudah menjadi sebuah nilai baru yang dipegang banyak orang, khususnya para milenial. Menjalankan zero waste lifestyle itu sebenarnya tidaklah sesulit yang kamu bayangkan loh. Dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana seperti berikut ini. 

1. Siap Sedia Buku Catatan

Sumber: pexels.com

Zero waste lifestyle yang paling simpel dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja adalah dengan beralih ke sistem paperless, alias mengurangi penggunaan kertas. Buat kamu yang sedang bekerja dan sering rapat di hotel, coba deh untuk tidak menggunakan lembaran kertas yang biasa disediakan, tapi gunakan buku sendiri agar tidak menghasilkan sampah. 

Salah satu alternatif, selalu sediakan kertas reuse di tas kamu, jadi bisa gunakan kertas itu saat bukumu tertinggal. Prinsipnya sama dimana-mana, semakin banyak material yang kamu gunakan, semakin besar pula potensi kontribusi sampah kamu. Lebih baik lagi jika kamu memang merasa nyaman, cobalah untuk latihan menulis lebih sering dengan memakai HP, jadi bisa benar-benar zero waste

2. Jalan Sehat, Jalan Hemat

Sumber: pexels.com

Jangan dulu sedih pas melihat tips zero waste lifestyle yang satu ini. Berjalan kaki merupakan langkah yang bisa kamu tempuh untuk mengurangi jejak carbon footprint dari penggunaan kendaraan yang memakai bahan bakar fosil. Langkah ini mungkin tidak selalu mudah dan nyaman untuk dilakukan, maka dari itu cara yang paling sederhana adalah dengan melakukannya perlahan-lahan. 

Dimulai dari menghitung waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk pergi ke suatu tempat serta jaraknya dengan lokasimu. Jika memang kamu akan pergi ke lokasi yang ada di seberang jalan atau sekitar 100-200 meter, tidak ada salahnya untuk berjalan kaki ke tempat tujuan. Selain hemat biaya karena gak perlu nyewa ojol, kamu yang pengen diet bakal sangat terbantu dengan berjalan kaki yang hitung-hitung sebagai olahraga ringan. 

3. Beli Secukupnya

Sumber: pexels.com

Kamu cenderung masuk ke kategori pribadi impulsif yang suka belanja sesuatu secara berlebihan tanpa pikir panjang? Waktunya mencoba untuk jadi lebih bijak dengan zero waste lifestyle. Daripada mubazir dan buang-buang uang membeli sesuatu yang belum tentu kamu konsumsi, mending lakukan penghitungan cermat sebelum kamu berbelanja. 

Pengen merasakan nikmatnya segelas jus pisang buatan sendiri di rumah? Ukurlah porsi yang biasanya bisa dengan mudah kamu habiskan agar nanti pas sedang membeli bahan yang dibutuhkan, kamu tak perlu lagi memborong secara berlebihan. Satu sampai dua pisang saja sudah lebih dari cukup, kecuali kamu ingin membuat porsi untuk beberapa orang. 

Begitu pula saat sedang makan setiap harinya. Mubazir itu gak baik loh, buat dompet dan juga untuk planet kita. Belilah makanan atau minuman yang beneran kamu yakin bisa dikonsumsi sampai habis tanpa sisa. Jangan sampai kamu membeli cuma karena impulsif ada promo semata atau gara-gara ikutan tren dan ajakan teman doang. 

4. Reuse

Sumber: pexels.com

Inti dari zero waste lifestyle adalah bagaimana kamu bisa memaksimalkan suatu produk sebaik mungkin sehingga residu yang dihasilkan jadi lebih minim atau tidak ada sama sekali. Hal ini berlaku untuk berbagai macam hal. Mulai dari makanan, pakaian, alat elektronik, sampai peralatan tulis. Manfaatkanlah sesuatu hingga benar-benar sudah tidak bisa dipakai lagi barulah beralih ke barang baru. 

Kebiasaan mengganti sesuatu seperti HP karena kerusakkan kecil sering membuat orang tak sadar jika sampah yang dihasilkan justru semakin bertambah. Daur ulang kembali sesuatu yang kamu miliki agar bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain atau donasikanlah ke orang lain yang lebih membutuhkan. 

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Merawat Tangki Air Agar Bebas Lumut dan Tahan Lama

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian