Berkreasi di Ponsel dengan Aplikasi Edit Foto Serbaguna Ini

Dibaca Normal: 6 menit aja
aplikasi edit foto

Di zaman sekarang, hampir semua ponsel sudah dilengkapi dengan perangkat kamera berlensa kualitas tinggi dan fitur lainnya. Akan tetapi, pasti tidak jarang kamu kurang puas dengan hasil jepretanmu. Mengulang momen yang sudah dipotret pun seringkali tak mungkin. Di sinilah aplikasi edit foto berguna!

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Serbaguna

Seiring kian beragamnya aplikasi jenis ini, kamu semakin gampang memilih fitur yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Tak hanya untuk mengedit seputar color grading, sekarang juga ada aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat logo dan tipografi. Apabila kamu tertarik berkreasi dengan jepretanmu, kami memiliki beberapa rekomendasi aplikasi editing serbaguna yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store atau AppStore. Apa aja sih aplikasinya? Yuk kita bahas, GenK!

PicsArt

Aplikasi edit foto pics art

PicsArt (Sumber: wikiwand.com)

Aplikasi yang masih digandrungi hingga saat ini adalah PicsArt. Terbukti, aplikasi yang dirilis sejak 4 November 2011 di Android ini sudah diunduh oleh lebih dari seratus juta orang. PicsArt adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit gambar, color grading, kolase, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan Windows.

Akan tetapi tidak semua fitur bisa kamu akses. Kamu harus berlangganan PicsArt Gold untuk mengakses semua fitur. Eh tapi tenang, GenK, walaupun tidak berlangganan PicsArt Gold, kamu tetap bisa menikmati banyak fitur. Ada edit foto, stiker gratis, membuat stiker sendiri, clipart, menggambar, kamera, photo remix, dan lain-lain. Hasil foto yang sudah kamu edit bisa kamu bagikan di beranda, GenK.

  • PicsArt untuk Edit Color Grading
Aplikasi edit foto 2

Color Grading (Sumber: PicsArt)

Bermacam-macam filter warna bisa kamu temukan di aplikasi PicsArt, tergantung mood apa yang ingin kamu bangun di foto. Apabila kamu sudah mengunduh PicsArt, pilih foto yang ingin kamu edit, lalu pilih tombol Effects. Di sana ada pilihan Fx yang berisikan beragam filter warna untuk color grading. Ada HDR, Light Cross, Dodger, Noise, Glitch, CRNG, VHS, WAVE, Seafoam, Drama, Cinerama, Film, dan masih banyak lagi.

aplikasi edit foto 3

Color Grading dengan tools (Sumber: PicsArt)

Selain lewat menu Effects, kamu juga bisa mengubah-ubah color grading melalui menu Tools. Di dalam menu tersebut ada yang namanya Adjust yang digunakan untuk mengatur terang, kontras, ketajaman, saturasi, bayangan, dan lain-lain. Perbanyak latihan untuk menata color grading, dijamin hasilnya semakin memuaskan layaknya fotografer profesional!

aplikasi edit foto 4

Tekstur (Sumber: PicsArt)

Tidak hanya color grading, kamu juga bisa bermain tekstur di pilihan menu Magic. Ada bentuk Flora, Pastel, Undead, White Ice, Feast, Rainbow, dan lain-lain. Setiap tekstur memiliki warna bawaannya, GenK. Apabila kamu ulik lagi, di menu Effects ada menu yang menyediakan fitur, Artistic, Pop Art, Paper, dan lain-lain.

  • PicsArt untuk Edit Logo
aplikasi edit foto 6

Edit logo (Sumber: PicsArt)

Ternyata aplikasi PicsArt juga bisa digunakan untuk membuat logo, GenK. Ada menu Sticker yang menyediakan berbagai macam jenis stiker gratis. Kombinasikan stiker dengan elemen desain lainnya sampai membentuk sebuah logo yang diinginkan. Namun kreativitas kamu harus diuji pada saat membuat logo, karena tidak semua elemen yang ada di PicsArt cocok untuk dijadikan logo.

  • PicsArt untuk Edit Tipografi
aplikasi edit foto 7

Edit tipografi (Sumber: PicsArt)

Menu Text adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengedit tipografi. Di dalamnya ada beberapa pilihan mempercantik tipografi, seperti jenis huruf, warna, tebal-tipis, bayangan, dan lain-lain yang berkaitan dengan huruf. Namun sayang sekali kamu belum bisa untuk mengunduh jenis huruf baru ke dalam aplikasi ini.

Baca Juga
7 Tips Mudah Cara Membuat Foto Siluet untuk Pemula

Canva: Graphic Design & Logo, Flyer, Poster Maker

aplikasi edit foto 8

Aplikasi Canva (Sumber: commons.wikimedia.org)

Dari namanya saja, kamu pasti sudah terbayang apa sebenarnya fungsi aplikasi Canva. Aplikasi ini dirilis di Android pada 27 November 2017, tapi sebelumnya juga sudah pernah dirilis di web pada tahun 2012. Canva merupakan situs web dan aplikasi ponsel yang menyediakan fitur-fitur desain grafis dengan menggunakan format drag and drop. Fitur desain grafis yang ada pada aplikasi ini adalah edit foto, grafik, dan tipografi. Aplikasi ini sangat membantu terutama untuk kamu yang bukan desainer.

  • Canva untuk Edit Color Grading
aplikasi edit foto 9

Color Grading Canva (Sumber: Canva)

Filter warna yang bervariasi bisa kamu temukan di aplikasi Canva. Cara penggunaannya pun tidak sulit. Apabila kamu sudah mengunduh Canva, pilih foto yang ingin kamu edit terlebih dahulu. Lalu pilih menu Filter untuk menata color grading. Ada jenis filter Cali, Drama, Edge, Epic, Grayscale, Retro, Summer, dan lain-lain. Namun sayang sekali, filter warna di aplikasi Canva tidak terlalu banyak, karena sebenarnya aplikasi ini lebih fokus pada elemen desain grafis seperti bentuk-bentuk yang unik.

  • Canva untuk Edit Logo
apliaksi edit foto 10

Edit logo di Canva (Sumber: Canva)

Nah ini dia kelebihan yang paling menonjol dari aplikasi Canva. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat logo secara instan, GenK! Wah kok bisa ya? Bagaimana caranya? Setelah mengunduh Canva di ponsel, saat pertama kali masuk ke dalam aplikasinya, kamu langsung pilih menu Templates. Di sana terdapat berbagai jenis template, seperti logo, kartu nama, kartu undangan, label, resume atau lamaran kerja, poster, dan lain-lain yang tentunya dilakukan secara instan.

Pilihlah menu Logo yang ada di deretan template Canva. Setelah masuk ke menu Logo, kamu langsung disambut dengan berbagai macam kategori logo, seperti logo fashion, merek, komputer, makanan, minuman, olahraga, cafe, game, kecantikan, dan lain-lain. Pilih kategori logo sesuai dengan kebutuhan kamu, GenK.

  • Canva untuk Edit Tipografi
aplikasi edit foto

Edit tipografi (Sumber: Canva)

Dengan aplikasi Canva, kamu juga bisa mengedit tipografi kok, GenK. Bila kamu membuka menu Text, kamu langsung disuguhkan dengan berbagai jenis huruf beserta template tulisan. Jenis huruf yang ada di Canva tergolong banyak dan menyediakan huruf-huruf modern. Keren banget kan aplikasi Canva?

Baca Juga
Pentingnya Food Photography untuk Promosi Restoran

Aplikasi Edit Foto Lainnya

Sebetulnya, di samping aplikasi-aplikasi tersebut, ada beberapa opsi aplikasi edit foto lain, GenK. Namun, karena fiturnya terbilang lebih terbatas dibanding aplikasi di atas, aplikasi-aplikasi ini mungkin hanya bisa memenuhi kebutuhan kamu secara terpisah, misalnya untuk color grading saja atau untuk tipografi saja. Apa saja opsi aplikasi lain yang bisa kamu coba? Ini dia daftarnya, GenK!

Baca Juga
Mengenal Apa Itu Vignette dan Serba-Serbi di Dalamnya

VSCO

aplikais edit foto

VSCO (Sumber: en.wikipedia.org)

VSCO adalah juaranya dalam urusan mengedit color grading, GenK. Dulu aplikasi ini dikenal dengan nama VSCO Cam yang kini sudah berganti nama. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di perangkat Android dan iOS. Sejak dirilis di Android pada 3 Desember 2013, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta orang.

aplikasi edit foto

Color Grading VSCO (Sumber: VSCO)

Untuk mengedit color grading, pilihlah foto yang ingin kamu edit. Setelah itu pilih filter warna yang ada di aplikasi VSCO. Dijamin kamu akan dibuat takjub dengan variasi filter warnanya. Selain di bagian filter warna, kamu bisa bermain juga dengan terang foto, kontras, ketajaman, bayangan, dan lain-lain yang berhubungan dengan color grading foto. Lengkap banget deh pokoknya! Akan tetapi aplikasi foto ini hanya fokus pada filter warna, sehingga tidak ada fitur untuk tipografi atau elemen desain grafis lainnya.

Phonto

aplikasi edit foto Phonto (Sumber:smartphonegraphers.blogspot.com)

Kebalikan dari VSCO, aplikasi Phonto adalah juaranya dalam hal tipografi. Phonto adalah aplikasi di ponsel untuk mengedit foto, khususnya memasukkan teks ke dalam foto. Dengan Phonto, kamu bisa mengubah jenis, ukuran, tebal-tipis, bayangan, dan posisi teks.

aplikasi edit foto 10

Font di Phonto (Sumber: Phonto)

Terdapat lebih dari 200 jenis huruf dalam aplikasi Phonto. Kamu juga bisa mengunduh jenis huruf lainnya dari internet untuk diaplikasikan saat mengedit foto. Lalu hasil akhir dari foto yang sudah diedit bisa disimpan dengan format JPG atau PNG.


Nah itu dia beberapa aplikasi edit foto yang bisa membantu pekerjaan kamu. Kamu juga bisa berkreasi dengan menggabungkan beberapa aplikasi agar hasilnya lebih bervariasi dan kreatif, karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk mengedit. Tunggu apa lagi? Ayo mulai berkarya dan bereksplorasi, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link