Mau Belajar Menyanyi? Cari Tahu Berbagai Jenis Suara Di Sini

Dibaca Normal: 3 menit aja
jenis suara

Siapa yang ingin belajar menyanyi, angkat tangannya! Sebelum kamu mulai mengasah bakat terpendammu, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu jenis suara yang kamu miliki. Jenis suara merujuk pada berbagai macam tipe suara yang dimiliki dan dapat diproduksi oleh seseorang, baik pria maupun wanita. Satu tipe suara dapat dibedakan dengan tipe suara lainnya berdasarkan kualitas tertentu, yang biasanya bisa diketahui lewat klasifikasi suara.

Slider
Slider
Slider

Pengklasifikasian ini dilakukan berdasarkan beberapa indikator, yaitu jangkauan vokal, berat vokal, tessitura, warna nada (vocal timbre), titik transisi vokal (passaggia), dan tingkat nada (vocal register). Dari indikator tersebut, jenis suara kemudian dikelompokkan menjadi beberapa kategori untuk pria dan wanita.

Jenis suara 1

Jangkauan vokal sesuai tangga nada pada keyboard (sumber: flypaper.soundfly.com)

Secara umum, klasifikasi jenis suara manusia dibagi menjadi tujuh kategori utama yang dipakai diterima secara luas. Jenis suara wanita dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu soprano, mezzo-soprano, dan kontralto. Lalu untuk jenis suara pria dibagi menjadi empat kategori, meliputi countertenor, tenor, bariton, dan bas.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Dengan mengetahui jenis suaramu, proses latihan vokal yang tepat dapat kamu tempuh untuk memaksimalkan potensi dan bakat menyanyimu. Kalau kamu penasaran dengan berbagai jenis suara manusia, simak penjelasan lengkapnya di bawah.

Jenis Suara Wanita

Jenis suara wanita pada umumnya dibagi dalam tiga kategori utama, yaitu soprano, mezzo-soprano, dan kontralto. Pembagian ini dibuat berdasarkan jangkauan masing-masing tipe suara, dari yang paling rendah sampai ke yang paling tinggi.

1. Soprano

Tipe suara pertama dengan jangkauan paling tinggi yang dapat dimiliki oleh wanita adalah soprano. Pemilik suara dalam kategori ini punya jangkauan tangga nada antara C4 (C tengah) dan C6 (C tinggi). Jenis suara wanita ini bisa kamu dengarkan dari beberapa penyanyi musik pop seperti Mariah Carey, Celine Dion, dan Christina Aguilera.

Baca Juga
Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

2. Mezzo-Soprano

Bergeser ke tipe suara wanita berikutnya, yaitu mezzo-soprano. Kategori suara ini berada di tengah soprano dan kontralto, dengan jangkauan nada antara A3 (A di bawah C tengah) sampai ke A5, atau dua oktaf lebih tinggi dari A3. Demi Lovato, Beyonce, dan Whitney Houston merupakan pemilik tipe suara ini.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Membongkar Rahasia Album BTS yang Berhasil Terjual Jutaan Kopi

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di PC yang Patut Dicoba

Musik

7 Lagu Hit Didi Kempot yang Buat Kamu Ambyar

Musik

Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link