fbpx

Cara Menggambar Orang Seluruh Badan Lengkap dan Mudah

Dibaca Normal: 8 menit aja ūüėä
cara menggambar orang

Keterampilan menggambar adalah hal mendasar yang mesti banget dimiliki oleh setiap desainer, GenK. Baik secara manual maupun digital. Salah satu yang paling basic adalah memahami dasar-dasar cara menggambar orang. Yuk simak!

Apa gaya gambar favoritmu?

Realistis, kartun, atau manga?

Apa pun gaya favoritmu, sebagai desainer kamu mesti banget memiliki keterampilan menggambar anatomi tubuh manusia loh. Ini adalah dasarnya. Walaupun terdengar sepele, tapi bermanfaat banget untuk memperkuat fondasi keterampilan menggambar kamu, GenK.

Mungkin awalnya akan terasa sulit. Toh semuanya tidak ada yang instan. Dibutuhkan latihan secara rutin agar dapat menghasilkan gambar tubuh yang proporsional.

Cara Menggambar Orang 1

Contoh gambar sketsa orang seluruh tubuh (sumber: redbubble.com)

Gambar anatomi tubuh manusia tidak hanya berguna untuk dunia desain grafis saja, tetapi juga berguna buat kamu yang berkecimpung di dunia fashion. Untuk membuat sketsa desain baju, pastinya kamu perlu membuat gambar orang terlebih dahulu dong.

Nah, pas banget!

Di dalam artikel kali ini kami akan membahas seputar cara menggambar orang seluruh badan. Tentunya lengkap dan mudah, GenK. Langsung saja disimak setiap langkah-langkahnya!  

Cara Menggambar Orang Seluruh Tubuh

Stickman adalah gambar tubuh manusia yang dibuat sesederhana mungkin dengan mengandalkan garis dan bentuk geometris dasar.

Menggambar orang dengan bentuk stickman menjadi alternatif paling manjur buat kamu yang mager gambar dan gak mau ribet.

Tapi kamu juga perlu mempelajari cara menggambar orang yang baik dan benar. Lumayan untuk mengeksplor gaya gambar dan keterampilan kamu, GenK.  

Step 1 – Menyiapkan Starter Pack Menggambar

Balik lagi ke dasar-dasar desain grafis, Untuk membuat gambar tubuh manusia, kamu memerlukan beberapa starter pack menggambar untuk pemula. Tidak perlu mahal, yang penting nyaman saat digunakan. Alat yang kamu butuhkan adalah pensil, penghapus, penggaris, dan sketchbook.

Simpel kan?

Cara Menggambar Orang 2

Contoh jenis ketebalan pensil (sumber: learn-to-draw.com)

Oh iya, kami punya tips nih, Genk! Gunakan pensil dengan ketebalan yang bergam. Supaya outline sketsa yang dihasilkan memiliki variasi tebal-tipis. Kegunaan lainnya adalah untuk memberi ilusi gambar dan mempertegas value.

Tidak hanya pensil 2B, ada banyak jenis pensil yang dapat kamu gunakan untuk membuat value:

  1. Keras (H/Hard): 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, 9H
  2. Sedang (F/Firm): 3H, 2H, H, F, HB, B
  3. Lembut (B/Black): B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, 9B

Baca Juga   Imajinasi Jadi Kenyataan dengan 3D Pen

Step 2 – Membuat Kerangka Tubuh

Selanjutnya mulai masuk ke pembuatan kerangka tubuh nih, GenK. Ukuran kepala manusia menjadi patokan skala tinggi badan dan ukuran anggota tubuh lainnya.  

Cara Menggambar Orang 3

Contoh kerangka gambar seluruh tubuh (sumber: fitinline.com)

Dibutuhkan ukuran 8 kepala manusia untuk membuat kerangka tubuh orang dewasa dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sedangkan ukuran 6 kepala manusia untuk membuat kerangka tubuh anak-anak.

Supaya lebih mudah, buatlah 8 lingkaran yang disusun secara vertikal. Diameter disesuaikan dengan ukuran gambar tubuh yang akan kamu buat. Bagi lagi menjadi bagian kepala, pundak sampai perut, dan pinggul sampai ujung kaki.  

Tips: Gunakan garis bantu saat membagi tiap posisi anggota tubuh. Supaya kamu punya bayangan apakah sudah proporsinya sudah pas atau belum. Jangan sampai ada bagian tubuh yang terdistorsi, GenK.  

Step 3 – Membuat Sketsa Dasar dari Bentuk Geometris

Bentuk persegi tidak hanya dipakai untuk membuat desain karakter Spongebob, tetapi juga bisa digunakan sebagai sketsa dasar tubuh manusia. Ada beberapa bentuk geometris yang bisa kamu pilih, seperti bulat, oval, persegi, persegi panjang, dan segitiga.  

Cara Menggambar Orang 4

Contoh sketsa dasar dari bentuk geometris (sumber: marupen.net)

Pasti muncul pertanyaan di benakmu.

Sebenarnya apa sih perbedaannya?

Kenapa ada bulat, persegi, dan segitiga?

Supaya lebih gampang kita ambil contoh. Kamu ingin menggambar tubuh perempuan dengan tinggi 165cm dan berat badan 60 kg. Berarti sudah terbayang dong bagaimana bentuk tubuhnya?

Nah, dari gambaran itu, kalian bisa menentukan cara menggambar perempuan tersebut. Misalnya, gunakan skala 8 kepala dan bentuk segitiga sebagai sketsa dasar. Dengan cara ini, menggambar pun jadi lebih mudah, GenK!  

Step 4 – Mulai Membuat Sketsa Tubuh

Ini dia kunci utama saat menggambar anatomi tubuh manusia.

Pastikan kamu mengikuti kerangka dasar yang sudah kamu buat untuk meminimalisasi adanya kesalahan proporsi tubuh. Melakukan improvisasi sebenarnya tidak jadi masalah. Asalkan tetap berporos pada kerangka awal.  

Cara Menggambar Orang 5

Contoh sketsa tubuh (sumber: mybluprint.com)

Usahakan garisnya tidak kaku. Buatlah garis yang dinamis agar membentuk lekukan tubuh yang tidak monoton.

Oh iya, ini perlu menjadi catatan penting. Fisik laki-laki dan perempuan tentu memiliki perbedaan. Kalau fisik laki-laki cenderung tegas, sedangkan fisik perempuan lebih memiliki lekukan dan garis yang lentur saat digambarkan.  

Baca Juga   Mengenal Apa Itu Cyberpunk: Low Life vs High Technology

Step 5 – Memberikan Value lewat Outline Gambar

Cara Menggambar Orang 6

Contoh outline gambar (sumber: Draw with Jazza YouTube Channel)

Masih ingat soal jenis pensil yang tadi kami sebutkan di step 1?

Yap, karena sekarang saatnya bermain dengan tebal-tipis gambar! Variasi ketebalan dan ketipisan akan membuat gambar orang yang kamu buat tampak natural dan halus.

Maka, pilihlah jenis pensil yang sesuai dengan ketebalan yang kamu inginkan.

Sekadar informasi, jenis pensil yang keras (H/Hard) akan menghasilkan garis yang tipis dan tajam. Kalau jenis pensil yang sedang (F/Firm) akan menghasilkan garis yang sedikit lebih tebal. Sedangkan jenis pensil yang lembut (B/Bold) akan menghasilkan garis yang tebal. Semakin tinggi nomornya, maka akan semakin tebal.

Tips: Jika kamu hanya memiliki satu jenis pensil, misalnya 2B, kamu bisa mengakalinya dengan memperhatikan tekanan pensil saat kamu membuat garis di media kertas.  

 

Nah, tidak sulit kan?

Jangan takut kalau kamu masih pemula. Bahkan orang yang sudah andal sekali pun pasti pernah melewati masa-masa belajar menggambar dasar. Step di atas bakalan cocok banget diterapkan sebagai cara menggambar orang untuk pemula, GenK.

Seluruh bagian alat tubuh manusia punya bentuk dan karakter masing-masing, sehingga tingkat kerumitan saat menggambarnya pun berbeda-beda.

Karena tadi sudah membahas cara menggambar orang seluruh badan, sekarang saatnya kita lebih mendetail bahas setiap bagian tubuh. Yuk kita simak sama-sama!  

Cara Menggambar Wajah

Ini dia yang menjadi ketakutan banyak orang.

Pernahkah kamu menonton live drawing di internet?

Saat melihat orang lain menggambar wajah kayaknya gampang banget. Eh tapi pas dicobain malah susah dan hasilnya zonk. Salah satu solusinya adalah dengan mempelajari dasar-dasar cara menggambar wajah.

Sama halnya saat menggambar full body, menggambar wajah juga diperlukan proporsi yang pas. Apalagi di wajah banyak terdapat anggota tubuh. Ada alis, mata, hidung, dan mulut. Belum lagi kalau ditambah dengan rambut dan telinga.

Duh PR banget!

Makanya, GenK, diperlukan banyak latihan supaya kamu jadi terbiasa. Gak perlu kabur-kaburan lagi deh kalau disuruh gambar wajah.  

Step 1 – Siapkan Alat Gambar

Sama halnya seperti cara menggambar orang, kamu memerlukan alat gambar untuk menggambar wajah beserta komponen di dalamnya. Gunakan juga jenis pensil yang bervariasi untuk memberi value.  

Baca Juga   Cara Membuat Poster Film Sesuai Genre

Step 2 – Buat Garis Bantu

Cara Menggambar Orang 7

Contoh sketsa gambar dengan grid (sumber: Sourav joshi Arts YouTube Channel)

Ada dua jenis garis bantu yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah saat menggambar wajah. Pertama yaitu garis panjang berbentuk lambang plus sebagai kerangka dasar wajah. Sedangkan garis bantu yang kedua berbentuk grid.

Kamu bisa memilih salah satunya yang kamu rasa lebih mudah dan gak ribet.

Akan tetapi, umumnya desainer pemula memilih menggunakan metode grid untuk mendapatkan hasil sketsa yang lebih rapi dan terstruktur.

Kalau kamu yang mana, GenK?  

Step 3 – Buat Bentuk Oval

Selanjutnya adalah membuat bentuk oval di atas garis bantu. Bentuk oval ini akan menjadi kerangka utama wajah. Bentuknya tidak mesti total oval. Misalnya kamu ingin membuat pipi yang tirus, berarti di bagian samping bawah oval diberi lekukan.

Hapus garis secara perlahan agar tidak merusak kertas.  

Step 4 – Menggambar Mata

Cara Menggambar Orang 8

Contoh gambar sketsa mata (sumber: dumielauxepices.net)

Membuat gambar mata dengan gaya realistis pastinya tidak mudah. Terdapat banyak kombinasi material di dalamnya. Padahal mata menjadi salah satu subjek indah untuk digambar.

Walaupun menggambar mata memiliki tantangan tersendiri, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya loh.

Pertama-tama buatlah garis bantu tipis putus-putus supaya mata kanan dan mata kiri sejajar. Kemudian mulai gambar mata pertama. Buat lingkaran sesuai grid. Misalnya kamu ingin membuat mata kiri, berarti pilih grid di posisi kiri.

Tambahkan iris dan cincin di pupil mata, kemudian arsir halus bagian dalamnya.

Buat garis-garis halus di kelopak mata dan bagian bawah mata agar tampak lebih realistis.

Tambahkan bulu mata dengan cara menggambar garis-garis halus.

Baca Juga   Yuk, Coba Bikin Mind Mapping, Seni Praktis Mengembangkan Ide

Step 5 – Menggambar Alis

Cara Menggambar Orang 9

Contoh gambar sketsa alis (sumber: jitterscoffeehouse.org)

Banyak perempuan berlomba-lomba untuk membuat alis yang “badai”, tapi gimana ceritanya kalau menggambar alis di selembar kertas? Apakah caranya menggambarnya juga sama?

Sebenarnya tidak beda jauh, GenK.

Caranya adalah dengan membuat garis bantu tipis putus-putus agar alis kanan dan kiri seimbang.

Kemudian buat outline alis. Setelah itu isi bagian dalamnya dengan pensil 2B ke atas untuk menghasilkan garis rambut alis yang tebal.  

Tips: Biarkan beberapa garis rambut alis keluar dari outline agar terlihat lebih realistis dan tidak kaku.  

Step 6 – Menggambar Hidung

Cara Menggambar Orang 10

Contoh gambar sketsa hidung (sumber: flicker.com)

Saatnya menggambar hidung!

Balik lagi soal pola geometris, bentuk lingkaran manjur banget kalau dijadikan sebagai pola dasar saat menggambar hidung. Tarik garis ke atas untuk membuat tulang hidung. Jangan lupa berikan garis di kanan dan kiri sebagai lubang hidung.

Terakhir, beri arsiran sebagai polesan akhir gambar. Gunakan kombinasi jenis pensil sedang dan lembut untuk membuat shadow yang realistis.  

Step 7 – Menggambar Bibir

Cara Menggambar Orang 11

Contoh gambar sketsa bibir (sumber: dumielauxepices.net)

Menggambar bibir memang paling asik, GenK. Namun terbilang tricky saat proses pembuatan sketsa. Salah sedikit saja, bisa-bisa gambar bibir jadi miring dan terdistorsi. Males banget kan kalau harus bikin dari awal lagi.

Sama seperti hidung, saat menggambar bibir gunakan bantuan bentuk lingkaran sebagai sketsa dasar.

Pertama-tama buat tiga lingkaran yang saling tumpang tindih dalam area segitiga imajinasi. Kemudian mulai buat pola bibir mengikuti posisi dan ukuran lingkaran.

Pelan-pelan saja, GenK. Pastikan garis bibir area kanan dan kiri sudah seimbang. Kalau sudah, hapus tiga lingkaran. Jadi deh!  

Baca Juga   Fakta Mengejutkan di Balik Logo-logo Terkenal

Step 8 – Menggambar Telinga

Cara Menggambar Orang 12

Contoh gambar sketsa telinga (sumber: dumielauxepices.net)

Bagian wajah sudah selesai, sekarang masuk ke tahapan menggambar telinga.

Telinga memiliki lipatan-lipatan yang tergolong rumit untuk digambar. Untuk mempermudah proses sketsa, bagi tonal telinga menjadi 3 bagian, yaitu bagian luar (yang paling besar), tengah, dan dalam (yang paling kecil untuk membuat ilusi lubang telinga).

Kemudian buat garis-garis halus untuk membentuk jalur yang menyerupai daun telinga.

Agar terlihat lebih realis, beri arsiran dari berbagai jenis pensil. Tonal bagian luar dibuat dengan shade terang, bagian tengah shade sedang, dan bagian dalam dibuat dengan shade gelap.  

Step 9 – Menggambar Rambut

Cara Menggambar Orang 13

Contoh gambar sketsa rambut (sumber: thevirtualinstructor.com)

Terakhir adalah menggambar rambut. Kebayang gak sih, membuat helaian rambut satu per satu pasti melelahkan dan butuh waktu yang tidak sebentar?

Di sini kami akan membagikan cara menggambar rambut mudah dan super simpel. Cocok buat kamu yang masih pemula.

Mulailah dengan membuat belahan rambut. Posisi belahan akan menentukan model rambut nantinya.

Kemudian buat outline rambut untuk selanjutnya diisi dengan helaian rambut. Nah, helaian rambut ini bisa dibuat dengan menggerakkan pensil sebagaimana kamu mengarsir suatu bidang. Beri highlight warna putih agar ada dimensi.  

Tips: Gunakan jenis pensil lembut (4B ke atas) agar lebih cepat membuat tiap helaiannya dan memberi ilusi rambut yang tebal.  

Sekarang kamu jadi tahu kan bagaimana cara menggambar orang seluruh badan beserta detail bagian wajahnya. Berarti sekarang saatnya menerapkan teknik-teknik menggambar yang sudah kami paparkan di atas.

Kalau sudah mahir membuat full body, kamu tinggal bereksplorasi lagi untuk membuat pose tubuh yang beragam. Semuanya akan lebih mudah, karena kamu sudah punya kerangkanya dan tidak perlu pusing lagi soal skala ukuran gambar.

Oh iya, selain arsiran, kamu bisa mewarnai gambar supaya terlihat lebih menarik dan eye catching, GenK. Seperti drawing pen, spidol, pensil warna, atau melukis dengan cat.


Mudah banget kan cara menggambar orang seluruh badan? Sekarang saatnya kamu praktikkan sendiri di sketchbook-mu.

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Seni Rupa dan Desain

6 Referensi Gaya Desain Grafis yang Menginspirasi 

Seni Rupa dan Desain

Ini Dia Alasan Kenapa Desainer Grafis Banyak Dicari, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih!

Seni Rupa dan Desain

Penjelasan Ilmiah di Balik Fenomena Ilusi Optik yang Sering Kita Temui

Seni Rupa dan Desain

5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

Seni Rupa dan Desain

1001 Arti Emoji: Dari Mana Asalnya? Kenapa Warnanya Kuning?

Seni Rupa dan Desain

Tips dan Trik Digital Painting untuk Pemula

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Apa Itu Cyberpunk: Low Life vs High Technology

Seni Rupa dan Desain

Yuk, Coba Bikin Mind Mapping, Seni Praktis Mengembangkan Ide

Seni Rupa dan Desain

Keluar dari Gaya Desain yang Lama? Perlu atau Tidak Ya?

Seni Rupa dan Desain

Ingin Banyak Pembaca? Yuk Ikuti Cara Membuat Cover Wattpad Ini, GenK!

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Bapak Seni Kolase, Richard Hamilton

Seni Rupa dan Desain

Mengenal Mock up dan Cara Membuatnya

Seni Rupa dan Desain

Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Seni Rupa dan Desain

Cara Lengkap Membuat Desain Karakter

Seni Rupa dan Desain

Cara Melukis Berdasarkan Jenis Cat

Seni Rupa dan Desain

Ingin Jago Mendesain? Kenali Dulu Dasar Desain Grafis!

Seni Rupa dan Desain

Mahir Belajar Desain Grafis lewat 7 Buku Ini

Seni Rupa dan Desain

8 Unsur Seni Rupa yang Harus Diketahui Oleh Anak-Anak Seni

            Artikel Selanjutnya