Seni Rupa & Desain

Mengenal Apa Itu Line Art dan Cara Membuatnya di Adobe Illustrator

line art

Gambarnya kok hanya outline? Jangan-jangan gambarnya belum beres yah? Eits, jangan salah, ini namanya line art! Yuk simak penjelasan lengkap dan cara pembuatannya!

Kalau kamu penggemar desain simpel yang gak perlu banyak komponen di dalamnya, line art adalah jawaban yang tepat. Dengan menggunakan desain yang satu ini, kamu dapat menggabungkan antara gambar dan tulisan supaya bisa menyatu dengan sempurna. 

Buat kamu yang ingin belajar dan ingin tahu lebih dalam tentang desain garis minimalis, di sini kami akan membagikan penjelasan seputar apa itu line art dan cara membuatnya. Yuk simak selengkapnya di sini! 

Apa Itu Line Art?

desain line art

Contoh line art (sumber: behance.net/sheu)

Line art adalah desain atau ilustrasi yang menggunakan garis sebagai komponen utama gambar. Terdiri dari garis panjang, pendek, lurus, atau melengkung yang digambar pada background polos tanpa gradasi warna untuk mereprentasikan bentuk 2D atau 3D. 

Memang benar, umumnya desain ini hanya berwarna monokrom (hitam, putih, dan abu-abu), namun tak jarang juga ada desainer atau ilustrator yang mewarnai bentuk objek yang tercipta demi menghasilkan gambar yang lebih unik dan menarik. Karena menambahkan warna pada desain bisa memberikan efek yang berbeda-beda, seperti tekstur dan bayangan.

Teknik Tebal dan Tipis Garis

Di dalam satu gambar line art, bisa saja terdapat tebal-tipis garis yang berbeda-beda, tergantung alat gambar yang kamu gunakan. Tebal-tipis garis ternyata gak cuma sebagai pemanis saja loh, karena bisa memberikan efek pada gambar. 

Misalnya kamu ingin membuat dua gambar, satu batu bata dan satu lagi gabus. Coba gunakan garis tebal sebagai outline batu bata dan garis tipis untuk outline gabus. Kenapa outline batu bata lebih tebal daripada gabus? Karena garis yang tebal mampu memberikan efek tebal pada gambar tersebut.

Hingga saat ini terdapat tiga jenis gaya garis, yaitu tebal-tipis konstan (jika kamu menggambar dengan pensil yang sama), tebal-tipis agak tidak konstan (sering digunakan pada pembuatan ilustrasi), dan tebal-tipis yang benar-benar bebas (saat menggunakan kuas gambar). Kalau kamu lebih suka yang mana?

Baca Juga :   1001 Bahasa Bunga untuk Mewakili Berbagai Perasaanmu
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.