fbpx

Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
cara membuat animasi

Tidak hanya di televisi, sekarang kamu bisa menemukan banyak karya animasi di berbagai platform media sosial, seperti YouTube dan Instagram. Bahkan sudah banyak SMK dan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan animasi. Nah, beberapa dari kamu juga pasti ingin tahu bagaimana sih cara membuat animasi? Artikel ini akan membantu kamu!  

Apa Itu Animasi?

 

cara membuat animasi 1

Animasi “The Lion King” (sumber: ign.com)

Sebelum kamu mulai membuat animasi, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu animasi. Menurut Gatot Prakosa dalam bukunya yang berjudul Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia, animasi dapat diartikan sebagai menghidupkan benda mati atau benda statis dengan menciptakan gerak atau kesan bergerak. Animasi juga memiliki jenis dan prinsip loh, gunanya agar hasil akhirnya lebih terkonsep dan memuaskan, GenK.  

Jenis-jenis Animasi

Oh iya, animasi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu animasi 2D, 3D, 4D, bahkan 5D. Pada setiap jenisnya memiliki prinsip dan teknik masing-masing untuk merancangnya. Agar lebih memahami tentang jenis-jenis animasi, yuk kita bahas satu per satu!    

1. Animasi Tradisional

Jenis animasi yang pertama adalah animasi tradisional, yaitu animasi yang teknik pembuatannya masih manual alias digambar dengan tangan (hand-drawn animation). Untuk membuat ilusi bergerak, kamu harus menggambar ratusan hingga ribuan gambar yang kemudian disusun sesuai urutan gerak. Animasi jenis ini memerlukan kesabaran ekstra dan ketelitian dalam proses pembuatannya. Akan tetapi kamu juga bisa menggabungkan teknik manual dengan teknik digital untuk menciptakan animasi jenis ini, GenK.    

2. Animasi 2D

 

cara membuat animasi 2

Contoh animasi 2D (Sumber: brilio.com)

Jenis animasi yang selanjutnya adalah animasi 2D. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis satu ini, contohnya adalah kartun anak Doraemon. Dalam pembuatan animasi 2D, teknik animasi diterapkan ke objek yang memiliki ukuran panjang dan lebar sehingga terciptalah gerakan atau kesan bergerak. Jenis ini termasuk dalam animasi komputer berbasis vektor, GenK. Apabila kamu tertarik untuk menonton karya animasi 2D anak bangsa, kami sudah pernah membahasnya loh di dalam artikel tiga animator Indonesia jagoan 2D.    

3. Animasi 3D

 

cara membuat animasi 3

Contoh animasi 3D (sumber: time.com)

Jenis animasi berikutnya adalah animasi 3D. Kamu juga sudah pasti tidak asing lagi dengan jenis animasi ini, contohnya seperti film Frozen dan Toy Story. Animator biasanya menggambar kerangka objek terlebih dahulu, baru selanjutnya mulai menggambar bagian lainnya. Pembuatan jenis animasi 3D terbilang lebih rumit dari animasi 2D. Selain keterampilan menggambar, kamu juga memerlukan keterampilan dalam mengoperasikan software pembuat animasi untuk memberi ilusi bergerak pada objek.    

Baca Juga   Cara Membuat Lip Sync di Video Animasi Kamu

4. Motion Graphics

 

cara membuat animasi 4

Contoh motion graphics (sumber: PowerPoint School YouTube Channel)

Dalam bahasa Inggris, motion graphics terdiri dari dua kata, yaitu “motion” yang berarti gerak, dan “graphics” yang berarti grafis. Jadi, motion graphics dapat diartikan sebagai grafis yang diberi efek demi menciptakan ilusi bergerak. Banyak komponen yang dapat menyusun motion graphics agar menjadi video animasi yang menarik, seperti gambar, tipografi, efek visual, dan efek suara. Jenis animasi ini ternyata bisa juga kamu gunakan sebagai salah satu cara belajar yang efektif loh, GenK.    

5. Stop Motion

 

cara membuat animasi 5

Contoh Stop Motion (sumber: filehippo.com)

Jenis animasi yang selanjutnya adalah stop motion, yaitu teknik membuat animasi dengan cara memotret tiap pergerakan objek yang kemudian disatukan sesuai urutan sehingga terciptalah ilusi bergerak. Karena teknik pembuatannya dengan cara memotret tiap gerakan objek, maka untuk membuat jenis animasi ini membutuhkan banyak jepretan foto dan setiap foto harus dipastikan detailnya agar ada continuity dengan foto selanjutnya. Karena prosesnya yang demikian, pembuatan jenis animasi ini memerlukan waktu yang cukup lama, GenK.  

Prinsip-prinsip Animasi

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan sebelum masuk ke tahap cara membuat animasi adalah memahami betul apa prinsip-prinsip animasi. Prinsip ini sangat berguna, karena dapat membantu kamu saat mendesain. Setiap prinsip memiliki teknik masing-masing yang apabila digabungkan akan membentuk suatu karya animasi yang apik. Ini dia prinsip-prinsip animasi yang wajib kamu ketahui:  

1. Squash dan Stretch

Ini merupakan prinsip yang paling dasar saat membuat animasi. Squash dan Stretch adalah gerakan fleksibel yang akan menentukan alami atau tidaknya ilusi gerak di suatu karya animasi. Bola yang memantul di lantai bisa menjadi contoh gerakan prinsip ini. Perhatikan gerakan naik dan turun bola, pasti ada pantulan tertentu yang memberi kesan lentur, GenK.

2. Slow in dan Slow out

Sesuai dengan namanya, prinsip ini fokus pada gerakan perlambatan dan percepatan objek di awal maupun akhir animasi. Prinsip ini masih berkaitan dengan Squash dan Stretch. Animasi yang tidak menggunakan prinsip ini akan terlihat kaku dan tidak alami.

3. Solid Drawing

Solid drawing merupakan prinsip animasi tentang kesamaan perspektif objek dari segala sisi. Contohnya apabila ada gambar wajah tampak depan, maka gambar wajah tampak sampingnya pun harus memiliki kesinambungan dengan gambar wajah tampak depan tadi.

4. Anticipation

Prinsip ini menekankan pada gerakan ancang-ancang yang akan dilakukan objek di adegan selanjutnya. Contoh adegan yang bisa kamu terapkan prinsip anticipation adalah ketika seseorang bersiap meloncat dari gedung satu ke gedung lainnya.

5. Staging

Prinsip Staging merupakan tahap mengatur suatu adegan dari segi angle gambar, pose karakter, dan properti yang ada di frame, sehingga informasi di dalam adegan dapat disampaikan kepada audiens. Di sinilah sebuah adegan ditata rapi, GenK!

6. Straight Ahead Action dan Pose to Pose

Terdapat 2 metode membuat ilusi gerak dalam animasi, yaitu straight ahead action dan pose to pose. Straight ahead adalah tahap menciptakan gerakan yang berkesinambungan antara gerakan awal dan gerakan akhir objek. Gerakan ini diikuti dengan perancangan pose to pose, yaitu menentukan pose apa saja yang akan diterapkan pada objek animasi.

7. Follow Through dan Overlapping Action

Prinsip ini merupakan gerakan susulan yang terjadi pada objek pascaberhentinya gerakan objek. Contoh prinsip ini bisa kamu lihat pada pergerakan bendul yang bergerak.

8. Arcs

Prinsip Arcs menekankan penerapan penggunaan kurva melingkar agar gerakan tampak lebih alami daripada saat kamu menggunakan kurva berpola lurus.

9. Secondary Action

Prinsip ini penting dalam membuat gerakan tambahan yang digunakan untuk melengkapi gerakan utama objek.

10. Timing

Timing merupakan salah satu kunci berhasil atau tidaknya karya animasi. Timing yang tepat akan membuat animasi terlihat lebih nyata. Kamu bisa memperlambat dan mempercepat gerakan objek sesuai dengan gerakan yang kamu mau.

11. Exaggeration

Exaggeration merupakan prinsip istimewa dari animasi, GenK. Prinsip ini merupakan penggunaan gerakan atau ekspresi yang dilebih-lebihkan atau hiperbola agar menciptakan kesan gerakan objek yang nyata.

12. Appeal

Prinsip ini merupakan tampilan dari sebuah objek dan karakter. Setiap animator harus memiliki gaya animasi yang berbeda-beda agar memiliki ciri khas dan perbedaan dari animator lain. Pemilihan appeal yang kreatif akan menarik perhatian audiens.  

Baca Juga   10 Film Animasi yang Gak Ngebosenin Buat Ditonton Ulang

Cara Membuat Animasi

 

cara membuat animasi 6

Ilustrasi membuat animasi (sumber: unsplash.com)

Setelah mengetahui jenis dan prinsip animasi, sekarang kamu akan lebih mudah untuk merancang karya animasi, GenK. Apabila kamu tertarik untuk membuat animasi, kami memiliki tips dan cara membuatnya. Semoga bisa membantu kamu saat proses pembuatan nih. Yuk kita ikuti caranya satu per satu!    

  1. Pilih jenis animasi yang akan kamu buat, misalnya 2D, 3D, motion graphics, atau stop motion. Setiap jenis animasi memiliki tekniknya masing-masing.
  2. Pilih media yang akan kamu gunakan. Jika kamu memilih media kertas, berarti kamu harus menyiapkan kertas dan alat gambar yang akan kamu gunakan. Agar proses pembuatan gambar lebih mudah, kamu bisa menggunakan kertas kalkir. Kertas ini dapat memudahkan kamu menerapkan teknik tracing (menjiplak). Sedangkan jika kamu memilih media digital, kamu harus menggunakan software untuk mengedit animasi.
  3. Buat naskah cerita, supaya kamu tahu adegan apa saja yang harus kamu buat.
  4. Buat desain karakter. Tahap ini memerlukan kreativitas kamu agar appeal karakter rancanganmu memiliki ciri khas, GenK.
  5. Bangunlah setting dan properti yang akan digunakan untuk staging animasi.
  6. Buat storyboard tiap adegan agar proses pengerjaan animasi lebih terstruktur.
  7. Mulai menggambar objek dan karakter sesuai media yang sudah kamu pilih. Gambar adegan frame per frame. Selama proses pembuatan animasi, jangan lupa untuk menerapkan prinsip-prinsip animasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, GenK.
  8. Buat outline untuk mempertegas garis gambar objek dan karakter.
  9. Lalu masuk ke tahap mewarnai gambar. Pilihlah warna yang menarik agar audiens ketagihan saat menonton animasi buatanmu.
  10. Susun gambar frame per frame sesuai urutan adegan yang sudah ditulis di naskah dan storyboard. Apabila kamu menggunakan media kertas, scan gambar yang sudah kamu buat, lalu susun. Sedangkan jika kamu menggunakan media digital, susunlah menggunakan software. Prinsip timing sangat berperan penting pada tahap ini, GenK.
  11. Merekam dubbing (pengisian suara) apabila ada karakter yang berdialog.
  12. Memberi efek visual dan efek suara.
  13. Finishing, pastikan animasi buatanmu sudah siap untuk di-render.

 

Baca Juga   10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

Nah itu dia penjelasan singkat tentang animasi, mulai dari jenis, prinsip, dan cara membuatnya. Di zaman sekarang, lapangan pekerjaan animasi sudah sangat luas, GenK, jadi selain sebagai hobi, bakat dan skill kamu juga bisa jadi profesi loh. Ayo mulai berkreasi dengan kreativitas kamu. Ikuti cara membuat animasi yang sudah dibahas di atas agar hasilnya memuaskan. Selamat mempraktikkan, GenK!

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Ini Dia Cara Membuat GIF Menarik di Ponsel!

Film, Animasi, dan Video

Tips dan Trik Dasar Membuat Showreel

Film, Animasi, dan Video

9 Anime Terbaik yang Dirilis Hingga Mei 2019

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Fungsi dan Cara Membuat Clapper Board Sederhana

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Lip Sync di Video Animasi Kamu

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Stop Motion dan Bahan yang Dibutuhkan

Film, Animasi, dan Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi, dan Video

Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

Film, Animasi, dan Video

Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Film, Animasi, dan Video

8 Film Musikal Terbaik yang Bikin Kamu Sing-along

Film, Animasi, dan Video

10 Film Animasi yang Gak Ngebosenin Buat Ditonton Ulang

Film, Animasi, dan Video

8 Film Animasi Terbaik Disney dari Tahun ke Tahun

Film, Animasi, dan Video

Meski Takut, Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor?

Film, Animasi, dan Video

Kenapa Green Screen Warnanya Hijau?

Film, Animasi, dan Video

10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

Film, Animasi, dan Video

10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Film, Animasi, dan Video

Sejarah Film dari Masa ke Masa

Film, Animasi, dan Video

Wong Kar Wai dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi, dan Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

            Artikel Selanjutnya