Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara membuat animasi

Tidak hanya di televisi, sekarang kamu bisa menemukan banyak karya animasi di berbagai platform media sosial, seperti YouTube dan Instagram. Bahkan sudah banyak SMK dan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan animasi. Nah, beberapa dari kamu juga pasti ingin tahu bagaimana sih cara membuat animasi? Artikel ini akan membantu kamu!  

Slider
Slider
Slider

Apa Itu Animasi?

cara membuat animasi 1

Animasi “The Lion King” (sumber: ign.com)

Sebelum kamu mulai membuat animasi, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu animasi. Menurut Gatot Prakosa dalam bukunya yang berjudul Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia, animasi dapat diartikan sebagai menghidupkan benda mati atau benda statis dengan menciptakan gerak atau kesan bergerak. Animasi juga memiliki jenis dan prinsip loh, gunanya agar hasil akhirnya lebih terkonsep dan memuaskan.   

Jenis-jenis Animasi

Oh iya, animasi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu animasi 2D, 3D, 4D, bahkan 5D. Pada setiap jenisnya memiliki prinsip dan teknik masing-masing untuk merancangnya. Agar lebih memahami tentang jenis-jenis animasi, yuk kita bahas satu per satu! 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Animasi Tradisional

Contoh flipbook (sumber: russianmachineneverbreaks.com)

Jenis animasi yang pertama adalah animasi tradisional, yaitu animasi yang teknik pembuatannya masih manual alias digambar dengan tangan (hand-drawn animation). Untuk membuat ilusi bergerak, kamu harus menggambar ratusan hingga ribuan gambar yang kemudian disusun sesuai urutan gerak. Animasi jenis ini memerlukan kesabaran ekstra dan ketelitian dalam proses pembuatannya, mirip seperti flipbook gitu deh. Akan tetapi kamu juga bisa menggabungkan teknik manual dengan teknik digital untuk menciptakan animasi jenis ini.    

2. Animasi 2D

Kartun Doraemon (sumber: http://www.parhlo.com)

Jenis animasi yang selanjutnya adalah animasi 2D. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis satu ini, contohnya adalah kartun anak Doraemon. Dalam pembuatan animasi 2D, teknik animasi diterapkan ke objek yang memiliki ukuran panjang dan lebar sehingga terciptalah gerakan atau kesan bergerak. Jenis ini termasuk dalam animasi komputer berbasis vektor. Apabila kamu tertarik untuk menonton karya animasi 2D anak bangsa, kami sudah pernah membahasnya loh di dalam artikel tiga animator Indonesia jagoan 2D.    

3. Animasi 3D

cara membuat animasi 3

Contoh animasi 3D (sumber: time.com)

Yap, jenis animasi berikutnya adalah animasi 3D. Kamu juga sudah pasti tidak asing lagi dengan jenis animasi ini, contohnya seperti film Frozen dan Toy Story. Animator biasanya menggambar kerangka objek terlebih dahulu, baru selanjutnya mulai menggambar bagian lainnya. Pembuatan jenis animasi 3D terbilang lebih rumit dari animasi 2D. Selain keterampilan menggambar, kamu juga memerlukan keterampilan dalam mengoperasikan software pembuat animasi untuk memberi ilusi bergerak pada objek.    

Baca Juga
10 Film Animasi yang Gak Ngebosenin Buat Ditonton Ulang

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Cara Membuat Stop Motion Lengkap dan Mudah

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Vlog di HP Lengkap dengan Alat-Alatnya!

Film, Animasi & Video

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Stop Motion

Film, Animasi & Video

Berburu Teka-Teki dan Nasib Umat Manusia di The Maze Runner

Film, Animasi & Video

Nonton Film Asing Nggak Paham Artinya? Yuk, Cek Situs Download Subtitle Berikut!

Film, Animasi & Video

Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Edit Transisi Video Berikut!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link