Game & Teknologi

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

Panduan-Lengkap-Cara-Membuat-Podcast-di-Spotify

Ada yang sering mendengarkan podcast, nggak? Nah, tren podcast mulai marak nih, salah satunya bisa kamu dengarkan melalui aplikasi musik sejuta umat, Spotify. Daripada cuman jadi pendengar, gimana kalau kamu belajar cara membuat podcast di Spotify?

Belakangan ini podcast semakin digandrungi, nih. Konten digital yang satu ini banyak dipilih sebagai opsi lain selain video. Di luar negeri sendiri, tren podcast sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri masih belum banyak yang mengenal apa itu podcast. Jika kamu suka belajar bahasa asing, podcast merupakan salah satu metode yang paling sering disarankan untuk membantu proses belajarmu. Nah, di tahun 2020 ini tren podcast mulai banyak menarik perhatian, apalagi sejak diluncurkannya fitur podcast Spotify di akhir tahun 2018 lalu.

Sekarang, kamu dapat membuat podcast-mu sendiri dan menjadi podcast creator di Spotify dengan mudah, loh! Mau tahu caranya? Langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Podcast?

mengenal-podcast

Ilustrasi podcast (Sumber: dribble.com)

Sebelum kita belajar cara membuat podcast, yuk kenali dulu apa sih, sebenarnya podcast itu. Podcast adalah konten berbentuk audio digital di internet yang membahas berbagai macam topik secara berseri dan bisa didengarkan kapan saja.

Istilah podcast sendiri merupakan gabungan dari kata iPod dan broadcasting. Pertama kali muncul pada tahun 2005 bersamaan dengan peluncuran iPod dari Apple, namun baru populer di tahun 2007.

Setelah tahun 2007, podcast mulai banyak digandrungi sebagai salah satu alternatif selain radio, nih. Podcast pun mulai merambah berbagai negara hingga kamu bisa menikmati podcast dari berbagai bahasa asing. Pas banget nih, kalau kamu pengen belajar bahasa baru. 

Kamu bisa menemukan berbagai macam topik dan kategori bahasan dalam bentuk podcast. Mulai dari kesehatan, kecantikan, bisnis, hobi, desain, seni, film, dan berbagai macam topik lainnya. 

Untuk mendengarkan podcast, kamu bisa menggunakan komputer, tablet atau lewat smartphone kamu nih. Beberapa penyedia layanan podcast yang bisa kamu pilih yaitu:

  1. iTunes: Saluran pertama yang menyediakan podcast sejak tahun 2005. Kamu bisa memilih menggunakan layanan ini menggunakan sistem macOS dan juga Windows.
  2. Procast: Aplikasi khusus untuk menyediakan podcast bagi kamu pengguna smartphone baik Android maupun iOS.
  3. Stitcher: Penyedia layanan podcast yang satu ini juga berfungsi sebagai penyedia layanan radio. Kamu bisa mengaksesnya melalui web, atau dalam bentuk aplikasi yang tersedia di Android dan iOS.
  4. Spotify: Siapa sih yang nggak tahu aplikasi musik paling hits ini? Aplikasi berlogo hijau ini baru saja meluncurkan layanan podcast di mana kamu juga membuat seri podcast-mu sendiri, loh! Di artikel ini, kami akan kasih tahu cara membuat podcast di Spotify.

Baca Juga :   8 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik untuk Android dan iPhone

About author

Related posts
Game & Teknologi

Game Android dengan Grafik Terbaik 2021, Kerennya Nggak Ada Lawan!

Game & Teknologi

7 Fakta Menarik tentang Facebook yang Jarang Diketahui, Kamu Wajib Tahu

Game & Teknologi

Perkembangan Auto Menfess di Indonesia

Game & Teknologi

5 Aplikasi Produktivitas Agar Pekerjaan Selesai Lebih Cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.