fbpx

Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast di Spotify

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
cara membuat podcast di spotify

Ada yang sering mendengarkan podcast gak, GenK? Nah, tren podcast mulai marak nih, salah satunya bisa kamu dengarkan melalui aplikasi musik sejuta umat, Spotify. Daripada cuman jadi pendengar, gimana kalau kamu belajar cara membuat podcast di Spotify?

Belakangan ini podcast semakin digandrungi nih, GenK. Konten digital yang satu ini banyak dipilih sebagai opsi lain selain video.

Di luar negeri sendiri, tren podcast sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri masih belum banyak yang mengenal apa itu podcast. Jika kamu suka belajar bahasa asing, podcast merupakan salah metode yang paling sering disarankan untuk membantu proses belajarmu.

Nah, di tahun 2019 ini tren podcast mulai banyak menarik perhatian, apalagi sejak diluncurkannya fitur podcast Spotify di akhir tahun lalu.

Sekarang kamu dapat membuat podcast-mu sendiri dan menjadi podcast creator di Spotify dengan mudah loh! Mau tahu caranya?

Langsung simak artikel ini, GenK!

Apa Itu Podcast?

Sebelum kita belajar cara membuat podcast, yuk kenali dulu apa sih sebenarnya podcast itu.

Podcast adalah konten berbentuk audio digital yang tersedia di internet yang membahas berbagai macam topik secara berseri yang bisa didengarkan kapan saja.

Istilah podcast sendiri merupakan gabungan dari kata iPod dan broadcasting. Pertama kali muncul pada tahun 2005 bersamaan dengan peluncuran iPod dari Apple, namun baru populer di tahun 2007.

Setelah tahun 2007 podcast mulai banyak digandrungi sebagai salah satu alternatif selain radio nih. Podcast pun mulai merambah berbagai negara hingga kamu bisa menikmati podcast dari berbagai bahasa asing.

Pas banget nih kalau kamu pengen belajar bahasa baru, GenK.   

Kamu bisa menemukan berbagai macam topik dan kategori bahasan dalam bentuk podcast. Mulai dari kesehatan, kecantikan, bisnis, hobi, desain, seni, film, dan berbagai macam topik lainnya.

Untuk mendengarkan podcast, kamu bisa menggunakan komputer, tablet atau lewat smartphone kamu nih, GenK. Beberapa penyedia layanan podcast yang bisa kamu pilih yaitu:

  1. iTunes: Ini dia saluran pertama yang menyediakan podcast sejak tahun 2005. Kamu bisa memilih menggunakan layanan ini menggunakan sistem macOS dan juga Windows.
  2. Procast: Aplikasi yang satu ini khusus menyediakan podcast bagi kamu menggunakan smartphone baik Android maupun iOS.
  3. Stitcher: Penyedia layanan podcast yang satu ini juga berfungsi sebagai menyediakan layanan radio. Kamu bisa mengaksesnya melalui web, atau dalam bentuk aplikasi yang tersedia di Android dan iOS.
  4. Spotify: Siapa sih yang gak tahu aplikasi musik paling hits ini? Aplikasi berlogo hijau ini baru saja meluncurkan layanan podcast dimana kamu juga membuat seri podcast-mu sendiri, loh! Di artikel ini, kami akan kasih tahu cara membuat podcast di Spotify. Baca sampai habis ya!

Baca Juga   5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Alat-Alat untuk Membuat Podcast

Sudah siap siap bikin podcast, GenK?

Eits, tapi tahan dulu dong! 

Sebelum kamu membuat podcast, ada beberapa alat yang harus kamu siapkan terlebih dahulu nih. Alat-alat ini akan menjadi senjatamu untuk memproduksi podcast yang berkualitas.

Apa aja tuh? Mari disimak, GenK!

  • Mikrofon

Senjata utama kamu untuk membuat podcast tak lain dan tak bukan adalah mikrofon. Sebagai salah satu jenis konten audio, kamu memerlukan alat perekam berupa mikrofon untuk merekam suara podcast-mu.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan mikrofon analog (XLR) atau mikrofon USB. Keduanya sama-sama bagus untuk merekam suara kamu, GenK. Pastiin aja mikrofonnya sudah nyala dong yah sebelum mulai rekaman.

  • Komputer

Habis rekaman terus diapain dong hasilnya?

Tentu saja diolah dulu dong menggunakan komputer.

Jika kamu menggunakan mikrofon digital, kamu langsung bisa menyimpan dan memproses hasil rekaman-mu di komputer, lalu bisa langsung di-upload deh.

  • Mixer

Jika kamu menggunakan beberapa mikrofon dalam proses rekamanmu, atau jika kamu menggunakan mikrofon dengan koneksi XLR, kamu dapat menggunakan mixer untuk menggabungkan suara rekaman podcast-mu nih.

Tapi kalau kamu merasa kerepotan, fitur mixer digital sudah tersedia dalam beberapa aplikasi pengedit suara, GenK.

  • Webcam

Tahu gak, GenK, kalau podcast yang sekarang ada tidak hanya berbentuk suara aja?  

Kamu bisa menemukan banyak konten podcast yang juga berbentuk video nih. Jadi kamu tidak hanya bisa melihat suara podcast pilihanmu, tapi juga bisa melihat para penyiar saat proses rekaman loh.

Kalau kamu ingin membuat tipe podcast video, tentunya kamu wajib punya webcam untuk merekam video podcast-mu dong. Tapi bukan malah vlogging loh yah.

  • Pop Filter

Biar kualitas podcast-mu makin juara nih, kamu bisa menambahkan satu lagi alat ke dalam proses rekamanmu.

Namanya adalah pop filter. Alat tambahan yang kamu pasangkan ke mikrofon ini berguna untuk menghalau angin atau suara-suara yang tidak diinginkan masuk ke dalam rekamanmu.

Hasilnya suara podcast kamu akan jadi sejernih kristal, GenK.  

  • Aplikasi Edit Suara

Setelah kamu selesai rekaman dan hasilnya disimpan di komputer, kamu perlu mengolahnya menggunakan aplikasi khusus untuk mengedit suara.

Jadi bukan cuman gambar dan video doang yang bisa diedit, suara pun juga bisa dong.

Kamu bisa memilih beberapa aplikasi yang populer digunakan untuk mengedit suara seperti Audacity, WavePad, atau Adobe Audition nih, GenK.

  • Perekam XLR Portable (Opsional)

Alat mungil yang berukuran sebesar smartphone ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu yang ingin membuat podcast yang unik nih, GenK.

Perangkat yang satu ini berfungsi untuk merekam suara secara analog melalui built-in mikrofonnya dan mengonversinya menjadi bentuk digital.

Bisa juga dipakai untuk untuk menangkap beberapa saluran mikrofon serta menyesuaikan volume suara.

Alat ini praktis dan dapat kamu bawa kemana-mana. Misalnya kamu ingin membuat podcast dengan latar belakang suara di alam terbuka.

Kamu bisa memilih alat ini untuk merekam suaramu tanpa direpotkan dengan banyak kabel-kabel dari mikrofon biasanya.

Baca Juga   Nongkrong Jadi Seru dengan Werewolf Game

Cara Membuat Podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast dan alat-alat apa aja yang perlu kamu siapkan, sekarang waktunya belajar cara bikin podcast. Kalau kamu yang pernah atau sering bikin lagu, kamu pasti familiar dengan beberapa tahapannya nih, GenK.

Begini nih, GenK:

1. Tentukan topik

cara membuat podcast di spotify 1

Pilihlah topik untuk podcast-mu (sumber: ijsret.com)

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin membuat podcast adalah menentukan topik apa yang ingin kamu bahas.

Seperti yang sudah kami dijelaskan sebelumnya, ada berbagai macam topik yang bisa kamu pilih untuk menjadi bahasan di podcast-mu.

Topik yang kamu pilih baiknya adalah seputar hal-hal yang kamu sukai dan belum banyak dibahas di internet. Dengan begitu proses pembuatan podcast-mu akan terasa lebih gampang.

Misalnya kamu suka teknologi, maka buatlah podcast yang membahas mengenai isu-isu teknologi.

Yang harus kamu perhatikan saat menentukan topik selain memilih topik yang kamu sukai dan kuasai, kamu juga harus mengambil bagian spesifik dari topik tersebut untuk kamu bahas.

Kita ambil contoh topik teknologi, kamu bisa membahas mengenai tren Artificial Intelligence yang lagi banyak dibicarakan, atau beberapa teknologi baru di dunia perfilman.

Semakin unik dan menarik isu yang kamu bahas, semakin besar pula kesempatan podcast kamu untuk didengarkan oleh banyak orang.

2. Siapkan narasi

cara membuat podcast di potify 2

Penulisan narasi untuk podcast (sumber: teachingenglish.org.uk)

Untuk mempermudah proses rekaman, kamu bisa mempersiapkan terlebih dahulu narasi yang akan kamu gunakan untuk memandu jalannya pembahasan podcast-mu.

Narasi bisa kamu buat dengan menyusun poin-poin yang akan kamu bahas di dalam podcast-mu.

Pastikan saat kamu menggunakan narasi, kamu harus tetap terdengar seolah-olah sedang berbicara dan bukan sedang membaca.

3. Mulai merekam

cara membuat podcast di spotify 3

Proses rekaman podcast (sumber: geek.com)

Proses inti dari pembuatan podcast nih, GenK. Untuk mempermudah proses rekamanmu, kamu bisa menggunakan Audacity yang bisa kamu download secara gratis di sistem Windows maupun macOS.

  • Hubungkan mikrofon USB-mu dengan komputer dan pastikan sudah terkoneksi dengan Audacity.
  • Kamu bisa mulai merekam dengan klik logo mikrofon
  • Mulai rekaman dengan menggunakan narasi yang sudah kamu siapkan
  • Setelah selesai merekam, coba dengarkan kembali hasil rekamanmu sebelum kamu edit.
  • Editlah hasil rekaman tersebut dengan menyesuaikannya sesuai bagian-bagian yang kamu telah susun.
  • Gunakan format SO/IEC 11172-3 MPEG-1 dengan bitrates antara 96 sampai 320 kbps
  • Simpan hasil editan rekamanmu dalam format MP3. Jangan lupa diberi nama yah, GenK!
  • Pastikan juga ukuran file kamu tidak melebihi 200MB
Baca Juga   Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

4. Pilih nama dan cover image

 

cara membuat podcast di spotify 4


Contoh cover image podcast (sumber: spreaker.com)

Tahap selanjutnya adalah memberikan nama dan membuat cover image untuk podcast-mu.

Carilah nama-nama unik yang mendeskripsikan konten podcast-mu. Pastikan juga judul episode di podcast-mu tidak melebihi 20 karakter.  

Lalu buatlah cover image yang menjadi sampul untuk merepresentasikan podcast-mu.  

Saat membuat cover image, ada etika yang harus kamu perhatikan nih sama kayak bikin cover lagu, GenK.

Gunakanlah gambar tanpa copyright yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet. Buatlah gambar sebagus mungkin dan juga judul yang mudah dibaca yah, GenK.

Format yang digunakan untuk cover image adalah rasio square (1:1) dan pilihlah kualitas resolusi paling tinggi atau minimum 1400×1400 pixels.

5. Tentukan host  

 

cara membuat podcast di spotify 5

Website untuk hosting podcast (sumber: discoverpod.com)

Tahap akhir untuk perjalanan podcast adalah penentuan host website. Gunanya adalah untuk memasukan podcast yang sudah kamu buat sehingga dapat tersedia di internet dengan bebas.

Nantinya kamu bisa mendapatkan RSS feed setelah kamu berhasil mengunggah podcast-mu.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan SoundClound, Podbean, atau Blubrry. Semua platform tersebut dapat digunakan secara gratis, meskipun terbatas dengan beberapa fitur berbayar.

Nah, sekarang kita bahas step by step cara membuat podcast di Spotify ya.

Langkah-Langkah Memasukan Podcast-mu ke Spotify

cara membuat podcast di spotify 6

Podcast Spotify (sumber: sidify.com)

Ini dia yang kalian tunggu-tunggu, GenK. Setelah melalui banyak persiapan, waktunya upload hasil karyamu ke Spotify. Seperti ini nih caranya:

  1. Buka halaman Spotify for Podcaster
  2. Masuk menggunakan akun Spotify-mu
  3. Pilih ‘Get Started’ pada laman ‘Submit your podcast’
  4. Centang kotak pada laman ‘Terms and Conditions’ lalu klik ‘Continue
  5. Masukan link RSS feed-mu pada kotak yang disediakan
  6. Judul dan cover image podcast-mu akan otomatis muncul di kotak yang berada di kanan. Klik ‘Next’.
  7. Pada bagian ‘Add podcast info’, jangan lupa lengkapi informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, lalu tekan ‘Next’.
  8. Review kembali detail podcast-mu lalu pilih ‘Submit’

Setelah itu, podcast kamu akan direview oleh tim Spotify dalam beberapa hari sebelum mendapat persetujuan dan bisa muncul di Spotify. Tapi ada juga yang cuma butuh waktu beberapa jam aja loh, GenK.


Ternyata cara membuat podcast di Spotify itu mudah kan, GenK? Jika podcast-mu berhasil muncul di sana, kamu bisa mulai membagikannya melalui berbagai media sosial. Silakan mencoba!

 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Game dan Teknologi

5 Aplikasi Edit Video Android yang Bikin Editing Jadi Praktis

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Laptop

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point

Game dan Teknologi

Adobe VoCo, Aplikasi Canggih Untuk Mengubah Suara

Game dan Teknologi

Canggihnya QR Code, Label Penyimpan Sejuta Informasi

Game dan Teknologi

Yuk, Kenali Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

Game dan Teknologi

6 Rekomendasi Aplikasi Menggambar dan Melukis Digital

Game dan Teknologi

Apa Saja yang Akan Berubah di Hidup Kita dengan Adanya Jaringan 5G?

Game dan Teknologi

5 Teknologi Game Canggih yang Mengubah Budaya Gaming

Game dan Teknologi

Rahasia di Balik Kecerdasan Buatan yang Serba Tahu

Game dan Teknologi

Mirip Tapi Tak Sama, Perbedaan Podcast dan Radio yang Perlu Kamu Ketahui

Game dan Teknologi

Desain UI UX Hits di Tahun 2019 yang Bisa Jadi Inspirasi

Game dan Teknologi

5 Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Desain Grafis

Game dan Teknologi

5 Alas Sederhana untuk Background Foto Instagramable

Game dan Teknologi

7 Inspirasi Tema Feed Instagram Keren

Game dan Teknologi

Mengenal Teknologi Wireless Charging

Game dan Teknologi

Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light, GenK!

Game dan Teknologi

Video Games yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental

Game dan Teknologi

Hero Mobile Legend yang Sering Jadi Jagoan Para Players

Game dan Teknologi

7 Mainan Anak yang Jadi Favorit Orang Dewasa

            Artikel Selanjutnya