Meski Takut, Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor?

Dibaca Normal: 5 menit aja
alasan suka film horor

Setiap tahun, film horor selalu tayang di layar lebar baik yang diproduksi dari dalam maupun luar negeri. Meski sudah jelas nakutin dan bikin bulu kuduk merinding, tapi kenapa sih kita masih saja suka penasaran dengan film jenis ini? Padahal, kita sudah hafal ya dengan formula yang dihadirkan. Ketika musik latarnya semakin menegangkan dan ada pemeran utama yang sedang deg-degan sendirian, tak lama kemudian biasanya hantu akan muncul.

Kamu mungkin punya teman yang suka menutup mukanya dan teriak histeris saat menyaksikan adegan tersebut. Atau jangan-jangan, kamu sendiri juga deg-degan setengah mati? Kami juga pernah merasakannya kok. Entah hantu atau makhluk mengerikan lainnya yang muncul, kita selalu penasaran untuk menyaksikannya. Ibaratnya, kita rela loh mengeluarkan uang supaya ditakut-takutin. Kelakuan kita yang demikian terhadap ternyata ada alasannya. 

1. Menakutkan Sekaligus Menghibur

film horor

Ilustrasi Menutup mata (Sumber: cantik.tempo.co)

Kamu pernah tidak, teriak ketakutan saat melihat sosok hantu di film namun setelahnya merasa senang? Tenang, kamu belum gila kok. Karena kami juga pernah mengalami hal yang sama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Søren Birkvad, peneliti perfilman dari Inland Norway University of Applied Sciences, ternyata ada alasan mengapa menonton film horor terasa menyenangkan, bahkan bagi orang yang penakut. Birkvad menyatakan bahwa film horor mampu menghibur kita karena mampu menghilangkan rasa bosan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Studi menunjukkan bahwa orang yang mudah bosan akan cenderung senang mencari sensasi, salah satunya dengan menonton film seram. Tidak heran ya, kalau film jenis ini juga punya bermacam-macam tingkat kengerian. Film yang cenderung mengandung kekerasan seperti “Saw”, mungkin akan menimbulkan sensasi yang menyenangkan bagi orang-orang yang mudah bosan.

Baca Juga
DIY Dekorasi Halloween Kece yang Simpel dan Mudah

2. Menjelaskan Kehadiran Hantu dan Monster di Luar Alasan Religius  

Temuan lain yang ditemukan Birkvad tentang ketertarikan kita kepada film horor adalah film genre ini memberi kita penjelasan mengapa makhluk menyeramkan bisa muncul, di luar alasan religius. Menurut Birkvad, saat ini orang-orang mulai tidak percaya kepada kekuatan setan. Itulah mengapa makhluk-makhluk menyeramkan di dalam film muncul karena alasan sains atau psikologi, misalnya psikopat yang menyeramkan seperti Hannibal Lecter.

Pantas saja yah, banyak film yang bercerita dengan latar belakang sains, seperti hadirnya zombie di film “Train to Busan” atau pun “Resident Evil”. Zombie atau mayat hidup tersebut muncul karena adanya virus yang menular dari gigitan. 

Kalau kamu suka dengan film zombie, kami pernah membahas jenis film ini secara mendalam. Intinya, kami yakin film zombie akan selalu ada. Balik lagi ke penelitian soal film horror. Meski begitu, Birkvad menjelaskan bahwa kepercayaan terhadap adanya setan dan makhluk supranatural tetap masih ada di lingkungan yang religius. Faktor keagamaan yang kuat tersebut sepertinya menjelaskan yah, mengapa film hantu Indonesia masih mengangkat soal kemunculan makhluk gaib yang bisa dilawan dengan doa, seperti film “Pengabdi Setan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

5 Anime Sport Paling Terbaik Bikin Kamu Pengen Olahraga

Film, Animasi & Video

Jangan Sampai Kelewatan YouTuber Indonesia Inspiratif Ini!

Film, Animasi & Video

6 Teman Boruto di Akademi Ini, Anak dari Generasi Naruto Sebelumnya

Film, Animasi & Video

7 Film Valentine Paling Romantis Bikin Kamu Jadi Baper

Film, Animasi & Video

Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Film, Animasi & Video

5 Aplikasi Video Stabilizer Android Bikin Rekaman Super Stabil

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>