8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

Dibaca Normal: 5 menit aja
tips fotografi

Suka fotografi tapi gak punya kamera? Jangan diambil pusing, GenK. Karena kamu juga bisa memotret dengan menggunakan ponselmu kok. Yuk coba ikuti tips fotografi di HP berikut ini! Dijamin bikin foto kamu gak kalah sama fotografer andal.

Kami sudah pernah membahas tentang dasar-dasar mobile photography di artikel sebelumnya. Di sana kamu bisa menemukan tentang berbagai komponen-komponen kamera ponsel yang wajib banget kamu pelajari sebelum benar-benar terjun ke medan tempur, yaitu lokasi pemotretan.

Nah, kalau di artikel kali ini, kami akan membahas seputar tips fotografi di HP yang bisa kamu praktikkan sendiri ketika memotret. Tenang saja, karena semuanya serba simpel dan sederhana, GenK. Yuk simak cara mengambil foto yang bagus dengan kamera HP!

Tips Fotografi di HP

Berbicara soal memotret di HP, kendala yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah tentang kualitas kameranya. Hal ini terjadi karena hasil foto tidak sejernih kamera DSLR atau mirrorless.

Sebenarnya bisa saja kamu membeli ponsel dengan spesifikasi kamera yang memiliki megapixel tinggi, akan tetapi opsi tersebut dirasa kurang pas buat kamu yang sedang menghemat budget. Mau untung malah jadi buntung.

tips fotografi 1

Ilustrasi memotret lewat HP (sumber: pexels.com)

Eits, sekarang kamu gak perlu resah lagi, karena kami akan membagikan tips fotografi di HP khusus buat kamu, GenK. Dimulai dengan langkah-langkah sederhana, kamu bisa membuat foto layaknya profesional. Penasaran? Ayo kita langsung masuk ke tips yang pertama. Lets go!

1. Pilihlah objek yang menarik

Pernahkah kamu merasa sudah menuangkan semua skill fotografimu tetapi hasil fotonya malah zonk? Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena objek yang dipilih kurang tepat. Karena mau sehebat apapun skill yang kamu miliki akan sama saja kalau objek yang dipilih tidak menarik, GenK.

Menjadi seorang fotografer andal bisa dimulai dari melatih kepekaan kamu terhadap bagus atau tidak sebuah objek. Selain dari segi visual, kamu juga harus tahu apakah objek tersebut akan menimbulkan makna dan cerita ketika dipotret atau tidak.

Baca Juga
Mengenal Seni Menghidupkan Mainan Lewat Toy Photography

2. Sesuaikan fokus dan pencahayaan

Salah satu fitur yang umumnya ada di semua smartphone adalah mengatur fokus dan exposure gambar. Kamu dapat melakukannya secara manual maupun otomatis. Tinggaltap pada layar ponselmu, maka lensa langsung menangkap titik fokus gambar.

tips fotografi 2

Ilustrasi mengarahkan fokus pada objek (sumber: pexels.com)

Pastikan objek tidak blur saat dipotret. Ini merupakan langkah dasar yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang jernih, GenK.

Trik kamera HP yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, tapi seringkali terlupakan. Karena kebanyakan orang lebih berfokus pada proses mengedit ketimbang proses memotret itu sendiri.

3. Perlu atau tidaknya menggunakan flash

Tips fotografi di HP yang berikutnya adalah dengan menentukan perlu atau tidaknya menggunakan flash ketika memotret. Tidak berarti di semua tempat yang redup kamu harus menggunakan flash, karena ada yang namanya low light photography. Sehingga penggunaan flash dirasa kurang diperlukan.

Akan tetapi, ada juga beberapa jenis fotografi yang sengaja menggunakan flash untuk menghasilkan foto yang memukau. Contohnya adalah hasil foto polaroid yang identik dengan objek yang terkena sorot flash.

Ini membuktikan bahwa foto yang memiliki dark mood juga bisa lebih menggungah daripada foto yang dibanjiri cahaya terang, GenK.

Baca Juga
Tutorial Menggunakan Aplikasi Edit Foto Ngeblur di Ponsel

4. Pintar memilih angle gambar

Pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar menjadi tips fotografi HP yang berikutnya. Kamu harus kreatif saat memilih angle, karena setiap angle yang kamu pilih untuk memotret akan memberikan cerita yang berbeda pula pada hasil foto.

tips fotografi 3

Contoh perspective photography (sumber: pexels.com)

Salah satu teknik sudut pandang pengambilan gambar yang masih menjadi tren sampai saat ini adalah perspective photography. Teknik ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan gambar yang unik dan out of the box. Contoh pengaplikasian teknik ini yang paling populer adalah wisatawan yang bersandar pada Menara Pisa di Italia.

Sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi mungkin dengan ilusi sudut pengambilan gambar yang satu ini, GenK. Keren banget!

5. Aktifkan grid untuk rule of thirds

Salah satu yang menjadi trik kamera HP yang paling dasar adalah dengan mempelajari yang namanya teknik rule of thirds. Untuk menggunakan teknik ini, kamu harus mengaktifkan grid di layar ponsel supaya muncul garis bantu untuk mempermudah kamu membagi setiap posisi objek.

tips fotografi 4

Contoh menggunakan grid (sumber: androidauthority.com)

Pada dasarnya, posisi ideal objek harus berada di titik persimpangan dari garis bantu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi kalau ada bagian posisi objek yang miring saat dipotret.

Seandainya ponselmu tidak memiliki fitur grid, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram. Caranya adalah dengan memotret objek terlebih dahulu, kemudian klik next > edit > adjust.

Baca Juga
Mengabadikan Cantiknya Lintasan Cahaya lewat Bulb Photography

6. Gunakan tripod saat memotret

Tips fotografi di HP yang berikutnya adalah menggunakan tripod saat memotret. Tujuannya agar gambar tidak shaky dan lebih mudah ketika menggunakan rule of thirds. Namun ini hanya opsi alternatif buat kamu yang sering mengalami kesulitan untuk membuat gambar statis.

Tripod bisa kamu beli dengan harga murah di toko online. Akan tetapi kamu juga mesti ingat kalau harga tidak bisa membohongi kualitas.

7. Download aplikasi foto

Kenapa mengunduh aplikasi foto? Sebenarnya aplikasi tersebut mampu mempermudah pekerjaan kamu saat memotret. Lagipula di sana sudah terdapat banyak filter yang bisa kamu gunakan secara gratis loh. Mau membangun suasana playful, romantis, atau mendung bisa kamu lakukan di sana.

Jika kamu ingin membuat foto polaroid, kamu bisa membaca cara lengkapnya di artikel yang sudah pernah kami tulis sebelumnya, GenK. Pokoknya apapun itu pasti ada jalan kok.

8. Edit foto

tips fotografi 5

Ilustrasi mengedit foto (sumber: techhive.com)

Kami sudah pernah membahas tentang beberapa aplikasi edit foto di artikel sebelumnya. Mengedit foto itu penting loh, karena bisa membuat fotomu jadi lebih sedap dipandang mata. Ini juga bisa dilakukan jika hasil jepretanmu kurang memuaskan.

Berilah filter otomatis atau pengaturan manual lewat color correction. Buat racikan presets untuk menghasilkan warna yang kamu inginkan. Pokoknya semua manipulasi gambar bisa kamu lakukan di sini deh.


Itu dia 8 tips fotografi di HP yang bisa kamu lakukan. Sekarang gak perlu mikir dua kali untuk belajar mobile photography, karena kualitasnya juga gak kalah dengan hasil foto menggunakan DSLR atau mirrorless. Yuk mulai dari sekarang!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fotografi

5 Rekomendasi Merek Kamera Polaroid yang Bagus

Fotografi

Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi

Fotografi

Gak Cuma Golden Hour, Ternyata Ada Blue Hour Photography, GenK!

Fotografi

Memahami Dasar Exposure Triangle dalam Fotografi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link