Game & Teknologi

Ini Dia Teknologi Resolusi Layar yang Kamu Pakai Sehari-hari

teknologi resolusi layar

Siapa yang suka menonton video dengan kualitas High Definition (HD)? Atau bahkan Full HD? Bagi kamu yang sering menggunakan gadget untuk bermain game dan menonton video pasti tahu kalau resolusi layar adalah salah satu indikator penting untuk pengalaman yang maksimal saat melakukan aktivitas favoritmu tersebut. 

Kualitas sebuah gadget ditentukan dari banyak komponen-komponen teknologi penyusunnya. Prosesor, memori, sistem operasi, dan tentunya, layar. Sebagai salah satu bagian utama dari berbagai perangkat teknologi, mau itu komputer, laptop, tablet, hingga telepon genggam, layar memegang peran yang penting banget.

Melalui layar, kamu dapat menggunakan dan menyaksikan operasi yang kamu lakukan di gadget-mu. Oleh karena itulah, kualitas layar yang baik wajib banget untuk diperhatikan supaya pengalaman kamu dalam menggunakan gadget dapat berjalan lancar. 

Dalam menentukan kualitas layar yang baik, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari jenis layar, luas layar, teknologi yang dipakai, dan tentunya resolusi layar. Apa saja resolusi layar yang kamu tahu? 720p, 1080p, 2K, 4K, 8K?

Semua tidak hanya mengenai seberapa tinggi kualitas video yang dapat ditampilkan, tapi bagaimana juga bagaimana memilih opsi yang tepat untuk kebutuhanmu. Supaya kamu makin ngerti, langsung saja simak artikel lengkapnya di bawah ini! 

Mengenal Seluk-Beluk Teknologi Grafis 

resolusi layar 1

Gambar yang dihasilkan oleh IBM CGA (sumber: wikimedia.org)

Ingatkah kamu saat dulu menonton film kesayanganmu melalui TV jadul dengan menggunakan DVD player? Pasti nostalgia banget dengan kualitas resolusi layar seadanya dan yang penting filmnya bisa muncul di layar TV.

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, khususnya di bidang teknologi grafis, resolusi layar bukan menjadi hal yang terlalu penting untuk dipertimbangkan. Namun dengan berjalannya waktu, sekarang kamu dapat memilih berbagai pilihan teknologi grafis yang tersedia dengan beragam kualitas dan resolusi. 

Perkembangan industri teknologi grafis yang pesat telah mengantarkan kita pada teknologi layar yang digunakan dalam kehidupan saat ini. Baik untuk komputer, TV, ponsel, dan masih banyak lagi. 

Teknologi grafis berwarna pertama kali dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, International Business Machines atau IBM. Mereka memperkenalkan standar video display dalam bentuk Color Graphics Adapter (CGA), disusul dengan Enhanced Graphics Adapter (EGA), dan Video Graphics Array (VGA).

Ketiga standar video display oleh IBM menjadi pilihan yang banyak dipakai di berbagai video games yang dikeluarkan pada tahun 1980-an dan 1990-an, dengan tampilan yang sangat sederhana. CGA, EGA, dan VGA masing-masing memiliki konfigurasi grafis dengan 16, 64, dan 256 palet warna. 

Selain standar tersebut, ada banyak lagi istilah teknologi grafis yang gak boleh kamu lewatin. Jadi, saat kamu akan membeli gadget terbaru kamu berikutnya, kamu tahu apa yang harus diperhatikan saat memilih kualitas layar yang tepat. Bukan hanya resolusi, tapi ada juga orientasi layar, hingga aspek rasio. 

Baca Juga :   8 Game Android Terbaik dengan Grafis Ciamik
About author

Related posts
Game & Teknologi

Program Software untuk Bisnis Kecil Biar Sistem Operasionalmu Lancar

Game & Teknologi

Buat Stiker Whatsapp Mudah Pakai 4 Aplikasi Android Ini

Game & Teknologi

5 Rekomendasi Website untuk Download GIF Gratis

Game & Teknologi

Rekomendasi Tools Marketing Gratis dari Google untuk Kembangkan Bisnis Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.