Tutorial Cara Membuat Terarium Mudah dan Praktis

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara membuat terarium

Mau menikmati suasana taman tapi mager keluar rumah? Kini, kamu bisa bikin taman pribadi sendiri dengan yang namanya terarium. Yuk intip cara membuat terarium yang mudah dan praktis lewat tutorial berikut.

Pernahkah kamu terbayang untuk mempunyai sebuah taman di dalam kamarmu? Buat yang suka jogging atau menghabiskan waktu bersantai di taman, kamu pasti setuju dong kalau tempat yang satu ini memang bisa jadi andalan untuk melepas penat dan menenangkan pikiran. 

Nah, pengalaman dan nuansa tersebut bisa kamu hadirkan di rumahmu dengan hiasan miniatur taman dalam wadah kaca atau lebih dikenal dengan istilah terarium. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Jika diibaratkan nih, terarium adalah versi daratnya akuarium, GenK. Kalau akuarium merupakan tempat untuk memelihara berbagai jenis ikan, terarium adalah tempat untuk memelihara tanaman. 

Buat kamu yang tertarik membuat sendiri ekosistem hijau pribadi nan cantik dan menarik untuk hiasan di rumah, langsung aja simak cara membuat terarium di bawah ini. 

Apa yang harus disiapkan untuk membuat terarium? 

Membuat terarium bisa kamu lakukan dengan cukup mudah dan praktis, tanpa perlu memakan biaya yang terlalu besar. Alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menggarap sebuah terarium bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat.  

Sebelum kamu belajar cara membuat terarium, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan supaya taman mini kamu dapat terjaga dan senantiasa awet, GenK. Nih, simak dulu penjelasannya. 

  • Memilih jenis tanaman 

Cara membuat terarium 1

Tanaman sukulen untuk terarium (sumber: mediatani.co)

Aspek pertama yang mesti dipertimbangkan sebelum mulai membuat terarium adalah pada pemilihan jenis tanaman yang akan digunakan. Kamu dapat memilih beberapa spesies tanaman yang cocok untuk ditempatkan dalam ekosistem mini tersebut. 

Jenis-jenis tanaman yang dipilih haruslah memenuhi beberapa standar tertentu, GenK. Mulai dari ukurannya yang kecil supaya muat ke dalam wadah kaca, suka dengan keteduhan, dan tahan kelembapan yang tinggi. Beberapa pilihan tanaman klasik yang bisa kamu gunakan untuk terarium diantaranya ada lumut, tumbuhan paku, sukulen, dan kaktus.  

Baca Juga
Panduan Mudah Cara Membuat Masker Kain yang Simpel
  • Wadah yang cocok

(sumber: laurellibarary.com)

Wadah kaca untuk terarium (sumber: laurellibarary.com)

Sebagai tempat hidupnya tanaman, sebuah wadah memegang peranan penting yang dapat menentukan bagaimana cara membuat terarium serta perawatannya nanti, GenK.

Pilihlah wadah yang terbuat dari bahan plastik dan kaca. Wadah kaca lebih mudah ditemukan namun terbatas dalam bentuk dan ukurannya. Sementara wadah plastik berbobot lebih ringan, namun gampang berubah warna. 

Cara Membuat Terarium 

Setelah kamu mengenal sekilas mengenai serba-serbi persiapan sebelum membuat terarium, sekarang saatnya lanjut ke bagian yang paling kamu tunggu, waktu beraksi. Let’s go, GenK! 

Alat dan bahan: 

  • Wadah kaca bening dengan bukaan yang cukup besar untuk memudahkan penempatan tanaman. Jangan lupa untuk membersihkan wadah terlebih dahulu sebelum digunakan yah. 
  • Batu kerikil kecil.
  • Arang aktif (activated charcoal)
  • Tanaman terarium. 
  • Tanah pot.
  • Sekop kecil atau sendok bekas. 
  • Sarung tangan. 
  • Opsional: lumut & hiasan kecil

Baca Juga
Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Step-by-step membuat terarium: 

1. Pertama-tama, kenakan sarung tangan sebelum mulai acara berkebun ria kamu, GenK. . 2. Isi bagian dasar wadah dengan batu kerikil kecil setinggi 2-3cm. Bagian ini akan berfungsi sebagai drainase terarium. 

Cara membuat terarium 3

(sumber: proflowers.com)

3. Tambahkan activated charcoal di atas lapisan batu kerikil tadi secukupnya. Arang aktif berguna sebagai anti-bacterial agent untuk merawat tanamanmu dari serangan penyakit dan kondisi yang tidak diinginkan. 

Cara membuat terarium 4

(sumber: proflowers.com)

4. Step berikutnya adalah memasukan tanah dengan perlahan ke atas permukaan kerikil dan activated charcoal tadi, hingga mencapai ketinggian 5-7cm. Gunakan sendok bekas yang sudah tidak terpakai untuk memadatkan tanah. Kamu juga bisa menambahkan lumut di sekitar lapisan tanah supaya kelembapan tanaman dapat terjaga. 

Cara membuat terarium 5

(sumber: proflowers.com)

5. Ambil tanaman yang ingin kamu gunakan, lalu bersihkan bagian akar dari bekas tanah yang masih menempel. Setelah itu, buatlah lubang kecil pada tanah dan letakan tanaman secara perlahan, GenK. 

Cara membuat terarium 6

(sumber: proflowers.com)

6. Untuk mempercantik tampilan terarium, kamu juga bisa menambahkan aksesoris kecil seperti figur jembatan, rumah, atau hiasan yang kamu suka. Voila, terarium ala kamu sudah jadi nih

Cara membuat terarium 7

Hasil jadi terarium (sumber: proflowers.com)

Jangan lupa untuk menyiram tanaman setiap beberapa hari sekali atau sesuai dengan petunjuk perawatan. Tempatkan terarium di daerah yang terkena cukup cahaya seperti di dekat jendela. 

Kalau sudah sukses berkebun di atas tanah, coba juga membuat taman bawah air. Caranya, baca artikel kami tentang cara membuat aquascape. Dijamin, kamar dan rumahmu akan jadi lebih segar serta tampak lebih menawan. 

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Hobi & Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Merangkai Bunga di Vas untuk Pemula

Hobi & Kriya

Kerajinan Tembikar dari Tanah Liat, Apakah Beda dengan Gerabah?

Hobi & Kriya

Tutorial Cara Membuat Boneka Horta Praktis dan Sederhana

Hobi & Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi & Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>