fbpx

9 Hobi Sederhana yang Bisa Menghasilkan Uang

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
hobi yang menghasilkan uang

Suka bosan di rumah dan bingung mau ngapain? Mending kamu jadikan hobimu sebagai sebuah profesi! Mengapa tidak? Banyak loh hobi yang menghasilkan uang. Berikut beberapa di antaranya!

Akan lebih menyenangkan jika kamu mencari penghasilan berdasarkan hobi yang kamu sukai. Kamu akan merasa tidak terbebani saat menjalankannya. Rasa lelah pun akan terbayar karena kamu senang melakukannya.  

Banyak dari pekerja profesional yang berhasil di bidangnya karena berawal dari hobi. Sehingga, banyak yang mengatakan, jika kita bekerja berdasarkan apa yang kita sukai, kita akan bekerja dengan hati bukan hanya “keharusan”. Pastinya kamu tak mau dong bekerja namun mood selalu jelek dan selalu merasa terbebani saat mengerjakannya?  

Nah, untuk itu ada baiknya kamu jadikan hobimu sebagai mata pencaharian. Bahkan, banyak yang mengalami sendiri kenyataan bahwa pekerjaan yang berasal dari hobi justru lebih menguntungkan dibandingkan pekerjaan kantoran yang dinilai membosankan dan monoton. Nah, berikut adalah jenis hobi yang menguntungkan dan dapat menghasilkan uang.  

Menjahit

hobi yang menghasilkan uang 1

Hobi menjahit (sumber: pexels.com)

Siapa dari kalian yang memiliki hobi menjahit? Nah, hobi ini bisa jadi hobi yang menghasilkan uang loh! Bagaimana tidak? Sedikit sekali anak muda yang memiliki hobi ini. Berhubung hanya ada sedikit anak muda yang ahli dalam menjahit, kamu bisa mengambil peluang ini. Contohnya kamu bisa menjahit pakaian, taplak meja, syal, dan lain sebagainya.  

Semua hasil jahitan tersebut bisa kamu jual dengan nilai keunikan hasil tangan sendiri, atau hand made. Harganya bisa lebih tinggi. Kamu dapat menjualnya secara online, GenK!  

Memasak

hobi yang menghasilkan uang 5

Hobi memasak (sumber: pexels.com)

Hobi memasak memang beragam jenisnya, tergantung makanan apa yang suka kamu buat, hidangan penutup, masakan lauk pauk, atau kue. Hobi memasak kue, misalnya, bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk hasilkan uang tambahan, atau bahkan jadi mata pencaharianmu!  

Kamu bisa melakukannya di rumah sendiri dan mengiklankan kue buatanmu melalui sosial media dan juga blog. Cukup kemas kue dengan kemasan yang unik dan menarik, sudah bisa jadi daya tarik tersendiri bagi masakanmu. Bisa juga kamu gunakan Youtube sebagai sarana promosi. Konten berisi video tutorial memasak lengkap bersama resep-resepnya disukai banyak orang loh! Peluang yang menarik bukan?  

Fotografi

hobi yang menghasilkan uang 2

Hobi fotografi (sumber: pexels.com)

Tidak asing lagi, profesi sebagai fotografer kebanyakan berasal dari sebuah hobi yang mendalam. Hobi satu ini bisa kamu tekuni dan seriusi hingga akhirnya kamu menjadi seorang profesional. Dengan hobi memotret, kamu bisa membuat portofolio berupa kumpulan hasil karya jepretanmu. Portofolio itu bisa memberimu harga jual yang tinggi, sehingga kamu bisa menyalurkan jasa fotografi untuk berbagai jenis foto. Mulai dari foto wedding, foto alam, foto produk, atau lainnya.  

Sebelum menjadikan fotografi sebagai profesi, kamu harus perhatikan dulu 6 hal yang akan membuatmu jadi fotografer andal.  

Baca Juga   Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Berkebun

hobi yang menghasilkan uang 6

Hobi berkebun (sumber: pexels.com)

Terdengar asing, GenK? Memang benar tidak banyak orang yang memiliki hobi berkebun. Padahal dengan hobi berkebun bisa menjadi alatmu untuk bertahan hidup. Dengan menjual hasil tanam, kamu bisa menghasilkan pemasukan dan bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan, bisa kamu gunakan perlahan untuk mengembangkan dan memperluas perkebunan untuk meningkatkan hasil dan kualitas.  

Mengingat hasil dari perkebunan kamu yang berupa sayur dan buah-buah merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat, pastinya, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang memuaskan.  

Bermain Game

hobi yang menghasilkan uang 7

Hobi bermain game (sumber: pexels.com)

Siapa bilang bermain game tidak ada hasilnya? Selain menambah wawasan dalam segi bahasa dan juga memecahkan sebuah masalah, bermain game juga bisa menghasilkan uang! Bermain video game tidak selalu memberikan dampak buruk. Kini, berkembangnya teknologi pun juga membantu kita dalam mencari pendapatan.

Contohnya, dengan hobi bermain game online kamu bisa membuat tutorial dalam memainkan game yang sedang hits di masyarakat. Video tersebut bisa kamu upload ke Youtube. Semakin banyak orang yang menonton videomu, semakin banyak juga uang yang didapat.  

Menari

hobi yang menghasilkan uang

Hobi menari (sumber: pexels.com)

Kamu suka menggoyangkan badan? Kamu bisa menjadikan hobi ini sebagai profesi lho! Contohnya, kamu bisa saja menjadi guru tari atau penata gerak dalam acara-acara tertentu. Selain itu, kamu pun juga bisa jadi penari tradisional maupun modern. Bahkan, kamu bisa jadi penari yang go international jika kamu menekuni dan mengambil kesempatan tersebut.  

Baca Juga   7 Cara Manajemen Waktu Supaya Kamu Sukses di Usia Muda

Menulis

hobi yang menghasilkan uang 8

Hobi menulis (sumber: pexels.com)

Bagi kamu yang hobi nulis, sangat mudah untukmu menjadikannya sebagai mata pencaharian. Banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan dengan menulis. Contohnya kamu bisa ambil pekerjaan freelance menulis yang pada umumnya tidak memiliki keterkaitan kontrak pada sebuah perusahaan.  

Kamu juga bisa membuat blog sendiri dengan menulis topik-topik yang kamu kuasai berdasarkan tren saat ini. Mulai dari membahas lifestyle, kecantikan, elektronik, hingga ke review makanan atau tempat wisata. Semakin banyak yang membaca blog-mu, semakin banyak juga uang yang akan kamu dapatkan.  

Menggambar

hobi yang menghasilkan uang 9

Hobi menggambar (sumber: pexels.com)

Tidak semua seniman memutuskan untuk menyalurkan bakatnya sebagai mata pencaharian. Ada yang suka untuk dinikmati sendiri saja. Padahal, ini bisa jadi hobi yang menghasilkan uang. Dengan menggambar, kamu tidak perlu bekerja langsung ke kantor. Kamu bisa saja menggambar sebuah logo yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau merek tertentu dari rumah atau tempat lain yang kamu rasa nyaman. Bahkan, gambarmu bisa dijadikan sebagai merchandise dengan nilai yang mahal loh!  

Belanja

hobi yang menghasilkan uang 4

Hobi belanja (sumber: pexels.com)

Belanja memang identik dengan menghambur-hamburkan uang, namun siapa sangka, kini dengan belanja kita bisa menghasilkan uang juga, GenK! Hobi ini cocok untuk kamu yang tidak bekerja kantoran. Kamu bisa beli pakaian dengan harga murah dan menjualnya dengan harga yang menguntungkan.  

Tidak hanya sekadar pakaian, kamu pun bisa belanja berbagai produk dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Ada juga kini dikenal dengan istilah jastip, yaitu jasa titip, sebuah profesi yang dijalankan seseorang yang sedang bepergian ke luar negeri dengan cara membelikan berbagai macam produk titipan yang tentunya tidak ada di negara asalnya.  

Baca Juga   Tips dan Trik Thrift Shopping

Kamu bisa menjualnya lagi dengan harga yang lebih menguntungkan Tentunya, kamu memerlukan keahlian persuasi untuk proses jualanmu. Kamu bisa menjualnya melalui sosial media agar lebih mudah dan cepat!


Sudah tahu kan apa saja hobi yang menghasilkan uang? Mulai dari hobi nulis, hobi masak, dan lainnya bisa kamu ubah sebagai sebuah profesi. Nah, apakah kamu salah satu pemilik hobi di atas? Jika ya, kamu sudah mulai bisa mengembangkan sedikit-demi sedikit hobimu tersebut. Kamu sudah bisa mulai mempelajari celah dan kesempatan apa yang bisa kamu ambil dan jadikan sebagai penghasilan yang menguntungkan.

Polling

 

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Hobi dan Kriya

Menghias Kamar dengan Kreasi Origami

Hobi dan Kriya

Ayo Belajar Cara Membuat Undangan Praktis

Hobi dan Kriya

Mengenal Ecobrick, Si Pengganti Batu Bata Ramah Lingkungan

Hobi dan Kriya

Lagi Nyiapin Pesta? Dekorasi dengan Bunga Mawar Kertas Deh!

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Aksesoris Wanita: Anting Kekinian

Hobi dan Kriya

4 Ide Kreatif Desain Amplop Lebaran

Hobi dan Kriya

4 Ide Hiasan Dinding Unik dan Cara Membuatnya

Hobi dan Kriya

Cara Lengkap Membuat Seni Paper Cutting untuk Pemula

Hobi dan Kriya

4 Kerajinan dari Kain Flanel sebagai Hadiah Kecil buat Temanmu

Hobi dan Kriya

5 Ide Kerajinan dari Kardus Sepatu yang Bisa Bikin Kamarmu Lebih Rapi

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Kartu Ucapan yang Pasti Diingat Oleh Orang Terdekatmu

Hobi dan Kriya

DIY Phone Case Kreatif untuk Kamu Yang Bosenan

Hobi dan Kriya

3 Kerajinan dari Stik Es Krim Buat Meningkatkan Kreativitasmu

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Sedotan

Hobi dan Kriya

Aneka Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Hobi dan Kriya

Kreatif! Ini Dia Cara Membuat Aksesoris Wanita

Hobi dan Kriya

Berkebun di Dalam Air dengan Aquascape

Hobi dan Kriya

Yuk, Bikin Rak Buku Unik untuk Koleksi Bukumu

Hobi dan Kriya

Cara Membuat Pembatas Buku Kreatif

Hobi dan Kriya

3 Ide Kreasi Bunga Kertas

            Artikel Selanjutnya