Ini Dia Tutorial Cara Menggambar Wajah Lengkap!

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara menggambar wajah

Menggambar wajah menjadi ketakutan banyak orang. Bukan karena seram seperti hantu yah, tapi cara menggambar wajah menggunakan teknik yang rumit. Pernahkah kamu menonton live drawing di internet? Saat melihat orang lain menggambar wajah kayaknya gampang banget. Eh tapi pas dicobain malah susah dan hasilnya zonk. Salah satu solusinya adalah dengan mempelajari dasar-dasar cara menggambar wajah.

Sama halnya saat menggambar seluruh tubuh, menggambar wajah juga diperlukan proporsi yang pas. Apalagi di wajah banyak terdapat anggota tubuh. Ada alis, mata, hidung, dan mulut. Belum lagi kalau ditambah dengan rambut dan telinga. Diperlukan banyak latihan supaya kamu jadi terbiasa. Jadi, tidak perlu kabur-kaburan lagi deh kalau disuruh gambar wajah.

Step 1 – Siapkan alat gambar

cara menggambar wajah

Alat gambar (sumber: citizensketcher.com)

Sama halnya seperti cara menggambar orang, kamu memerlukan alat gambar untuk menggambar wajah beserta komponen di dalamnya. Gunakan juga jenis pensil yang bervariasi untuk memberi value.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Step 2 – Buat garis bantu

cara menggambar wajah

Contoh sketsa gambar dengan grid (sumber: Sourav joshi Arts YouTube Channel)

Ada dua jenis garis bantu yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah saat menggambar wajah. Pertama yaitu garis panjang berbentuk lambang plus sebagai kerangka dasar wajah. Sedangkan garis bantu yang kedua berbentuk grid. Kamu bisa memilih salah satunya yang kamu rasa lebih mudah dan tidak pakai ribet. Akan tetapi, umumnya desainer pemula memilih menggunakan metode grid untuk mendapatkan hasil sketsa yang lebih rapi dan terstruktur. Kalau kamu termasuk yang mana nih?

Baca Juga
Tutorial Cara Mudah Menggambar Chibi untuk Pemula

Step 3 – Buat bentuk oval 

cara menggambar wajah

Kerangka wajah (sumber: rapidfireart.com)

Selanjutnya adalah membuat bentuk oval di atas garis bantu. Bentuk oval ini akan menjadi kerangka utama wajah. Bentuknya tidak mesti total oval. Misalnya kamu ingin membuat pipi yang tirus, berarti di bagian samping bawah oval diberi lekukan. Hapus garis secara perlahan agar tidak merusak kertas.

Artikel Terkait
Seni Rupa & Desain

5 Jurus Rahasia Bermain Warna ala Desainer Grafis Profesional

Seni Rupa & Desain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Seni Rupa & Desain

Mengenal Karakter 5 Jenis Font yang Sering Kamu Pakai

Seni Rupa & Desain

5 Website Ini Bisa Jadi ‘Toko Online’ untuk Menjual Desain Buatanmu

Seni Rupa & Desain

Macam-Macam Aliran Seni Rupa yang Harus Kamu Ketahui

Seni Rupa & Desain

6 Jenis Kertas yang Wajib Anak Desain Ketahui

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>