Arsitektur & Interior

5 Tips Membangun Suasana Café yang Nyaman Melalui Pencahayaan

Membangun Suasana Café yang nyaman dan menarik merupakan salah satu hal yang diinginkan pengunjung selain dari rasa makanan dan minuman yang disajikan oleh cafe tersebut. Pencahayaan merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan.

Karena dengan pencahayaan yang baik bisa membuat pengunjung merasakan indera visual dari makanan yang disajikan ataupun obyek yang dilihat.

Fungsi pencahayaan pada ruangan bukan hanya berbicara tentang fungsionalnya saja, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana ruang yang menarik pengunjung, membentuk image dari cafe tersebut serta mempengaruhi mood pengunjung yang datang.

Yuk simak 5 inspirasi pencahayaan yang bisa membangun suasana interior pada café.

  1. Memanfaatkan Cahaya Alami

Desain Cafe

Sumber Gambar : id.pinterest.com

Cahaya alami memiliki nilai plus untuk interior salah satunya ialah dapat membuat barang tertentu yang terpapar sinar matahari memunculkan warna aslinya secara maksimal. Dengan cahaya alami juga membuat ruangan menjadi lebih terasa hangat.

Bukaan pada café bisa melalui jendela ataupun melalui skylight yang besar agar cahaya yang masuk lebih maksimal dan mudah. Selain memiliki nilai plus, cahaya alami juga memiliki kekurangan salah satunya ialah bisa menyebabkan ruangan terasa kurang sejuk di musim tertentu.

Maka dari itu perlu dipertimbangkan berapa banyak dan seberapa besar bukaan yang akan didesain pada interior sebuah café.

  1. Warna pada Cahaya

Desain Cafe

Sumber Gambar : id.pinterest.com

Warna yang tercipta karena adanya pencahayaan merupakan bentuk energi yang dapat mempengaruhi emosi dan mood. Selain itu, Warna dan makanan mempunyai relasi yang kuat dalam efek psikologis seseorang untuk membeli ataupun mengkonsumsi sebuah makanan.

Warna pencahayaan dibedakan menjadi warna dingin dan warna hangat.  Pada umumnya café atau restoran memiliki warna pencahayaan yang hangat karena bisa memberikan suasana yang nyaman. Untuk pencahayaan dengan warna hangat ini memiliki kisarana 3000-4000K.

  1. Jenis Pencahayaan

Desain Cafe

Sumber Gambar : id.pinterest.com

Aspek lainnya yang perlu diperhatikan untuk mendesain sebuah café adalah jenis pencahayaan yang akan digunakan. Ada beberapa jenis pencahayaan, berdasarkan fungsinya ada General Lighting yaitu pencahayaan yang menerangi ruang secara keseluruhan, Task Lighting yaitu pencahayaan yang menerangi kegiatan tertentu dan Accent Lighting yaitu pencahayaan yang menyoroti objek tertentu.

Berdasarkan tempat ada ceiling lamp (lampu plafon), wall lamp (lampu dinding), table lamp (lampu meja), standing lamp (lampu berkaki) dan pendant lamp (lampu gantung). Kemudian berdasarkan arahnya ada uplight, downlight dan spotlight. Yang terakir berdasarkan penampakannya ada direct lighting (cahaya langsung) dan Indirect lighting (cahaya tidak langsung).

  1. Memadukan dengan Konsep Desain Café

Sumber Gambar : id.pinterest.com

Interior sebuah ruangan biasanya memiliki suatu konsep tertentu yang membuat ruangan tersebut mempunyai ciri khas atau brand image tersendiri salah satunya pada interior cafe.

Sebelum menentukan pencahayaan yang akan digunakan lebih baik untuk mengetahui konsep apa yang akan digunakan dan suasana seperti apa yang ingin diciptakan dalam café tersebut. Memahami sebuah konsep desain sangatlah penting karena akan berpengaruh pada pemelihan jenis lampu yang akan digunakan untuk pencahayaan.

Ada berbagai jenis konsep desain yang bisa diterapkan pada interior café yaitu industrial, kontemporer, classic, minimalis, modern, dan lain sebagainya. Sama dengan konsep desain, lampu juga memiliki berbagai jenis antara lain ada lampu gantung atau yang biasa disebut dengan chandelier, lampu dinding, lampu pada meja, dan lain sebagainya.

  1. Menyoroti Bagian Tertentu dengan Lampu

Sumber Gambar : id.pinterest.com

Pada desain sebuah café biasanya memiliki spot area tertentu yang instagramable. Tujuannya untuk menarik pengunjung ataupun adanya dekorasi berupa tanaman, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Dengan adanya permainan pencahayaan pada spot-spot tersebut dapat membantu meniptakan suasana café menjadi lebih menarik. Karna terkadang beberapa orang datang ke sebuah café selain untuk menikmati hidangan adalah untuk berfoto ria.

Nah, bagaimana? Mudah sekali bukan untuk membuat café dengan suasana yang nyaman melalui pencahayaannya. Tips-tips di atas bisa disimpan untuk referensi kalian saat sedang mendesain sebuah café nantinya!

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

4 Desain Interior Japandi untuk Inspirasi Gaya Hunian

Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Leave a Reply

Your email address will not be published.