Arsitektur & Interior

Cara Membuat Maket Rumah Sederhana untuk Pemula

cara-membuat-maket

Kalian anak arsitektur pasti pernah ngalamin bingungnya membuat maket. Kalau lihat dari bentuknya saja, maket rumah memang terlihat sangat rumit, GenK. Padahal kalau kamu tahu tahap-tahapannya, kamu pasti bisa membuatnya dengan mudah. Nah, di artikel ini kami akan beri tahu cara membuat maket rumah. Yuk, disimak!

Saat datang ke mall, ada seorang salesman yang membagikan brosur cicilan rumah. Kalau kamu menengok ke dalam stand-nya, kamu bisa melihat miniatur rumah dalam bentuk tiga dimensi. Rancangan rumah tersebut dikenal dengan istilah maket. 

maket-rumah

Ilustrasi maket rumah (Sumber: senibudaya.web.id)

Menurut Wikipedia sendiri maket adalah tiruan dari berbagai macam hal, seperti gedung, kapal, pesawat terbang, dan lain sebagainya dalam bentuk tiga dimensi dan memiliki skala kecil.

Maket berfungsi supaya orang yang melihat jadi mendapat bayangan bagaimana hasil akhir desain nantinya.🤔 

Umumnya maket terbuat dari bahan kertas, kayu, busa, atau tanah liat. Setiap bahan yang digunakan punya cara eksekusi yang berbeda-beda. Khusus di artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat maket rumah dari bahan kertas board.

Selain murah dan mudah ditemukan, kertas board mudah dibentuk dan kokoh untuk dijadikan sebagai fondasi maket.

Jenis-Jenis Maket Arsitektur

Sebelum membaca tentang cara membuat maket, ketahui dulu bahwa model maket arsitektur dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu conceptual model, working model, dan presentation model.

Masing-masing model memiliki fungsinya masing-masing, karena dari bentuk eksekusi akhirnya pun juga berbeda. Mari simak pengertian tiap modelnya, GenK! 👇

1. Conceptual Model

maket-model-konseptual

Model konseptual (Sumber: artstation.com)

Model yang pertama adalah conceptual model. Bentuk-bentuk dasar arsitektur boleh digunakan untuk membuat model maket ini. Makanya, model yang satu ini terbilang mudah untuk dibuat.

Meskipun fondasi bangunan seharusnya dibuat dalam bentuk sketsa, tetapi dengan menggunakan model ini kamu bisa merealisasikannya ke dalam bentuk tiga dimensi. 

2. Working Model

working-model-maket

Working model maket (Sumber: Pinterest.com)

 

Berikutnya ada working model, yang selangkah lebih maju dan kualitasnya lebih tinggi daripada conceptual model. Working model mempermudah kamu berkomunikasi dengan orang lain untuk membuat mereka paham tentang ukuran bangunan, bentuk, dan material yang digunakan. 👍

3. Presentation Model

model-presentasi

Model presentasi (Sumber: coroflot.com)

Terakhir ada presentation model. Kamu pasti sudah sering melihatnya di mall, kantor, atau tempat jual beli rumah. Kalau kamu seorang mahasiswa jurusan Desain Interior, kamu pasti pasti pernah membuat maket seperti ini.

Dari bentuknya saja sudah terlihat bahwa presentation model memiliki detail yang lebih tinggi daripada kedua model yang sebelumnya kami bahas. Seakan-akan kamu melihat bentuk asli bangunan dalam bentuk mini, GenK.

Lanjut page selanjutnya yuk, Genk!

Fungsi Maket Bangunan

Sebelum kamu mengetahui cara membuat maket, kamu harus tahu dulu apa saja fungsi maket bangunan. Dengan begitu, kamu bisa memperjelas arahan desain maket kamu agar bisa memenuhi kebutuhan desain yang ada. 😊

Berikut ini beberapa fungsi maket bangunan:

  1. Menjembatani antara arsitek dan klien.
  2. Mempermudah klien untuk membayangkan bagaimana bentuk desain bangunan. 
  3. Miniatur rumah memberikan informasi ruang publik, entah itu dalam bentuk denah 2D maupun 3D. 
  4. Membayangkan furnitur seperti apa saja yang cocok digunakan di dalam ruangan.
  5. Sebagai panduan bentuk ketika gedung atau rumah masih dalam proses pembangunan.

Cara Membuat Maket Rumah Sederhana

Ini dia yang ditunggu-tunggu, yaitu cara membuat maket rumah yang super simpel. Cocok buat kamu yang baru mulai belajar bikin miniatur rumah. Jangan ragu mencoba, GenK. Alat dan bahannya pun dapat dengan mudah kamu temukan di pertokoan. Yuk, simak cara membuat miniatur rumah!

Step 1 – Cetak Foto Referensi Rumah

referensi-rumah

Ilustrasi referensi rumah

 

Cara membuat maket yang pertama adalah dengan mencetak foto rumah yang akan dijadikan sebagai referensi. Foto ini bisa kamu ambil dari internet atau memotret sendiri. 📸

Sebagai pemula, kami menyarankan untuk mencari referensi rumah yang bentuk dan ornamen arsitekturnya sederhana supaya desain maket nggak terlalu rumit.

Step 2 – Siapkan Alat dan Bahan

alat-dan-bahan-membuat-rancangan

Bahan-bahan (Sumber: yanngai.com)

Step berikutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat maket rumah. Tenang saja, harganya sangat terjangkau dan bisa dengan mudah kamu temukan di pertokoan. Berikut adalah daftar alat dan bahan utama untuk membuat maket, GenK:

  • Karton board
  • Kertas HVS berwarna
  • Alat tulis
  • Cutter
  • Isolasi kertas
  • Double tape

Step 3 – Gambar Denah Rumah

menggambar-denah-rumah

Menggambar denah (Sumber: idoexist.net)

Cara membuat maket yang berikutnya yaitu dengan menggambar denah rumah di karton board. Gunakan penggaris untuk membuat ukuran yang akurat. Sekaligus agar kamu lebih mudah saat menyamakan denah dengan elemen tiga dimensi pembuat bangunan.

Untuk bentuk denah bisa kamu kreasikan sendiri atau bisa juga benar-benar disamakan dengan referensi foto rumah yang sudah kamu cari di step pertama. Usahakan denah rumah nggak terlalu besar dan nggak terlalu kecil untuk mempermudah proses perancangan maket. 

Step 4 – Buat Elemen Tiga Dimensi

Elemen tiga dimensi yang kami maksud di sini adalah dinding, jendela, atau, dan elemen pembangun rumah lainnya. Masih dengan bahan yang sama, gunakan karton board untuk membuat elemen tiga dimensi tersebut.

Tak lupa ukur juga menggunakan penggaris dan samakan ukurannya sesuai denah yang kamu buat di step sebelumnya. 

Jika ada bagian yang perlu dilubangi, tandai terlebih dahulu area mana saja yang ingin dihilangkan. Kemudian gunakan cutter untuk memotong sesuai garis tersebut. Pelan-pelan saja, GenK, supaya nggak ada bagian karton board yang rusak karena salah potong.

Step 5 – Lapis Potongan Elemen Tiga Dimensi dengan HVS

cara-membuat-maket

Melapisi karton board dengan HVS (Sumber: ngertiaja.com)

Potongan elemen yang sudah kamu buat lapisi dengan kertas HVS berwarna. Tujuannya buat apa sih? Jadi, kertas HVS ini berfungsi sebagai cat tembok maket rumah. 

Misalnya kamu ingin membuat tembok depan warna kuning, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna kuning. Atau misalnya kamu ingin membuat pintu berwarna cokelat, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna coklat.

Tempel HVS di karton board menggunakan double tape atau isolasi kertas.

Namun nggak melulu harus pakai HVS kok, GenK. Kamu dapat menggunakan jenis kertas lainnya sebagai cat tembok maket rumah. Supaya referensi kertasmu makin luas, yuk baca jenis-jenis kertas yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya. 😉

Step 6 – Mulai Menempel Maket

menempel-bagian-bagian-maket

Ilustrasi mulai menempel elemen tiga dimensi (Sumber: ikon-gallery.org)

Cara membuat maket rumah yang berikutnya adalah dengan mulai menempel elemen tiga dimensi sesuai denah yang sudah dibuat pada step ketiga.

Gunakan double tape atau lem cair supaya elemen tiga dimensi menempel di karton board denah dan dapat berdiri tegak. Lakukan tahapan ini sampai semua elemen arsitektur rumah sudah tersusun menjadi rancangan rumah.

Tips: atap merupakan bagian tersulit dari semua cara membuat miniatur rumah, karena kemiringan atap harus sesuai antara kanan dan kiri. Kalau kemiringannya nggak seimbang, berarti ada bagian dinding yang salah. Maka dari itu menggunakan penggaris adalah hal yang wajib. 📏

Step 7 – Tambah Dekorasi Rumah

menambah-elemen-dekorasi

Rumput maket (Sumber: puredesigns.ca)

Supaya tampilan rumah makin indah dipandang mata, tambahkan beberapa dekorasi di area tertentu. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk mendekorasi maket:

  • Sabut cuci piring, digunakan sebagai rumput taman.
  • Busa dan kawat, untuk membuat daun-daun pepohonan.
  • Mini glow stick dan micro LED, berfungsi untuk memberikan efek cahaya bangunan dan sekitarnya.


Gimana, GenK? Mudah kan cara membuat maket rumah yang kami jelaskan? Kamu sebagai pemula nggak perlu merasa khawatir gagal.

Nah, masih dari dunia arsitektur dan interior, kamu juga bisa belajar bikin desain rumah lewat The Sims loh. Pastinya asik banget belajar sambil bermain, GenK! 😸 

Polling

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Merawat Tangki Air Agar Bebas Lumut dan Tahan Lama

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *