Game & Teknologi

Sering Main Gadget Lama? Waspada Bahaya Blue Light!

blue light

Susah tidur di malam hari? Terlalu sering bermain ponsel bisa menjadi salah satu penyebabnya, lho. Tahukah kamu kalau ponsel memancarkan blue light yang efeknya merugikan banget buat kamu? Yuk simak penjelasannya!

“Sebaiknya jangan main handphone sebelum tidur.” Ternyata kalimat itu bukan sekadar kalimat biasa. Jika dikaitkan dengan penjelasan sains, ternyata ada benarnya loh. Susah tidur bukan cuma karena pembahasan seru di grup chat yang bikin susah lepas dari ponsel, ternyata ponsel pintar milikmu itu memancarkan yang namanya blue light. Adakah yang masih asing dengan istilah tersebut?

Apa itu Blue Light?

Melindungi kulit dari sinar UV itu penting banget. Apalagi di era sekarang yang super panas. Setiap pagi kamu mengaplikasikan krim sunscreen pada seluruh permukaan tubuh, tapi kamu tidak menyadari bahwa ada bahaya lain yang mengintaimu, yaitu blue light.

blue light 1

Ilustrasi pancaran blue light (sumber: newatlas.com)

Blue light adalah sinar yang terdapat di dalam spektrum cahaya. Ia bisa terlihat oleh mata manusia, memiliki gelombang pendek tetapi dapat memproduksi energi yang sangat besar.

Ponsel, tablet, televisi, komputer, dan lampu LED. Hampir semua benda yang kita gunakan sehari-hari memancarkan blue light yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan mata. Blue light memiliki spektrum yang berbeda dari gelombang cahaya lainnya, karena lebih kuat dan lebih berpotensi merusak kesehatan tubuh manusia.

Cahaya merupakan sejenis partikel elektromagnetik yang bergerak di dalam gelombang. Gelombang inilah yang memancarkan energi. Semakin pendek gelombang yang dihasilkan, maka semakin besar pula energinya. Setiap gelombang memiliki warna-warna yang berbeda. Bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori, seperti gamma, UV, visible light, infrared. Semuanya termasuk spektrum elektromagnetik.

blue light 2

Spektrum elektromagnetik (sumber: media1.britannica.com)

Blue light merupakan cahaya yang dapat ditangkap oleh mata manusia. Maka dari itu, mata jadi lebih rentan terkena penyakit apabila terterpa olehnya. Apalagi ia punya energi lebih tinggi daripada warna lainnya, seperti merah, kuning, dan hijau.

Hayolohkamu yang menghabiskan waktu lebih dari 10 jam perhari di depan gadget mesti tahu apa saja kerugian sinar ini yang berimbas ke tubuhmu. Seram banget! Lalu kenapa sih blue light itu mesti banget diperangi? Padahal melihat matahari dengan mata telanjang juga berbahaya loh.

Daripada bingung, kami punya beberapa hal yang menjadi alasan kenapa blue light berbahaya buat kamu. Langsung saja lihat poin di bawah ini.

Baca Juga :   6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget
About author

Related posts
Game & Teknologi

Program Software untuk Bisnis Kecil Biar Sistem Operasionalmu Lancar

Game & Teknologi

Buat Stiker Whatsapp Mudah Pakai 4 Aplikasi Android Ini

Game & Teknologi

5 Rekomendasi Website untuk Download GIF Gratis

Game & Teknologi

Rekomendasi Tools Marketing Gratis dari Google untuk Kembangkan Bisnis Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.