leadersingle

6 Nutrisi Sehari-Hari yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dibaca Normal: 3 menit aja

Saat badan sedang tidak enakan, mau itu flu atau karena pilek, setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk membuat tubuh kembali pulih seperti sedia kala. Tapi apa kamu sudah yakin dengan cara yang kamu lakukan tersebut sudah tepat? Apakah mengonsumsi vitamin saja sudah cukup? Kalau bubur dan sup ayam? Jadi, apa sih yang sebenarnya harus kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh? 

Menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu dalam kondisi prima sepertinya menjadi sangat dalam waktu belakang ini. Alasannya tentu sudah jelas, apalagi kalau bukan karena wabah virus corona (COVID-19) yang telah merebak, hingga ke Tanah Air. Maka dari itu, sistem pertahanan tubuh yang baik selalu menjadi benteng pertahanan paling ampuh untuk melindungi diri dari serangan berbagai penyakit, termasuk si COVID-19 ini. Dilansir dari Good Housekeeping, beberapa jenis makanan berikut terbukti paling efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. 

1. Probiotik 

Imunitas tubuh 1

Sumber: healthline.com

Probiotik pada dasarnya merupakan jenis bakteri baik yang dapat ditemukan di dalam saluran pencernaan manusia. Mikroorganisme ini berperan sebagai sistem pertahanan dari berbagai macam makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Beberapa jenis makanan yang mengandung kandungan  probiotik tinggi biasanya merupakan produk fermentasi seperti yogurt, kefir, miso, dan kombucha. Jika kamu berniat mendapatkan asupan probiotik yang cukup, utamakanlah mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti yang disebutkan. Barulah jika makanan tersebut tidak tersedia, kamu dapat menggantinya dengan alternatif berupa suplemen probiotik yang tepat. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
5 Cara Terkini Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Virus Corona 

2. Protein

Sumber: healthline.com

Kalau jenis makanan yang mengandung protein pastinya sudah tak perlu diragukan lagi dong manfaatnya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Protein yang diambil dari sumber hewani dan nabati (tumbuhan) memiliki peran penting untuk mengatur perkembangan dan regenerasi sel tubuh. Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung zat antioksidan yang baik untuk menangkal paparan radikal bebas. Sementara jenis protein hewani dari daging dan ikan dapat dijadikan sebagai sumber zinc (zat seng) untuk menjaga sel imun tubuh dan mendukung proses penyembuhan luka. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
GenK LIFE

7 Fakta Unik Tahun Kabisat, Dari Larangan Menikah Sampai Mitos Kelahiran

GenK LIFE

Pola Asuh Tiger Parenting, Benar Baikkah untuk Mental Anak?

GenK LIFE

Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Kartu Pra Kerja

GenK LIFE

Kenali Varian Masker Wajah Organik yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulitmu

GenK LIFE

Ladies, Ini Loh 9 Jenis Brush Make Up yang Mesti Kamu Tahu

GenK LIFE

4 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit Meningitis

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>