GenK LIFE

3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

Supaya cara belajarmu efektif, cari tahu dulu kamu tipe yang mudah mencerna informasi dalam bentuk apa. Di artikel kali ini, kami memberikan tiga cara belajar efektif buat si tipe visual. Semoga bisa membuatmu lebih semangat ya!

Belajar adalah kegiatan yang dilakukan setiap individu untuk mencapai sebuah perubahan, baik dari segi kepribadian, pengetahuan, keterampilan, sampai berkehidupan sehari-hari. Pelajaran bisa diambil dari pengalaman baru, ilmu di pendidikan, dan berlatih secara berkala. Agar mencapai perubahan maksimal dengan cepat, kamu perlu menerapkan cara belajar efektif. Mengapa kita perlu menerapkannya? karena setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda saat mencerna dan mengolah informasi.

Individu dibagi menjadi tiga tipe untuk mencerna informasi, yaitu tipe audio, visual, dan audiovisual. Tipe audio adalah individu yang lebih mudah mencerna informasi dari suara, seperti penjelasan guru saat menerangkan materi di depan kelas, dari radio, dan rekaman suara. Tipe visual adalah individu yang lebih mudah mencerna informasi dari gambar, seperti foto, lukisan, diagram, dan grafis. Sedangkan tipe audiovisual adalah gabungan dari tipe audio dan visual. Individu tipe ini memiliki kemampuan mencerna informasi dari gabungan suara dan gambar, seperti film, animasi, dan motion graphics.

Tidak semua individu dapat belajar dengan teknik membaca buku, GenK, ada pula individu yang lebih mudah untuk mengingat gambar daripada bentuk teks. Apabila kamu termasuk individu lebih mudah mengingat gambar, kami memiliki cara belajar efektif yang bisa menjadi alternatif belajar. Siapa tau dapat membantu kamu jadi lebih mudah dalam mencerna dan mengolah informasi.

Ada tiga cara yang kami rekomendasikan, yaitu Studyblr, Infografis, dan Motion Graphics. Agar lebih jelas, yuk kita bahas satu per satu, GenK!

1. Studyblr

Cara belajar efektif yang pertama adalah dengan membuat Studyblr. Apa itu Studyblr? Studyblr adalah teknik yang digunakan saat belajar agar materi pelajaran terlihat menarik dan tidak membosankan. Tampilan materi dibuat sekreatif mungkin, baik dari segi tulisan maupun gambar. Teknik ini cocok untuk kamu yang sudah bosan dengan cara belajar yang monoton. Bentuk yang unik, serta warna yang beragam bisa menaikkan mood saat belajar.

Cara Belajar Efektif lewat Gambar

Ilustrasi studyblr (sumber: metiza.com)

Teknik Studyblr sudah umum digunakan oleh anak sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi. Untuk menghias catatan materi pelajaran ala Studyblr, tentunya kamu memerlukan referensi desain. Lalu kamu juga membutuhkan alat dan bahan untuk merealisasikan desain. Apa kamu mulai tertarik untuk menerapkan teknik Studyblr saat belajar? Untuk lebih lengkapnya, kami sudah pernah membahas tentang cara membuat Studyblr secara lengkap. Siapa tahu bisa membantu kamu, GenK!

Baca Juga :   5 Cara Berpikir Positif

2. Infografis

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Infografis. Kata Infografis sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu infographics yang merupakan gabungan kata “Information” dan “Graphics”. Jadi, infografis dapat diartikan sebagai informasi yang disampaikan lewat visualisasi data.

Cara Belajar Efektif lewat Gambar

Ilustrasi infografis (sumber: pixabay.com)

Dengan memvisualisasikannya, informasi yang disampaikan diharap dapat lebih mudah dipahami audiens. Cara ini pas banget untuk kamu yang tergolong dalam tipe visual, orang-orang yang yang lebih mudah mencerna informasi dari gambar.

About author

Related posts
GenK LIFE

Ini Dia Penjelasan Mengenai Anak Indigo Berdasarkan Sains!

GenK LIFE

Pingin Silaturahmi Tapi Takut Pandemi? Simak Tips Amannya Disini!

GenK LIFE

Pengen Hidup Jadi Lebih Baik? Ini 4 Buku Untuk Membangun Kebiasaan Yang Wajib Dibaca!

GenK LIFE

Generasi Millennial Ga Bisa Nabung? Ini Cara Ngatur Duit Ala Millennial!

Leave a Reply

Your email address will not be published.