3 Cara Belajar Efektif lewat Gambar yang Bikin Kamu Semangat!

Dibaca Normal: 6 menit aja

Supaya cara belajarmu efektif, cari tahu dulu kamu tipe yang mudah mencerna informasi dalam bentuk apa. Di artikel kali ini, kami memberikan tiga cara belajar efektif buat si tipe visual. Semoga bisa membuatmu lebih semangat ya!

Belajar adalah kegiatan yang dilakukan setiap individu untuk mencapai sebuah perubahan, baik dari segi kepribadian, pengetahuan, keterampilan, sampai berkehidupan sehari-hari. Pelajaran bisa diambil dari pengalaman baru, ilmu di pendidikan, dan berlatih secara berkala. Agar mencapai perubahan maksimal dengan cepat, kamu perlu menerapkan cara belajar efektif. Mengapa kita perlu menerapkannya? karena setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda saat mencerna dan mengolah informasi.

Individu dibagi menjadi tiga tipe untuk mencerna informasi, yaitu tipe audio, visual, dan audiovisual. Tipe audio adalah individu yang lebih mudah mencerna informasi dari suara, seperti penjelasan guru saat menerangkan materi di depan kelas, dari radio, dan rekaman suara. Tipe visual adalah individu yang lebih mudah mencerna informasi dari gambar, seperti foto, lukisan, diagram, dan grafis. Sedangkan tipe audiovisual adalah gabungan dari tipe audio dan visual. Individu tipe ini memiliki kemampuan mencerna informasi dari gabungan suara dan gambar, seperti film, animasi, dan motion graphics.

Tidak semua individu dapat belajar dengan teknik membaca buku, GenK, ada pula individu yang lebih mudah untuk mengingat gambar daripada bentuk teks. Apabila kamu termasuk individu lebih mudah mengingat gambar, kami memiliki cara belajar efektif yang bisa menjadi alternatif belajar. Siapa tau dapat membantu kamu jadi lebih mudah dalam mencerna dan mengolah informasi.

Ada tiga cara yang kami rekomendasikan, yaitu Studyblr, Infografis, dan Motion Graphics. Agar lebih jelas, yuk kita bahas satu per satu, GenK!

1. Studyblr

Cara belajar efektif yang pertama adalah dengan membuat Studyblr. Apa itu Studyblr? Studyblr adalah teknik yang digunakan saat belajar agar materi pelajaran terlihat menarik dan tidak membosankan. Tampilan materi dibuat sekreatif mungkin, baik dari segi tulisan maupun gambar. Teknik ini cocok untuk kamu yang sudah bosan dengan cara belajar yang monoton. Bentuk yang unik, serta warna yang beragam bisa menaikkan mood saat belajar.

Cara Belajar Efektif lewat Gambar

Ilustrasi studyblr (sumber: metiza.com)

Teknik Studyblr sudah umum digunakan oleh anak sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi. Untuk menghias catatan materi pelajaran ala Studyblr, tentunya kamu memerlukan referensi desain. Lalu kamu juga membutuhkan alat dan bahan untuk merealisasikan desain. Apa kamu mulai tertarik untuk menerapkan teknik Studyblr saat belajar? Untuk lebih lengkapnya, kami sudah pernah membahas tentang cara membuat Studyblr secara lengkap. Siapa tahu bisa membantu kamu, GenK!

Baca Juga
5 Cara Berpikir Positif

2. Infografis

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Infografis. Kata Infografis sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu infographics yang merupakan gabungan kata Information dan Graphics. Jadi, infografis dapat diartikan sebagai informasi yang disampaikan lewat visualisasi data.

Cara Belajar Efektif lewat Gambar

Ilustrasi infografis (sumber: pixabay.com)

Dengan memvisualisasikannya, informasi yang disampaikan diharap dapat lebih mudah dipahami audiens. Cara ini pas banget untuk kamu yang tergolong dalam tipe visual, orang-orang yang yang lebih mudah mencerna informasi dari gambar.

Jenis-Jenis Infografis

Infografis dibagi menjadi tiga jenis, yaitu infografis statis, infografis animasi, dan infografis interaktif. Agar lebih mengenal lagi tentang infografis, yuk kita bahas satu per satu jenis infografis!

  • Infografis Statis

Infografis statis adalah infografis yang dikemas dalam bentuk gambar yang tidak bergerak atau statis. Jenis infografis ini sering kali kamu temukan di media cetak, media sosial, maupun situs web. Bentuknya yang sederhana membuat kamu lebih mudah memahami isi materi yang tertera dalam infografis.

  • Infografis Animasi

Infografis animasi adalah infografis yang dikemas dalam bentuk video animasi, baik berupa animasi 2D maupun 3D. Karena animasi pada dasarnya menggunakan prinsip gambar bergerak, maka grafis yang sudah dibuat kemudian diberi efek gerak (motion). Contoh dari jenis infografis ini adalah motion graphics yang akan kita bahas lebih lengkap di poin cara belajar efektif yang selanjutnya.

  • Infografis Interaktif

Infografis interaktif adalah infografis yang dikemas semenarik mungkin agar pengguna dapat berinteraksi dan memahami informasi yang sudah didesain. Informasi dikemas sesederhana mungkin agar lebih menarik. Dengan infografis interaktif, audiens dapat mengeksplorasi informasi yang sudah didapatkan.

Baca Juga
Fresh Graduate, Baca Ini Yuk Sebelum Kamu Masuk Dunia Kerja!

Lalu bagaimana cara menggunakan infografis untuk belajar? Caranya mudah, kamu hanya perlu mencari infografis yang memuat informasi seputar topik atau materi pelajaran yang kalian butuhkan. Misalnya kamu membutuhkan informasi tentang film, kamu tinggal mencari infografis yang berkaitan dengan film. Carilah bentuk visual infografis yang kalian sukai. Namun tak hanya bentuk visual, kamu juga perlu memperhatikan isi materi infografis. Jangan sampai materi yang disampaikan tidak dapat kamu pahami, GenK.

Manfaat Infografis

Infografis memiliki manfaat yang berguna untuk pembacanya, ini dia manfaat infografis:

  • Mempermudah Proses Belajar

Pada dasarnya infografis didominasi dengan gambar, sehingga teks yang tertera tidak banyak. Materi berbentuk teks sudah diringkas dan diambil inti-intinya saja, sehingga mempermudah kamu saat belajar. Intinya mempelajari infografis dijamin tidak rumit, GenK.

  • Mempersingkat Waktu Belajar

Mempersingkat di sini bukan berarti kamu jadi jarang belajar, GenK, tapi untuk memahami suatu materi menjadi lebih cepat karena bentuk infografis yang tidak rumit. Materi jadi dapat disampaikan dengan simpel. Kamu pun jadi lebih mudah paham. Waktu yang tersisa bisa kamu gunakan untuk mempelajari materi lainnya.

  • Tampilan yang Menarik

Tampilan visual yang menarik akan membuat kamu betah mempelajari suatu materi. Ini cocok banget untuk kamu yang mudah jenuh saat belajar, apalagi melihat teks hitam-putih yang monoton. Dengan infografis, mood kamu akan terjaga dan jadi lebih semangat, sehingga dapat meningkatkan minat belajar.

  • Lebih Mudah Diingat

Buat kamu yang dominan ke visual, tampilan yang menarik dan teks yang ringkas akan membuat materi pelajaran lebih mudah diingat. Bentuk-bentuk yang tertata rapi dan warna-warna yang mencolok pasti akan lebih bertahan lama di pikiran kamu dibanding rentetan teks panjang yang cenderung monoton.

3. Motion Graphics

Cara belajar efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan motion graphics. Dari namanya sendiri, motion berarti gerak, dan graphics berarti grafis. Artinya, motion graphics adalah grafis yang diberi efek bergerak. Banyak komponen yang dapat menyusun motion graphics agar menjadi video animasi yang menarik, seperti gambar, tipografi, efek visual, dan efek suara.

Cara Belajar Efektif lewat Gambar

Ilustrasi motion graphics (sumber: YouTube FPT Dがヾng L璽m)

Mengapa motion graphics dianggap mampu menjadi salah satu cara belajar efektif? Hal ini dikarenakan informasi yang disajikan melalui motion graphics akan terlihat lebih hidup. Pemilihan gambar dan efek video yang tepat akan membangun suatu video yang berkesan. Tak hanya masalah visual dan efek video, materi pelajaran yang ada di dalam video juga harus disampaikan dengan benar, agar informasi dapat dipahami audiens.

Ada dua cara untuk menyampaikan informasi di motion graphics. Cara pertama adalah melalui gambar dan tulisan yang ada di video. Lalu cara kedua adalah melalui voice over atau rekaman suara yang ada di sepanjang video. Kreator video harus bisa memilih kalimat-kalimat yang sederhana dan tidak membosankan, agar audiens tetap betah untuk menonton video.

Baca Juga
7 Cara Manajemen Waktu Supaya Kamu Sukses di Usia Muda

Lalu bagaimana cara menggunakan motion graphics untuk belajar? Langkah utama yang harus kamu lakukan adalah menentukan materi pelajaran yang kamu perlukan. Selanjutnya cari video yang berkaitan dengan materi kamu. Di media sosial dan situs web sudah banyak yang mengunggah motion graphics yang berisikan berbagai macam topik pembahasan loh, GenK. Pilihlah yang kamu sukai, baik dari segi gambar maupun penyampaian di voice over. Kalau kamu termasuk tipe audiovisual, motion graphics dijamin cocok untuk dijadikan media belajar kamu, GenK.

Manfaat Motion Graphics

Motion graphics juga memiliki manfaat yang berguna untuk penontonnya. Apa aja sih? Ini dia:

  • Efektif dan Efisien

Umumnya video motion graphics dibuat dalam durasi singkat. Durasi yang paling efektif adalah 3 menit. Dari video yang hanya 3 menit, kamu bisa mendapatkan banyak informasi sehingga lebih efisien.

  • Mudah Diingat

Masih berhubungan dengan durasi, penggunaan durasi singkat dan materi yang sudah dirangkum tentu akan lebih mudah diingat. Maka dari itu motion graphics bisa dijadikan pilihan sebagai media belajar. Apalagi buat kamu yang mudah jenuh belajar dari teks-teks panjang.

  • Tampilan yang Menarik

Kamu juga akan merasakan sensasi berbeda antara belajar dari teks dengan belajar dari motion graphics. Video yang disuguhkan dengan audio dan visual yang menarik akan membuatmu betah walaupun belajar berjam-jam, GenK. Ada beberapa kreator motion graphics yang kami rekomendasikan untuk kamu, seperti channel YouTube Kok Bisa dan channel YouTube Plainthing Studio.


Nah itu dia rekomendasi 3 cara belajar efektif lewat gambar yang bikin kamu semangat. Dengan cara-cara ini, kamu diharapkan dapat belajar secara mudah dan efisien serta jauh dari rasa bosan. Ayo buat kegiatan belajarmu menjadi lebih menyenangkan, GenK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
GenK LIFE

Kenapa Generasi Milenial Masa Kini Sangat Perfeksionis?

GenK LIFE

7 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

GenK LIFE

Yuk Cek Tipe Milenial Kamu Lewat Indonesia Millennial Report 2020

GenK LIFE

Teknik Pomodoro, Kerja Produktif dengan Waktu yang Efektif

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link