leadersingle

Sebelum Bisa Online, Begini Perkembangan Sensus Penduduk di Indonesia

Dibaca Normal: 4 menit aja

Memasuki tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan melakukan sensus penduduk di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini merupakan sensus yang dilakukan setiap 10 tahun sekali sejak pertama kali diadakannya di tahun 1961. Jika di dalam pelaksanaan sensus biasa BPS akan mengambil data secara manual dan mendatangi satu persatu warga, di tahun 2020 ini BPS sudah mengalami sebuah perkembangan. Sensus Penduduk 2020 kini sudah bisa dilakukan secara online.

Pengisian Sensus Penduduk 2020 Online sendiri bahkan telah berakhir pada Selasa (31/3/2020) kemarin. Terlepas dari perkembangan terbaru Sensus Penduduk 2020 ini, kita juga harus mengetahui tentang perkembangan sensus penduduk yang ada di Indonesia.

Baca Juga
Sensus Penduduk Online Jadi Solusi di Tengah Wabah Corona

Sensus Penduduk di Indonesia

Sensus penduduk dimulai pertama kali di Indonesia sejak masa kolonial, tepatnya saat Thomas Stamford Raffles menjabat sebagai Gubernur Jenderal di kawasan Hinda-Belanda pada 1815. Sejak itu terjadi hingga 1930, sudah tercatat 10 kali kegiatan sensus penduduk di Indonesia dilakukan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Ilustrasi penduduk. (Sumber: pexels)

Walau sudah pernah melakukan 10 kali pendataan, namun hanya tiga periode saja yang dinilai baik, yaitu di tahun 1905, 1920 dan 1930. Dari ketiga data tersebut, Sensus Penduduk lah yang dijadikan referensi untuk kependudukan di Indonesia. Sensus Penduduk 1930 adalah sensus modern pertama yang berorientasi mendapatkan data sosial-ekonomi penduduk tanpa dikaitkan dengan kepentingan pajak. Pelaksanaannya sendiri bahkan dilakukan oleh Biro Pusat Statistik yang didirikan pada 1925.

Pada tahun 1942 hingga 1945, tepatnya pada masa pendudukan Jepang, sensus penduduk dilakukan pada tingkatan lokal walau hampir semua dokumen hasil sensus tersebut hilang. Dokumen yang tersisa hanya dokumen dari Provinsi Kalimantan Barat dan juga Pulau Lombok.

Artikel Terkait
GenK LIFE

Simak Waktu Terbaik dan Manfaat Berjemur, Apakah Bisa untuk Tangkal Virus?

GenK LIFE

5 Cara Memakai Parfum Ini Bikin Badan Wangi Seharian

GenK LIFE

Ramuan Herbal Alami Peningkat Imunitas untuk Lawan Virus Corona

GenK LIFE

6 Tips Mengatur Ritme Sirkadian (Jam Biologis Tubuh) Agar Tetap Bugar dan Produktif

GenK LIFE

Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

GenK LIFE

8 Inspirasi Kado Spesial Buat Naklukin Hati Si Dia

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>