Bukan Cuma Menghibur, Ini Dia Manfaat Behind The Scene Film

Dibaca Normal: 3 menit aja

Pernahkah kamu penasaran sebenarnya bagaimana apa saja yang terjadi di balik pembuatan sebuah film? Mulai dari tahap pra produksi sampai pasca produksi pasti punya kisahnya masing-masing. Tidak hanya soal teknis, tetapi juga bagaimana cara seluruh kru bersatu dalam satu visi dan misi untuk menciptakan karya film yang menakjubkan. Tak jarang ada rumah produksi yang membagikan video behind the scene (BTS) pembuatan film kepada penonton dan YouTube menjadi platform favorit. Buat kamu yang penasaran apa saja manfaat behind the scene film mari simak poin-poin di bawah ini.

Slider
Slider
Slider

1. Media Promosi Film

Seperti yang kita ketahui, teaser dan trailer berisikan cuplikan adegan yang berfungsi sebagai media promosi. Ternyata tidak cuma teaser dan trailer saja loh, karena video salah satu manfaat behind the scene film juga sebagai media promosi. Di dalam video BTS, kamu bisa melihat bagaimana seluruh kru dan pemain bekerja keras secara profesional untuk menghasilkan sebuah karya film. Syuting dari pagi sampai pagi lagi dan adegan yang dilakukan secara berulang-ulang bikin yang belum nonton jadi pengen nonton karena adegannya jadi terngiang-ngiang.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Bikin Penasaran

manfaat behind the scene

Behind the scene film “Five Feet Apart” (sumber: hollywoodreporter.com)

Manfaat behind the scene yang berikutnya yaitu membuat penonton jadi penasaran. Di dalam sebuah konten video BTS menampilkan cerita tentang orang-orang yang bekerja di balik pembuatan film. Ketika sneak peek pengambilan adegan ditayangkan secara cuma-cuma bisa menimbulkan rasa penasaran loh. Hal tersebut membuat calon penonton jadi tidak sabar untuk menonton film yang ada di video BTS tersebut.

Baca Juga
Yuk Intip Profesi Penting di Balik Pembuatan Film 

3. Melihat Kemistri Pemain di Luar Set

manfaat behind the scene

Pemain drama Korea “Vagabond” (sumber: allkpop.com)

Setelah selesai menonton film, apa yang kerap membekas di otakmu? Apakah visualnya yang kece atau malah baper dengan kemistri pemainnya? Kalau sudah baper, biasanya penonton akan mencari konten behind the scene yang diunggah di YouTube. Melihat kisah setiap pemain di luar set punya daya tarik tersendiri yang bakal bikin kamu geregetan sendiri kalau sudah baper akut. Biasanya di dalam sebuah video BTS akan menayangkan momen-momen saat pemain menghafal naskah, mengulang pengambilan adegan, istirahat bersama kru, dan masih banyak lagi.

4. Melihat Kecanggihan CGI

Computer Graphic Images atau CGI adalah sebuah teknologi grafis komputer untuk memberikan visual effects (vfx) dan special effects (sfx) yang banyak digunakan pada pembuatan sebuah film. Nah, pada video BTS, kamu bisa melihat adegan sebelum dan sesudah diolah CGI. Misalnya saat Josh Brolin memerankan Thanos di film “Avengers: Endgame”. Perbedaan sebelum dan sesudahnya benar-benar kece abis! Untuk lebih lengkapnya seputar apa itu CGI bisa kamu baca di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga
Yakin Sudah Tahu Semua Tentang Filmmaking? Buktikan di Sini

5. Konten untuk Belajar Filmmaking

manfaat behind the scene

Behind the scene serial “Sherlock” (sumber: onset.shotonwhat.com)

Manfaat behind the scene yang berikutnya adalah sebagai konten untuk belajar filmmaker. Tentunya di dalam video BTS menayangkan bagaimana proses pengambilan gambar yang dilakukan oleh sutradara, director of photography, dan cameraman. Dengan begitu, kamu bisa sekalian mempelajari tentang type of shot, camera movement, lighting, dan lain-lain yang berhubungan dengan filmmaking. Belajar tidak perlu mahal, kan?

6. Membuat Penonton Merasa Istimewa

Ilustrasi menonton behind the scene (sumber: leafly.com)

Dengan memperlihatkan peristiwa behind the scene sebuah film bisa membuat penonton merasa istimewa loh. Kapan lagi mereka mendapat kesempatan untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di bali layar, baik itu seputar kru maupun pemainnya. Setelah menonton video BTS, penonton jadi memiliki pandangan baru terhadap film hasil produksimu. Seakan-akan mereka memiliki koneksi tersendiri deh. Lumayan kan bisa mempromosikan film sekaligus menghibur penonton. 

Nah, itu dia beberapa manfaat behind the scene film. Ternyata konten video yang satu ini sangat berguna buat kamu yang ingin belajar filmmaking. Selain mengedukasi, konten video BTS juga menghibur penonton. 

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Jenis-Jenis Camera Movement yang Harus Dikuasai Filmmaker

Film, Animasi & Video

Canggihnya Teknologi Motion Capture yang Bikin Gerakan Digital Nampak Nyata

Film, Animasi & Video

4 Rekomendasi Channel YouTube Belajar Bahasa Korea

Film, Animasi & Video

Tidak Hanya Jago Akting, 6 Aktor dan Aktris Hollywood Ini Juga Jago Nyanyi

Film, Animasi & Video

Bagi Penggemar One Piece, Ini Spoiler One Piece Chapter 979!

Film, Animasi & Video

Ini yang Harus Kamu Perhatikan untuk Membuat Video One Take!

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link